Blue Mountains National Park berlokasi di New South Wales, berlokasi sekitar 50 km di sebelah barat kota Sydney. Blue Mountain adalah area taman nasional yang luasnya sekitar 11400 km persegi dan tinggi 1100 mdpl.  Disebut Blue Mountain, karena  hutannya mempunyai banyak pohon eukaliptus yang mengeluarkan partikel gas terpenoid dan  jika kena sinar matahari akan berwarna kebiru-biruan.

 

Wilayah ini bisa dicapai 1,5 jam dengan mobil dari kota Sydney atau 2 jam dengan kereta Blue Mountain Line dari stasiun Central. Jika naik kereta, turunlah di stasiun Katoomba, dilanjutkan dengan naik bis Blue Mountain Explorer Bus atau Trolley Tours. Bis khusus turis ini melayani rute atraksi wisata utama di Blue Mountain. Dengan tiket terusan kita bisa naik turun Explorer Bus semau kita dan tiket terusan berlaku sampai 7 hari.

 

Atraksi utama di Blue Mountain adalah pemandangan pegunungan yang indah. Di sini ada beberapa look out (gardu pandang) yang disediakan untuk menikmati pemandangan. Yang paling terkenal adalah Echo Point look out. Di sini kita bisa melihat formasi 3 batu karang raksasa yang terkenal dengan nama Three Sisters. Tiga formasi batu tersebut masing-masing memiliki nama: Meehni (922 m), Wimlah (918 m), dan  Gunnedoo (906 m).  Menurut cerita rakyat suku Aborigin, tiga batu ini adalah tiga saudari yang tinggal di Jamison Valley. Mereka jatuh cinta dengan 3 orang pria dari suku Nepean, namun hukum adat melarang mereka. 3 pria tersebut hendak melawan hukum adat, dan menculik mereka. Sebuah peperangan terjadi, untuk menyelamatkan tiga gadis ini, seorang dukun menyihir mereka menjadi batu. Namun sayang sang dukun terbunuh, dan tak seorangpun yang bisa mengembalikan tiga gadis tersebut seperti sediakala.

Di sebelah timur Three Sister terbentang Kings Tableland, sebuah tebing batu pasir mendatar  yang membentang luas dari Wentworth Falls sampai Jamison Valley.  Di depannya terlihat Mount Solitary dan Ruined Castle dengan hamparan lautan pohon di kaki gunungnya.

 

Selain melihat pemandangan dari gardu pandang, kita juga bisa menikmati Blue Mountain dengan cara lain, yaitu dengan masuk Scenic World. Ada 4 atraksi yang bisa kita coba di Scenic World: Scenic Skyway, Scenic Railway, Scenic Walkway dan Scenic Cableway.

Scenic Skyway adalah kereta gantung yang melayang sejauh 720 m melewati lembah Blue Mountain. Rutenya menyeberangi Jamison Valley. Pemandangannya sangat spektakuler, yakni Three Sisters di satu sisi dan sisi lainnya Katoomba Falls yang tingginya 240 meter. Di bagian tengah kereta tersebut ada area yang memiliki glass floor, jadi pengunjung bisa melihat langsung ke dasar lembah yang kira-kira sedalam 270 meter. Scenic Skyway ini merupakan cable car tertinggi di Australia.

 

Scenic Railway adalah kereta yang meluncur turun sejauh 415 m ke dasar lembah, melalui jalur yang lumayan curam. Dari stasiun cableway di dasar lembah ini, kita bisa memulai Scenic Walkway, jalan-jalan di tengah hutan dimana jalur jalan-jalannya sudah dibuat dengan lantai kayu (boardwalk), sehingga kita tidak perlu menapaki jalan setapak dari tanah. Di beberapa sudut, ada keterangan tentang flora yang ada di hutan ini. Rutenya pun bisa pilih sendiri, mulai dari yang singkat (10 menit) sampai yang paling panjang sekitar 1 jam. Dengan total boardwalk sepanjang 2.4 km, Scenic Walkway ini adalah elevated boardwalk terpanjang di Australia. Dari jalurwalkway ini kita juga bisa melihat tempat bersejarah bekas pertambangan batu bara.

 

Untuk kembali ke atas dari dasar lembah, kita perlu naik kereta gantung Scenic Cableway,  merupakan cable car terbesar di Australia. Dengan kapasitas angkut maksimal 84 orang, cable car ini naik turun di Jamison Valley sedalam 545 meter. Dari sini juga bisa melihat Three Sisters dan sisi lembah yang dipenuhi hutan.

 

Jangan lupa untuk menjelajahi Katoomba dan Leura, suburb yang berdekatan lokasinya dengan Blue Mountain. Banyak juga yang bisa dieksplore di sini.

Sumber 1

Sumber 2

Sumber 3

Sumber 4

Sumber 5

Sumber 6