Tujuan wisata keluarga yang dapat menjadi pilihan mengisi liburan adalah bermain air di waterpark alias kolam renang merangkap arena hiburan dengan fasilitas seluncuran yang memacu adrenalin.  Waterpark ini menawarkan berbagai macam wahana yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.  Ada banyak sekali waterpark di Jabodetabek, berikut adalah rekomendasi dari PiknikAsik.

 

  1.    Waterbom Pantai Indah Kapuk

Nama Waterbom ini diambil dari gabungan kata Water (air) dan BOM. BOM disini adalah singkatan dari PT Bali Ocean Magic. Istilah Waterbom sendiri digunakan pertama kali oleh Waterbom Park di Bali pada tahun 1993. Waterbom park di Bali ini merupakan water park atau wahana permainan air pertama di Indonesia yang berstandar internasional.

Bermacam-macam jenis seluncuran ditawarkan di sini. Di antaranya adalah Speed Slide, seluncuran berketinggian 20 meter dengan panjang 113 meter. Inilah wahana terbaik jika ingin merasakan meluncur dengan kecepatan tinggi, sendirian tanpa ban  Jika ingin meluncur cepat ramai-ramai, bisa mencoba Hairpin. Ada ban besar untuk berempat yang digunakan untuk meluncur dari ketinggian 20 meter. Lintasan sepanjang 117 meter ini melingkar-lingkar dan berakhir di kolam sedalam 70 meter. Twizter, seluncuran setinggi 15 meter dengan panjang luncuran 90 meter. Di tengah luncuran, ada semacam mangkuk raksasa yang membuat kita berputar-putar, kemudian terhisap ke dalam terowongan dan terhempas di kolam. Keseruan meluncur di Twizter bisa dilakukan bersama pasangan dengan ban ganda. Seluncuran lainnya adalah Whizzard, seluncuran ganda sepanjang 113 meter ini memiliki lintasan bergelombang dan diarungi menggunakan papan matras khusus. Kita telungkup di atas matras kemudian meluncur dari ketinggian 17 meter.

Alamat : Jl. Pantai Indah Barat No. 1, Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14470

 

  1.       Snowbay

Snowbay dibuat dengan konsep pegunungan bersalju. Pemandangan di sekitarnya sangatlah unik. Kolam-kolam di sini didesain melebar dan luas dengan pinggiran kolam dibuat tak beraturan seperti berenang di pantai.

Ada 7 variasi gelombang ombak yang datang silih berganti. Bagi yang suka tantangan, bisa mencoba wahana Flush Bowl. Meluncur di dalam seluncuran tertutup dari ketinggian puluhan meter, kemudian mucul dan berputar-putar di mangkok raksasa mengikuti arus air yang terpusat pada lobang di tengah mangkok.Di lobang itulah kita jatuh ke dalam kolam dengan kedalaman sekitar 2 meter. Meluncur di Flush Bowl harus dilakukan sendirian dan tanpa ban. Jika ingin meluncur bersama teman dan dengan ban, kamu bisa mencoba Hurricane. Lintasan seluncuran ini meliuk-liuk dengan kemiringan cukup tajam sehingga membuat ban yang ditumpangi berputar-putar dan terombang-ambing arus.

Alamat : Taman Mini Indonesia Indah, Komplek Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13820

 

  1.       Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure merupakan bagian dari kawasan rekreasi Ancol. Waterpark di Jakarta ini merupakan pengembangan dari Gelanggang Renang Ancol yang sudah beroperasi sejak tahun 1974. Luas kawasan waterpark ini mencapai 5 hektar. Ada 8 buah kolam utama dan berbagai fasilitas pelengkap yang seru. Selain wahana air ada keseruan lain yang ditawarkan yaitu : water outbond, pengunjung bisa menapaki jembatan tali, meluncur dengan mini flying fox di atas kolam renang, menyusuri terowongan yang terbuat dari jaring seperti sarang laba-laba, serta panjat dinding.

Atlantis terkenal dengan wahana seluncurannya yang sangat tinggi dan panjang. Ada dua seluncuran yang bisa  dicoba, satu berketinggian 18,6 meter dan yang lain 22,8 meter. Panjang seluncuran terbukanya mencapai 122 meter, sedangkan seluncuran tertutupnya sepanjang 149 meter. Karena tinggi dan panjangnya,  seluncuran ini dinamai Crazy The Highest & Longest Slide. Untuk anak-anak, tersedia beberapa kolam dangkal dengan wahana seru seperti seluncuran kecil, ember air, dan kolam bola, yaitu kolam renang yang dipenuhi bola-bola kecil berwarna-warni yang mengapung di air. Kolam seru lainnya adalah kolam apung, kolam ombak, serta kolam arus.

Alamat : Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Pademangan, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430

 

  1.       The Jungle

The Jungle, dengan konsep seperti bermain air di tengah hutan. Suasananya dibuat asri dan teduh di bawah naungan pepohonan hijau khas hutan tropis. Taman-taman dengan bunga dan tanaman hias bakal menyelingi petualangan kamu meluncur.

Spiral Slide dan Tube Slide, inilah dua wahana yang paling digemari di The Jungle. Spiral Slide adalah slider dengan tube terbuka. Sedangkan Tube Slide adalah slider tertutup seperti pipa. Masing-masing slider ini memiliki ketinggian 12 meter dengan panjang kurang lebihnya sekitar 100 meter. Kamu bisa  meluncur berkelok-kelok di sepanjang slider dengan menggunakan ban sebelum akhirnya terhempas di kolam renang. Racer Slide juga menjadi wahana favorit dengan empat buah slider lurus yang berjajar dari ketinggian 8 meter di tengah rimbunnya “hutan” tropis. Favorit lainnya adalah Lazy Mahakam River, kolam arus dimana terdapat akuarium di tepiannya. Isinya ikan-ikan tropis dan beberapa di antaranya berukuran sangat besar, seperti misalnya arwana. Jika merasa lelah bisa berendam di Kawah Ratu, kolam air panas yang menyenangkan. The Jungle juga punya Kiddie Pool, kolam khusus anak-anak, dan Kolam Ombak yang bakal bikin kamu merasa seperti berenang di pantai berombak. The Jungle juga menyediakan wahana tanpa air antara lain adalah Bird Park, Snow World, Cinema 4D, Flying Fox, Paint Ball, Gokart dan Bugee Trampoline.

Alamat : Jalan Bogor Nirwana Boulevard Dreded Pahlawan, Perumahan Bogor Nirwana Resident, Jawa Barat

 

  1.       Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang menawarkan wahana air dengan konsep alam dengan nuansa Bali yang terdapat pada interior dan eksterior area kolam renang.  Suasana tenang dan teduh dan nyaman membuat pengunjung betah berlama-lama disini.

Wahana favorit pengunjung adalah Pita Gurita,  untuk menaiki wahana ini tidak perlu menggunakan ban tapi harus menaiki menara untuk mencapai atas, kurang lebih 3 tingkat. Ada dua buah prosotan yang akan menuju kebawah.  Yang lain adalah : Pita debar debar, hampir serupa dengan pita gurita namun yang  membedakan wahana ini  harus menggunakan ban single/double. Terdapat pula kolam arus. outbond, Kapal Siba Terompah, Kisaran puing-puing, Jeram berang-berang, Fish Theraphy, Kolam renang anak, Kiddy Area. Kolam arus anak, Lorong penyu, Perosotan tebing, Prosotan buntung, Ember tumpah, dan Arus Berontak.

Alamat : Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cikarang, Cibatu, Bekasi, Cibatu, Cikarang Sel., Bekasi, Jawa Barat 17550, Indonesia

 

  1.       Ocean Park BSD

Tempat wisata yang terletak di BSD City ini adalah salah satu water park atau taman air seluas 8,5 ha yang mempunyai berbagai wahana yang seru.  Slide n Fun, Wahana ini digunakan untuk meluncur ataupun seluncuran. Dengan ketinggian 15 meter dan panjang hingga 96 meter Racer Slide, berjumlah  4 jalur,  memiliki bentuk lurus dan curam, sehingga dapat digunakan untuk meluncur dengan kecepatan tinggi. Splash Town, untuk anak-anak, Lagoon the Bahama, menawarkan pijatan air terjun buatan yang ada di sana, Kolam Arus, Kolam Ombak, Flying Tower yang terdiri dari empat wahana yang ekstrim yaitu Shocking Quae, Giant Swing dan Wave Splash. Terdapat  fasilitas lain yang bisa dinikmati yaitu :  Flying Fox, wall climbing, menonton film di 4D Theatre, flying rope, space ball dan lainnya.

Alamat : Jl. Pahlawan Seribu, CBD Area, BSD City, Serpong, Banten

 

  1.       The Wave Pondok Indah Mall

Waterpark yang berlokasi di kawasan Pondok Indah ini memiliki banyak variasi kolam dengan berbagai fasilitas menarik. Sebut saja misalnya Aqua Play, Whizzard Slide, Tube Slide, Lazy River, Wave Pool & Sandy Beach, serta Olympic Swimming Pool.

Wahana Flow Rider menjadi daya tarik utama The Wave yang tidak ditemukan di tempat lain di Indonesia. Flow Rider adalah kolam bermain selancar. Luasnya sekitar 150 meter. Ombaknya tentu saja ombak buatan namun kekuatan arusnya cocok untuk seru-seruan bermain selancar, atau melatih keseimbangan tubuh saat berdiri dia atas papan mengikuti arus air.Wahana ini sering digunakan oleh mereka yang sedang belajar selancar atau penasaran ingin mencoba selancar tanpa harus ke laut.  Kolam Flow Rider berada di dalam kawasan The Wave Waterpark, namun diberlakukan tiket khusus untuk masuk ke kolam ini sebesar Rp 50 ribu. Syarat lain untuk kolam ini adalah tinggi badan pengunjung minimal 120 cm. Terbatasnya daya tampung kolam dan demi kenyamanan bersama, jumlah pengunjung yang berada di kolam dibatasi maksimal 5 orang dalam satu waktu. Setiap pengunjung diberi waktu hingga 30 menit untuk menikmati Flow Rider.

Alamat : Pondok Indah Mall, Jl Metro Pondok Indah,  Jakarta Selatan

 

  1.       Go Wet Waterpark

Berada di kawasan Grand Wisata, Bekasi, water park seluas 7,5 ha ini menawarkan berbagai wahana air yang seru. Dua diantaranya yaitu Go-Twist Amazing Waterslide dan Go!Lazy Lazy River with Rapids. Kedua wahana ini dirancang khusus oleh Whitewater, konsultan water park internasional dari Kanada. Wahana lain yang bisa dinikmati untuk menguji adrenalin yaitu Go!Twist dan Go!Spin. Go!Twist adalah perosotan berbentuk spiral yang akan menghempaskan Anda dengan cepat ke kolam. Sedangkan Go!Spin, berupa perosotan yang meliuk-liuk berbentuk ular piton.

Alamat : Grand Wisata Bekasi, Tambun Selatan, Bekasi.