Seiring dengan datangnya Hari Raya Idul Fitri, maka musim liburan pun tiba. THR pun begitu hangat menyapa rekening kalian dan godaan THR pun tidak sanggup untuk dibendung. Tapi eits, sabar dulu, godaan THR dengan kartu kredit untuk menikmati liburan kalian. Liburan dengan kartu kredit, why not?

Mungkin banyak kalangan awam yang berpikir bahwa kartu kredit akan menjadi momok dalam segala hal termasuk menambah utang dan sifat konsumtif piknikers. Tapi tenang dulu, kartu kredit bisa memberikan manfaat untuk membuat piknikers nyaman dan aman selama liburan.

  1.   Promosi

Banyak tempat hiburan dan destinasi-destinasi wisata baik di Indonesia maupun mancanegara yang menawarkan promosi-promosi dengan penggunaan kartu kredit. Ini tentu saja bisa dimanfaatkan karena dapat menghemat pengeluaran Piknikers kan seperti CIMB AirAsia, Garuda BNI, Garuda Citi bahkan ANZ yang baru-baru ini memberikan promo penerbangan ke USA dan Canada menggunakan Eva Air. Tunggu apalagi, Piknikers.

  1. Simple, ringkas

Penggunaan kartu kredit sudah pasti membuat ringkas dan simple bagi kita. Bayangkan saja kita harus menyimpan uang tunai yang banyak, tentu saja selain faktor uang akan tercecer, ada faktor lain seperti pencurian uang tunai, kembalian yang tidak pas dan faktor-faktor lain yang bisa mengganggu perjalan. Sedangkan dengan kartu kredit cukup dengan gesek dan tanda tangan.

  1. Hemat

Kartu kredit tidak selalu membuat boros loh, piknikers. Kartu kredit juga membuat hemat. Terkadang untuk restoran atau tempat hiburan menyediakan diskon-diskon tertentu untuk kartu kredit dan bahkan maskapai juga memberikan diskon untuk penggunaan kartu kredit tertentu.

  1. Keuangan lebih terkontrol

Sebenarnya penggunaan kartu kredit lebih bisa mengontrol keuangan kita loh piknikers, caranya adalah via rekening koran yang tiap bulan dikirimkan oleh bank penyedia kartu kredit. Dengan rekening koran yang dikirimkan kita bisa melihat pos-pos belanja yang melebihi budget sehingga untuk bulan berikutnya kita lebih bisa mengontrol pos-pos belanja dan pos-pos pengeluaran tidak terduga.

Kartu kredit tidak selamanya merugikan loh piknikers terlebih buat kita yang akan berwisata ke luar negeri. Dengan adanya kartu kredit dapat memberikan “dana” cadangan. Namun, apa pun bentuk “uang”nya, piknikers wajib menggunakannya secara bijak.

Selamat liburan

Sumber