Bukan hanya jembatan biasa, Capilano Suspension Bridge adalah jembatan gantung tertua yang berada di Vancouver, Kanada. Capilano Suspension Bridge memiliki panjang 137 meter dan terletak di ketinggian 70 meter di atas sebuah sungai bernama Sungai Capilano. Jembatan yang pertama kali dibangun pada tahun 1889 oleh seorang insinyur berkebangsaan Skotlandia bernama George Grant Mackay ini dibangun kembali pada tahun 1956. Tempat ini dimiliki dan dikelola oleh The Capilano Group of Companies dan setiap tahunnya dikunjungi oleh lebih dari 7 juta pengunjung.

Jembatan yang tepatnya berlokasi di 3735 Capilano Road, Vancouver Utara, British Columbia, Kanada dan dapat dicapai sekitar 45 menit dari pusat kota Vancouver, Canada. Untuk menuju tempat ini bisa melalui dua cara apabila tidak menggunakan mobil pribadi, yaitu :

  1. Menggunakan bus dari pusat kota Vancouver dan menyeberangi Lions Gate Bridge yang megah.
  2. Menyeberangi selat Burrard menggunakan seabus disambung menggunakan bus dari Lonsdale Quay.

Pada saat memasuki obyek wisata ini pengunjung sudah disambut oleh sejarah mengenai asal mulanya berdirinya jembatan ini, disambung oleh peragaan seni budaya dari Squamish First Nation di Kia’palano (suku asli dari kelompok Squamish).

Perjalanan dilanjutkan  melalui jalan setapak menuju ke jembatan Capilano. Jangan takut, walaupun jembatan bergoyang-goyang saat kita melaluinya, jembatan ini 100% aman karena dibuat dengan suspensi yang kokoh. Pemandangan di bawah adalah sungai Capilano dengan arus airnya yang deras dengan batu-batu besar yang berserakan. Pemandangan hijaunya pepohonan dan udara yang bersih sangat menyenangkan dan membuat kita betah berlama-lama disana. Tersedia pemandu untuk menjelaskan mengenai tumbuh-tumbuhan dan hewan yang berada di sana. Tupai dan raptors kerap terlihat.  Bahkan jika beruntung kita bisa melihat beruang di tebing.

Di musim panas seperti saat ini, pengunjung bisa mampir ke Lodgers’ Grill untuk sekedar makan dan menikmati live music yang terdapat di depan Trading Post. Musiknya adalah music khas Amerika Utara. Selain Lodgers’ Grill ada pula Canyon Café tempat kita bisa menghabiskan waktu dengan menikmati secangkir kopi dan pastry atau bisa juga mencoba Bridge House Restaurant, restaurant dengan suasana rumah tempo dulu Amerika Utara yang menawan dengan halamannya yang luas. Restaurant ini terletak di seberang Capilano Bridge.

Jika berkunjung saat musim dingin pengunjung bisa menikmati acara Canyon Light. Sedangkan Februari dan April adalah saat yang tepat untuk budget yang lebih hemat.

Jangan lewatkan promo dari EVA Air bersama ANZ yang menawarkan tiket penerbangan dengan harga promo ke Canada.  Silahkan cek disini

Sumber 1

Sumber 2