Setelah puas jalan-jalan berkeliling kota-kota di Jepang dan menikmati Festival Musim Panas di Tokyo, saatnya kita menghabiskan isi kantong dengan berbelanja. Banyak sekali pusat belanja dengan beragam pernak pernik unik dan menarik yang bisa kita beli. Jika budget kita terbatas, jangan takut karena toko-toko di bawah ini menawarkan harga yang bersahabat. Berikut diantaranya yang telah dihimpun PiknikAsik dari berbagai sumber. Dijamin bikin belanja Pikinikers makin asik.

  1. 100 Yen Shop

Ini adalah sejenis toko diskon yang menjual berbagai product dengan harga 108 Yen ( 100Yen plus 8 persen pajak). Ada ribuan toko 100Yen yang tersebar mulai dari ukuran bertingkat seperti department store atau hanya sebuah toko kecil di sudut jalan. Salah satu yang terbesar di pusat kota Tokyo adalah didaerah Harajuku Takeshita Dori, hanya beberapa langkah dari Statiun Harajuku. Produk yang ditawarkan mulai dari makanan, alat rumah tangga, stationary, cinderamata, pernak-pernik dan masih banyak lagi.

  1. Daiso

Ini adalah nama lain dari toko 100Yen. Diluncurkan di Jepang pada tahun 1970an dan kemudian menjadi fenomena belanja murah. Mereka mengambil langsung barang dari produsen sehingga harganya sangat affordable. Di tempat ini semua yang dipikirkan untuk oleh-oleh pasti ada. Coklat, permen, kue jepang, alat-alat tulis yang lucu-lucu hingga terkadang barang-barang untuk musim dingin yang dimulai tersedia di musim gugur sampai awal musim semi. Tidak perlu khawatir karena paling mahal pun hanya berkisar sekitar 315 Yen. Gerai terbesar terletak di Harajuku keluar arah Takeshita Exit, Sakae Nagoya dan Daiso Sapporo.

  1. 3 Coins Shop

Pada dasarnya 3 Coins shop merupakan inovasi dari toko 100Yen namun dengan harga dan kualitas barang yang lebih mahal. Rata-rata harga dibandrol mulai dari 300Yen dan sudah termasuk pajak. Kalau senang dengan pernak pernik dekorasi rumah, 3 Coins lebih bervariasi dan produknya sedikit lebih berkelas. Anda dapat menemukan 3 Coins di daerah perbelanjaan popular seperti Shibuya, Shinjuku Lumine EST, Ikeburoko City. Dan hanya dengan 3 coins sudah dapat mendekorasi rumah dengan anggaran yang rendah.

  1.   Sumida Machidokoro

Berada di lantai lima pusat perbelanjaan Solamachi yang terintegrasi dengan Tokyo Skytree, bila mencari barang kerajinan khas Jepang yang berkualitas dengan harga terjangkau, di sini tempatnya. Berbagai replika lukisan klasik Jepang (mulai 1000 yen), kipas handmade, kain pembungkus makanan dalam berbagai desain khas Jepang (orang Jepang biasa membawa bekal ke tempat kerja atau ketika piknik dengan selembar kain berbentuk segiempat yang lebar, sehingga ramah lingkungan karena tidak menggunakan kantung plastik). Di sini juga tersedia workshop membuat lampion maupun kipas tradisional Jepang yang hasilnya dapat dibawa pulang sebagai suvenir seharga mulai 1000 yen. Lokasi Sumida Machidokoro di  Stasiun Oshiage di jalur Hanzomon dan Asakusa.

  1.         Backstreet Asakusa

Sepanjang jalan utama menuju Kuil Sensoji memang dipenuhi toko suvenir. Namun toko-toko ini tersebar hingga ke pelosok gang-gangnya yang menjauh dari jalan utama. Bila jeli, di gang-gang inilah banyak ditemukan berbagai barang fashion dengan harga terjangkau, seperti atasan model kimono yang dapat dijadikan outer, sepatu, hingga produk-produk perawatan tubuh.  Lokasi Backstreet Asakusa : naik jalur Ginza dan turun di Stasiun Asakusa.

  1.         Don Quijote

Toko yang bertingkat banyak ini mengingatkan akan pusat perbelanjaan Mustafa Centre di Singapura yang buka 24 jam dengan penataan barang yang acak-acakan, tidak rapi dan teratur khas Jepang. Hal ini sengaja untuk memberikan pengalaman mencari harta karun di antara tumpukan barang yang tersebar di lorong-lorong sempit. Toko serba ada ini mulai dari perawatan tubuh, sepatu, koper, pakaian, aksesori fashion, hingga makanan dan minuman tersedia di sini. Karena berada di sini tidak dapat sebentar, maka Don Quixote buka setiap hari hingga pukul 03:00. Gerainya tersebar di berbagai pelosok Jepang, namun salah satu yang terlengkap dan terbesar ada di dekat Stasiun Shibuya.

  1.         Takeshita-dori

Jalan tempat ABG nongkrong dengan kostum cosplay ini merupakan shopping street untuk belanja fashion yang menyenangkan. Menyediakan berbagai . Karena target pasarnya remaja atau orang yang berjiwa muda, berbagai produk fashion di sini harganya terjangkau, seperti aneka rok atau jins mulai 1000-an yen pun ada.  Lokasi Takeshita-dori : stasiun JR Harajuku keluar arah Takeshita Exit.

  1.         Ameyoko

Sama seperti Takeshita Dori, shopping street yang mengingatkan akan pasar baru ini pasarnya lebih beragam – tak hanya menyasar ABG, namun juga target pasar yang lebih luas karena selain fashion, di sini juga dijual ikan segar, ikan kering, snack, buah-buahan, hingga aneka peralatan rumah tangga. Masyarakat lokal pun berbelanja di sini sehingga harganya bersahabat. Lokasi Ameyoko :  Stasiun Ueno di jalur Yamanote.

  1.         Toko Suvenir di National Art Center  

Tak hanya menjual kartu pos dan buku coffeetable, di sini dijual pula berbagai barang unik bertema Tokyo dan Jepang, seperti barang pecah belah (mug, piring, mangkuk, tea set), serta fashion dan aksesoris rancangan desainer lokal Akira Minagawa dengan merek Mina Perhonen dan Kunihiko Morinaga dengan merek Anrealage.                                                                 Lokasi  National Art Center : Stasiun Nogizaka di jalur Chiyoda keluar di Exit 6, buka setiap hari pukul 10:00 –  18:00 (Jumat hingga 20:00), Selasa tutup,  

  1.     Kiddy Land

Bila berkunjung ke surga mainan ini disarankan untuk tidak membawa anak-anak agar tidak habis banyak. Berbagai merchandise Hello Kitty, Doraemon, Godzilla, serta beragam jenis boneka dan action figure dapat ditemukan di sini. Toko utamanya terdapat di Harajuku. Lokasi Kiddy Land :  Stasiun Harajuku jalur Yamanote dan keluar ke arah Omotesando atau Stasiun Meiji Jingumae di jalur Chiyoda keluar Exit 4.

Sumber 1

Sumber 2