5 fakta unik tentang Palembang

Siapa sik yang tidak tahu Palembang. Yup! Ibukota sumatera selatan ini memang terkenal dengan makanan khasnya yaitu Pempek. Tapi tahukah kamu bahwa  ada fakta-fakta unik yang mungkin kamu baru tentang Palembang.

1.    Ibukota salah satu kerajaan maritim terbesar di dunia

Palembang diyakini sebagai Ibukota kerajaan Srivijaya atau yang lebih dikenal dengan nama Sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya ini merupakan salah satu kerajaan maritim yang berpengaruh di dunia sekitar abad ke 6-7 dengan wilayah kekuasaan hingga ke Thailand dan Kamboja. Karena pengaruhnya juga, Kerajaan ini sudah menjalin hubungan dengan kerajaan China, bahkan Sriwijaya dianggap sebagai Gold Coast karena kesejahteraan kerajaannya. Hebat ya?

2.     Pusat pengajaran Agama Buddha di Asia Tenggara

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan Buddha terbesar di Asia tenggara. Saking besar pengaruhnya dan kerajaannya, Sriwijaya dijadikan pusat pengajaran agama Buddha karena di Sriwijaya ini diajarkan bahasa Melayu dan Sansekerta sebelum para biksu belajar ke India. Kamu bisa melihat bukti kehebatan Sriwijaya dengan mengunjungi Museum Sriwijaya, bukit Siguntang, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya ketika kamu berkunjung ke sana. Pasti pengalaman menakjubkan ketika kamu melihat kehebatan kerajaan di Indonesia masa lalu loh!

3.   Venice dari Timur

Kota Palembang pernah mendapat julukan sebagai “Venice of the East” karena Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan: Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang.

Mata airnya bersumber di daerah Kepahiang, Bengkulu. Sungai Musi disebut juga Batanghari Sembilan yang berarti sembilan sungai besar, pengertian sembilan sungai besar adalah Sungai Musi beserta delapan sungai besar yang bermuara di sungai Musi. Adapun delapan sungai tersebut adalah :

  1. Sungai Komering
  2. Sungai Rawas
  3. Sungai Leko
  4. Sungai Lakitan
  5. Sungai Kelingi
  6. Sungai Lematang
  7. Sungai Semangus
  8. Sungai Ogan

 

Nah, sebelum kamu langsung ke venice di Italia mungkin kamu bisa mencoba terlebih dahulu Venice di Palembang loh!

 

  1.    Salah satu kota tertua di dunia

Ternyata kota Palembang merupakan salah satu kota tertua di dunia. Karena kota yang menjadi Ibukota Kerajaan Sriwijaya ini diperkirakan berdiri sejak tahun 682 M ditandai dengan dengan arca dan prasasti yang bercerita tentang Ibukota Kerajaan Sriwijaya itu. Keren ya!

 

  1.   Jembatan Ampera merupakan jembatan tercanggih pertama di Indonesia.

Jembatan Ampera yang awalnya bernama Jembatan Bung Karno menjadi landmark kota Palembang menjadi jembatan tercanggih pertama di Indonesia. Jembatan ini dapat mengangkat dan menurunkan Jembatan sehingga kapal besar tetap dapat melintasinya Sungai Musi itu. Namun sayangnya hingga tahun 1990, fungsi tersebut tidak dapat digunakan lagi pada Jembatan Ampera karena adanya kekuatiran dapat membahayakan pengguna Jembatan Ampera tersebut. Tapi tidak usah kuatir karena Jembatan Ampera masih tetap keren kok.

       Menarik kan?

Jangan lupa masukkan Palembang ke travel list kamu. Belajar sejarah, belajar budaya. Indonesia itu keren!

http://www.indonesia.travel/en/destination/area/palembang

https://www.klikmania.net/fakta-menarik-mengenai-kota-palembang/

http://epicworldhistory.blogspot.co.id/2012/10/srivijaya-kingdom.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Musi