I Left My Heart in San Fransisco. Begitulah judul lagu yang dipopulerkan Tony Bennet. Merupakan kota nomor 13 terbesar di Amerika Serikat, San Fransisco berada di Negara bagian California. Merupakan kota dengan peringkat ke 2 (dua) terbanyak di datangi oleh wisatawan. Kontur kota yang berbukit-bukit dengan pantai yang indah, jembatan yang megah dan taman kota yang cantik membuat kota ini tidak mudah dilupakan. Untuk Piknikers yang berminat ke San Fransisco, jangan lupa datang ke 7 objek wisata berikut  ya..

  1.   Golden Gate Bridge

Ikon San Fransisco ini merupakan salah satu jembatan terindah di dunia. Dibangun tahun 1933 dan membentang di atas selat Golden Gate, menghubungkan San Fransisco Peninsula dengan Marin County. Panjang jembatan ini adalah 2,7 km. Jika tidak mempunyai banyak waktu bisa mengikuti city tour selama 2 jam dan bus akan singgah di jembatan ini jika cuaca memungkinkan.

  1.   Alcatraz Island

Pulau kecil yang kerap disebut The Rock, terletak di teluk San Fransisco dengan luas 9 ha. Terdapat mercu suar tertua di wilayah west coast America yang masih beroperasi sampai saat ini dan yang menjadi ikonnya adalah penjara militer dan penjara Negara yang terakhir digunakan tahun 1968. Sejak tahun 1972 Alcatraz telah dijadikan obyek wisata.  Jika ingin berkunjung ke sini bisa dilakukan dari Pier 33 dekat Fisherman’s Wharf.

  1.   Fisherman’s Wharf dan Pier 39

Kompleks dermaga yang berada di wilayah utara San Fransisco ini selalu penuh dengan turis. Kita dapat menyaksikan aktifitas mamalia laut lokal yaitu singa laut yang berjemur di dermaga Pier 39 dan melihat kapal-kapal tua di Hyde Street Pier.  Ada tur yang tersedia sehingga pengunjung bisa naik ke kapal bersejarah tersebut.  Berbagai restaurant hidangan laut juga banyak terdapat di sini.

  1.   Union Square

Taman seluas 1,1 ha yang dijuluki jantung hati San Fransisco ini terletak di Geary Street. Dijuluki jantung hati karena disini ada patung berbentuk jantung hati. Selain dipenuhi tanaman yang menjadi paru-paru kota tempat pengunjung bisa berjalan-jalan menikmati kesejukan taman, ada pula monumen yang bisa dinikmati yaitu The Dewey Monument atau American Navy Monument atau Naval Monument dan Saint Francis Hotel yang megah dan  berdiri sejak tahun 1904. Taman beroperasi mulai dari jam 6 pagi sampai tengah malam.

  1.   Golden Gate Park

Taman lain yang tidak kalah indahnya dari Union Square adalah Golden Gate Park. Taman seluas 412 ha dan terletak di 501 Stanyan Street ini lebih luas dari Central Park di New York. Karena luasnya taman maka dibagi menjadi beberapa bagian : Music Concourse Area, Academi of Science California, Japanese Tea Garden, Conservatory of Flowers, Beach Chalet, Golden Gate Park Windmill & Tulips, San Fransisco Botanical Garden, Stow Lake, Strawberry Hill, Chain of Lakes, Hippie Hill, National Aid Memorial Grove, Shakespeare Garden, Rose Garden, De Young Museum dan melihat kerbau amerika di Paddock Bison di sekitar Danau Spreckless.  Taman yang buka setiap hari sepanjang tahun ini gratis kecuali jika ingin masuk ke museum. Pengunjung bisa mengikuti Segway tours jika ingin berkeliling taman dengan kendaraan segway.

  1.   Cable Car San Fransisco

Transportasi yang menjadi icon kota San Fransisco ini merupakan salah satu system transportasi manual yang masih digunakan di dunia. Jaman keemasan cable car adalah dari  tahun 1873 hingga tahun 1890 dimana terdapat 23 jalur cable car. Saat ini yang masih beroperasi hanya 3 jalur yaitu : Powell – Mason (Line 59), Powell – Hyde (Line 60) dan Caifornia Street ( Line 71).  Daerah wisata yang dilalui cable car ini adalah : Chinatown, Fisherman’s Wharf, Financial District, Nob Hill, Russian Hill dan Union Square.

  1.    Chinatown, San Fransisco

Terletak tidak jauh dari Union Square, Chinatown ini seperti layaknya daerah Chinatown yang terletak di daerah-daerah lain. Merupakan kumpulan etnis tionghoa di Amerika bagian utara dan merupakan daerah pecinan terbesar di luar Asia. Bangunan yang bisa  dikunjungi bekas gedung Chinese Telephone Exchange, Bank of Canton, Sing Chong Building,  Tin How Temple yang dibangun tahun 1852 dan merupakan kuil tertua di Amerika Serikat, dan Portsmouth Plaza.

Jika berminat menghabiskan liburan di Amerika dan mengunjungi San Fransisco, Eva Air sedang mengadakan promo harga tiket spesial dan bekerja sama dengan ANZ Credit Card. Yuk lihat penawarannya di sini

 

Sumber