Batam adalah kota di Pulau Sumatra yang lokasinya paling dekat dengan Singapura. Hanya sekitar 20 km jarak yang memisahkan Batam dengan Singapura. Jika hendak menyeberang ke Singapura melalui pelabuhan Sekupang Ferry Terminal, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menit.

Karena lokasinya yang dekat dengan Singapura, ada obyek wisata dimana wisatawan bisa menikmati pemandangan Singapura dari Batam.  Setelah menikmati pemandangannya baru deh kita menyeberang ke sana. Sesekali boleh lah kita mencoba cara lain untuk menuju ke Singapura, sambil menikmati wisata di kota Batam.

  1.    Bukit Senyum

Bukit Senyum terletak di Jl Kuda Laut, Kp Serayu, Batu Ampar, Batam.  Dari puncak Bukit Senyum kita bisa menikmati pemandangan kota Batam dan pemandangan Singapura. Gedung-gedung pencakar langit, lalu lalang kapal dan sibuknya aktifitas pesawat di Bandara Changi dapat dinikmati dengan jelas.  Jangan lewatkan menyaksikan pemandangan pada malam hari, lampu-lampu kota Batam dan gedung-gedung pencakar langit di Singapura menambah semarak suasana. Jangan takut kelaparan karena di sana juga banyak tempat makan yang menyediakan beraneka jenis makanan. Tinggal pilih lokasi yang paling strategis.

  1.    Pantai Tanjung Pinggir, Sekupang

Pantai ini hanya dapat dijangkau dengan menggunakan mobil, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Nagoya dan 45 menit dari Bandara Hang Nadim, Batam, dan 10 menit dari Pelabuhan Sekupang.

Pantai dengan ombak yang tenang dan pasir yang kecoklatan menawarkan pemandangan kota Singapura dengan gedung-gedung pencakar langitnya.  Jarak dari pantai Tanjung Pinggir dengan pulau Sentosa hanya sekitar 14 km saja.

Pantainya sendiri juga asyik untuk tempat bermain air atau sekedar duduk-duduk menikmati udara pantai yang bersih. Beberapa warung makan juga terdapat di sini.

Di dekat Pantai Tanjung Pinggir terdapat Villa KTM Resort dimana disana terdapat patung Dewi Kwan Im yang dapat dilihat jelas dari pantai.

  1.    Pantai Nongsa

Pantai Nongsa terletak bagian utara pulau Batam dan terletak tepat di tepi selat Singapura. Sehingga dari pantai ini kita bisa menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit Singapura. Pantai Nongsa adalah pantai berpasir putih yang masih sepi dan alami karena letaknya yang jauh dari pusat bisnis kota Batam. Perjalanan menuju ke pantai Nongsa dapat ditempuh selama 40 menit dari pusat kota Batam. Selain wisata pantai, kawasan perkampungan tradisional Nongsa juga menjadi tujuan wisatawan.  Perkampungan  tradisional tersebut tetap eksis berdampingan dengan resort yang banyak terdapat di sana. Yang unik dari pantai Nongsa ini adalah adanya Pulau Putri yang merupakan salah satu pulau terluar Indonesia, yang menjadi batas langsung antara negara Indonesia dengan Singapura dan Malaysia. Untuk menuju ke Pulau Putri pengunjung dapat menggunakan perahu boat dari Nongsa dengan membayar Rp. 15 ribu pulang pergi.

Jangan lupa simak artikel mengenai Palembang