Tomohon adalah kota yang terletak di antara Minahasa dan Manado. Surga Kecil Tomohon memiliki udara sejuk karena letaknya yang berada di pegunungan. Kota yang diapit oleh dua gunung api yang aktif yakni Gunung Lokon 1580 meter dpl dan Gunung Mahawu 1311 meter dpl. Surga Kecil Tomohon itu akan menyuguhi Piknikers dengan keindahan bunga-bunga dimana Tomohon merupakan penyuplai bunga-bunga di Sulawesi Utara. Hawa sejuk, indahnya bunga yang memanjakan mata ada juga hamparan luas pemandangan dan panorama pertanian Rurukan yang menyajikan teras-teras pertanian dengan landscape tanah yang membentuk secara alami seperti amphiteater dengan dikelilingi komoditi sayur mayur yang menjadi mata pencaharian pokok masyarakat yang ditanam. Tidak hanya itu, Piknikers juga akan merasakan kedamaian religi selama berada di Tomohon. Karena di sana ada bukit kasih, di Bukit Kasih ini dibangun 4 tempat ibadah yang berbeda yaitu Gereja, Mesjid, Klenteng dan Pura yang lokasinya berdampingan.

Bukit Kasih ini melambangkan kerukunan hidup umat beragama, pasti bakal jadi pengalaman yang luar biasa buat para Piknikers. Tidak ada biaya masuk untuk kesini, hanya mengisi buku tamu dan memberi sumbangan sukarela. Nah, berasa di surga yah Piknikers! Sejuk, damai dan aman. Recommended banget buat Piknikers untuk jelajah budaya dan khazanah Indonesia juga loh.

Untuk ke sana, Piknikers juga dapat menggunakan mobil pribadi atau bis. Jarak Manado ke Tomohon cukup jauh yaitu sekitar 25 km. Lebih disarankan untuk ambil opsi sewa mobil, tapi bagi Piknikers yang backpacker sejati boleh juga ambil opsi naik angkutan umum. Cukup naik angkot yang menuju terminal Tomohon, ongkosnya pun masih terjangkau, sekitar Rp 8.000-Rp 10.000. Nah dari terminal Tomohon bisa dilanjutkan ke danau Linow dan Bukit Kasih. Catatan saja bahwa waktu operasional angkutan umumnya tidak 24 jam jadi Piknikers harus to be smart to manage waktu ya!

 

Masih ingin mengetahui mengenai kota Manado? Baca juga artikel Manado, kota paling toleran di Indonesia