Olahraga lari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah untuk melangsingkan badan hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Saat ini, selain untuk alasan tersebut, lari sudah menjadi gaya hidup bagi orang banyak, tidak hanya di Indonesia, bahkan sudah di dunia. Banyak sekali acara lomba lari yang diadakan di manca negara. Sebelum marak di tanah air, negara-negara lain sudah rutin mengadakan event lari setiap tahun dan diminati oleh para pelari dari seluruh penjuru dunia. Demikian pula dengan Australia.

 

Setiap Negara bagian di Australia mempunyai acara Running Festival dengan jadwal yang sama setiap tahun. Setelah Gold Coast Marathon acara lari selanjutnya adalah Sidney Running Festival yang tahun ini diadakan pada tanggal 17 September 2017 dengan pilihan jarak Full Marathon, Half Marathon, Bridge Run dan Family Fun Run.

Sidney Marathon pertama kali diadakan pada tahun 2001 sebagai lanjutan dari Olimpiade Musim Panas tahun 2000 yang diadakan di Sidney, Australia. Awalnya hanya ada pilihan jarak Full Maraton sejauh 42,195 km dan Half Marathon. Tahun 2002 Bridge Run ditambahkan sebagai salah satu pilihan lomba, dimana peserta berlomba melintasi Harbour Bridge dengan jarak 9km. Sejak tahun 2010 rute perlombaan dirubah sehingga jalan yang dilalui menjadi lebih datar. Hal ini memungkinkan peserta berlari lebih cepat. Tahun 2014 Sidney Marathon telah ditetapkan oleh IAAF ( International Association of Athletics Federations) sebagai lomba marathon dengan kategori Gold Label yang berlaku pada Sidney Marathon tahun 2015.

 

Untuk jarak Full Marathon dan Half  start di Bradfield Park dibelakang Harbour Bridge dan finish di Opera House. Untuk jarak Full Marathon peserta akan melalui jalur yang lebih jauh menyusuri kota Sidney sampai ke Centennial Park.  Untuk Bridge Run, pesert akan finish di Opera House setelah melalui Harbour Bridge. Sedangkan kategori Family Fun Run finish di the Conservatorium of Music, the Royal Botanic Garden.

 

Penutupan jalan akan dilakukan selama lomba berlangsung sehingga batas cut off time atau batas akhir peserta masuk garis finish adalah 6 jam untuk Full Marathon dan 2 jam 45 menit untuk Half Marathon. Mengingat batas waktu cut off time tersebut, peserta diharapkan berlatih lebih baik supaya tidak finish melampaui waktu yang telah ditentukan. Karena jika melebihi waktu peserta tidak akan mendapatkan medali penamat atau finisher medal.

Jadi,  jika berminat mengikuti Sidney Marathon dan akan menjadikan Sidney Marathon sebagai  FM pertama di luar negeri atau FM pertama di benua Australia, persiapkan dirimu sebaik-baiknya. Berlatih dengan rutin sejak sekarang. Berlari di kota Sidney yang cantik  pasti menyenangkan dan rekor lari yang lebih cepat bisa diraih. Cuaca yang sejuk tentu lebih mendukung performa berlari dibandingkan cuaca yang panas.

Info mengenai Sidney Marathon bisa dilihat di sini https://www.sydneyrunningfestival.com.au/  Early bird atau harga spesial pendaftaran masih berlaku sampai tanggal 31 Juli 2017. Panduan latihan juga ada lengkap dengan transportasi dan hotel yang bisa dipesan.

Jika tidak ingin repot, jangan lewatkan promo paket Sidney Marathon yang bisa didapatkan di link Dwidaya Tour berikut https://www.dwidayatour.co.id/promo/paket-blackmores-sydney-marathon  yang sudah lengkap dengan registrasi lomba Full Marathon, penerbangan dan akomodasi.

Image Source

Sumber 1

Sumber 2