The Shimokitazawa Tengu Matsuri (しもきた天狗まつり) atau Jin berhidung panjang dan merah adalah festival untuk merayakan Tengu, dewa keonaran dari Jepang dan malaikat pelindung yang terkadang juga disebut sebagai Pembunuh Kesombongan. Festival ini diadakan saat musim dingin selama tiga hari, biasanya pada bulan akhir Januari atau awal Februari.

Tengu adalah jin yang suka mempermainkan orang-orang sombong jahat dan orang-orang yang suka menggunakan kekuasaan untuk hal yang tidak baik dan benar.  Tengu juga dihormati dan dirayakan karena orang Jepang percaya Tengu bisa membantu mereka untuk mengabulkan permintaan-permintaan mereka seperti keberuntungan dalam bisnis, sekolah, kesehatan, keselamatan keluarga.

Dinamakan Shimokitazawa atau lebih dikenal dengan Shimokita karena diadakan sepanjang jalan stasiun Shimokitazawa. Untuk ke stasiun Shimokitazawa, Piknikers ambil jalur Odakyu Line dari Stasiun Shinjuku atau Keio Inokashira Lines. Shimokitazawa ini berada di daerah Setagaya-ku, daerah yang terkenal hipster dan ramai akan kafe, fashion ritel, bar atau tempat hiburan lainnya.

Dalam festival ini, para peserta festival akan mempertunjukkan parade sepanjang jalan dekat stasiun Shimokitazawa. Selama perjalanan parade, para pengusung Tengu akan melemparkan kacang kedelai keberuntungan ( fukumame ) untuk mengusir kemalangan dan kesialan yang sudah lama tidak hilang-hilang sambil berkata “Fuku-Wa-Uchi” atau keberuntungan datanglah. Pelemparan fukumame tersebut dinamakan juga “mamemaki”.

Keunikan dari festival ini yang bisa kalian dapatkan adalah piknikers yang ada di sekitar parade bisa menangkap kacang-kacang panggang yang ditebarkan itu. Terlebih itu memang diharuskan. Cukup lumayan untuk snack kalian selama di sana ya.

Tapi tidak perlu menunggu hingga awal tahun untuk merasakan festival-festival Jepang karena pada musim panas tahun ini pun kalian juga bisa ikutan festival music terkenal yaitu Summersonic 2017. Keterangan lebih lanjut kalian bisa kunjungi disini

Yuk travel ke Jepang!

Sumber 1

Sumber 2