Bondi Beach adalah pantai yang paling populer di Sidney bahkan di Australia. Belum ke Sidney kalau belum ke Bondi beach adalah ungkapan yang biasa dikatakan orang. Bondi Beach terkenal dengan pantai berombak sehingga cocok untuk tempat surfing selain kegiatan yang biasa dilakukan di pantai seperti berenang, bermain volley pantai, jogging, bersepeda dan berjemur.

 

“Bondi” atau “Boondi” adalah sebuah kata Aborigin yang berarti air yang pecah di antara batuan atau suara air yang pecah di antara batuan. Bondi Beach terletak 7 kilometer di timur distrik bisnis pusat Sydney, di wilayah pemerintah lokal Waverley Council, Eastern Suburbs. Dengan panjang garis pantai sepanjang 1 km, Bondi Beach dimasukkan dalam Australian National Heritage List tahun 2008. Acara TV Bondi Rescue membuatnya semakin populer.

 

Banyak acara yang diselenggarakan di pantai ini sepanjang tahun. Mulai dari perlombaan lari City to Surf Fun Run yang diadakan setiap tahun pada bulan Agustus. Dengan start awal dari pusat kota Sidney dan finish di Bondi Beach.  Kegiatan tahunan lainnya adalah Flickerfest, festival Australia internasional film pada bulan Januari, Day World pada bulan Juni  dan Sculpture by the Sea pada bulan November. Jalan utama di tepi pantai ini adalah Campbell Parade dimana terdapat banyak toko selancar dan butik baju yang keren, kafe-kafe asyik, dan bar yang meriah.

 

Jalan utama yang menghubungan Bondi Beach ke pusat kota adalah Hall Street, Roscoe Street, Curlewis Street dan Beach Road. Hall Street menyajikan pakaian rancangan  desainer dan di Curlewis Street terdapat banyak galeri seni. Tiap Minggu penduduk mengadakan Bondi Beach Markets, pasar loak di mana pengunjung dapat  membeli beragam barang termasuk perhiasan buatan lokal, kerajinan, dan pakaian  yang unik.

 

Selain naik kendaraan pribadi, Bondi Beach dapat dicapai dengan naik kereta dari Central Station menuju Bondi Junction lalu dilanjutkan dengan naik bus dari  Bondi Junction Interchange Stand A.  

 

Waktu paling tepat mengunjungi Bondi Beach adalah musim panas, selama Desember-Februari atau di musim semi, September-November. Dapat juga berkunjung musim dingin (Juni-Agustus) atau musim gugur (Maret-Mei). Walaupun berkunjung di  musim dingin, tetap banyak  acara yang diadakan di Bondi Beach yaitu Bondi Winter Magic Festival.

Ingin berkunjung ke Sydney? Cek info dan promo nya disini