Coba Piknikers mana yang gak tahu sama Bunaken? Yup! Taman Laut Bunaken. Taman Laut Bunaken adalah salah satu taman laut nasional di Indonesia dan menurut UNESCO termasuk warisan UNESCO loh. Selain itu Taman Laut Bunaken ini masih merupakan wilayah Manado, that’s means tidak terlalu jauh dari Kota Manado dan artinya itu kamu masih bisa ke sana dengan ala-ala backpacker.

Kalau Piknikers memilih ala-ala backpacker, disarankan untuk berangkat dari dermaga Kuala Jengki. Piknikers pilih angkutan umum ke Terminal Pal 2, lalu pilih angkot ke Pasar 45. Dari pasar, butuh sekitar 15 menit untuk sampai ke dermaga Kuala Jengki. Perjalanan ke Pulau Bunaken dari Kuala Jengki pun tak jauh. Hanya 45 menit. Dari dermaga Kuala Jengki, bisa sewa naik kapal sekitar Rp30.000-Rp50.000 untuk satu kali jalan ke Pulau Bunaken namun Piknikers harus sabar menanti karena kapal hanya akan berangkat ketika terisi penuh.

Tapi bisa juga kok ke Taman Laut Bunaken via agen wisata,saat ini sudah banyak tersedia paket wisata murah ke Bunaken. Keunggulan via agen wisata adalah semua fasilitas sudah disediakan namun untuk para backpackers bisa meminta izin tinggal di rumah penduduk, mungkin piknikers dapat berbagi biaya memasak untuk makan per harinya.

Nah, asyik kan, Piknikers?

Taman Laut Bunaken ini memiliki banyak sekali diving spots. Seperti dibawah ini :

Sumber : http://indonesiadivedirectory.com

Peak season berkunjung ke Pulau Bunaken adalah pada bulan Mei hingga Agustus. Sementara itu, pada bulan Desember hingga Januari, air di laut pasang. Disarankan agar piknikers dapat membuat jadwal perjalanan yang baik ya supaya tidak mengecewakan akhirnya.

Ayo ke Taman Laut Bunaken!