Lombok, sebuah destinasi wisata yang sedang naik daun bagi wisatawan domestik maupun mancangera terutama untuk kamu para pecinta pantai dan selancar. Pantai yang indah dengan butiran pasir putih bahkan pink bisa kamu temui dan nikmati di Lombok.

Jangan dibayangkan kamu ke sana dengan biaya mahal karena kamu bisa ke sana dengan akomodasi sesuai kocek kantong kamu, yuk disimak 10 cara yang bisa kamu tiru untuk menikmati keindahan Indonesia

1. Atur kapan kamu melakukan perjalanan

Atur waktu kapan kamu mau pergi itu bagian terpenting setelah kamu tahu seberapa dalam kocek kamu keluarkan. Sebenarnya Lombok memiliki cuaca yang cukup bagus sepanjang tahun jadi kamu bisa berkunjung ke Lombok kapan saja namun peak season yang jatuh pada bulan Mei hingga September sehingga untuk menimalkan kocek yang keluar mungkin kamu bisa memilih bulan Oktober hingga April.

2. Moda transportasi dan rute menuju Lombok

Menuju ke Lombok, kamu bisa kombinasikan antara moda transportasi pesawat, kereta dan kapala. Untuk kamu yang di pulau Jawa, kamu bisa naik kereta menuju Banyuwangi dilanjutkan dengan kapal menuju ke Bali kemudian ke Lombok. Misalnya kamu yang tinggal di Jakarta, kamu bisa menggunakan rute sebagai berikut :

  1.      Stasiun Pasar Senen-Stasiun Lempuyangan
  2.      Stasiun Lempuyangan-Stasiun Banyuwangi
  3.      Pelabuhan Ketapang ( Banyuwangi )- pelabuhan Gilimanuk ( Bali )
  4.      Pelabuhan Gilimanuk-Terminal Ubung
  5.      Terminal Ubung-Pelabuhan Padang Bai
  6.      Pelabuhan Padang Bai-Pelabuhan Lembar ( Lombok )
  7.      Pelabuhan Lembar- Bertais

Namun kamu bisa juga mencoba rute penerbangan Jakarta-Bali kemudian dilanjutkan dengan menyebrang ke Lombok menggunakan kapal nelayan sambal menikmati sensasi tradisional di kapal nelayan. Saat ini belum banyak maskapai yang menyediakan tiket murah menuju  Lombok dan harganya masih terhitung mahal untuk kalangan para backpacker

3. Penginapan

Walaupun Lombok merupakan daerah wisata yang sedang cantic-cantiknya, namun Lombok masih menyediakan penginapan bertarif Rp100.000 per malam. Namun sebagai catatan, semakin jauh dari pantai, maka harga penginapan semakin murah. Jadi, kamu harus memaksimalkan kemana saja kamu pergi selama di Lombok karena itu pasti akan mempengaruhi letak penginapan yang kamu bakal pilih. Untuk pilihan penginapan, kamu bisa kunjungi situs-situs berikut :

  1.  https://www.airyrooms.com/
  2.  http://jenishotel.info/daftar-22-hotel-murah-di-lombok-harga-100-ribuan
  3.  https://www.pegipegi.com/hotel/lombok/
  4.  https://penginapan.net/daftar-penginapan-backpacker-termurah-di-lombok-mulai-rp-90-ribuanmalam/
  5.  https://www.traveloka.com/hotel/indonesia/city/lombok

 

4. Tentukan lokasi wisata dan transportasi dengan terperinci

Besarnya pengeluaran juga ditentukan oleh lokasi mana yang kamu kunjungi. Di Lombok banyak sekali gili-gili yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya gili, kamu juga bisa mengunjungi air terjun dan berfoto dengan latar belakang gunung Rinjani. Disarankan untuk menggunakan sepeda motor untuk mengelilingi pulau Lombok karena selain biaya murah juga karena pulau Lombok masih dapat diakses dengan sepeda motor. Namun untuk mencapai gili-gili menggunakan perahu untuk mencapainya. Berikut tempat wisata yang bisa alternative kamu untuk liburan murah ke Lombok selain Gili Trawangan :

  1.       Gili Kedis, buat kamu yang mau rasakan punya pulau sendiri.
  2.       Air terjun Tiu Teja
  3.       Air Terjun Tibu Ijo
  4.       Jajaran pantai di Tanjung Aan.
  5.       Bukit anak dara
  6.       Pantai pink Lombok
  7.       Pantai kuta, yang jaraknya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok
  8.       Gili kondo, Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan
  9.       Pantai selong belanak
  10.       Pantai sekotong

5.  Makan-minum di Lombok

Last but not least, hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk mendapatkan wisata murah meriah di Lombok adalah urusan makan dan minum. Walaupun untuk makan dan minum di Lombok terbilang masih terjangkau terlebih jika kamu mengikuti selera lokal penduduk Lombok dan mencoba makanan khas Lombok. Penting untuk diingat bahwa di Lombok masih sedikit tersedia mesin ATM dan merchant-merchant yang melayani kartu debit jadi usahakan untuk menyediakan uang tunai secukupnya.

Sumber :

https://homeiswhereyourbagis.com/en/15-things-you-should-see-on-lombok/

http://ngadem.com/genks-ini-ada-7-wisata-baru-di-lombok-yang-lagi-ngehits-yakin-mau-di-kamar-aja/

http://www.memowisata.com/2012/11/tips-liburan-murah-ke-lombok.html