Brooklyn Bridge, yang memiliki panjang 486,3 meter, merupakan jembatan berteknologi hidrolik tertua di Amerika Serikat dan menjadi landmark kota New York. Bangunan ini mulai digunakan pada tahun 1883 dan berfungsi untuk menghubungkan Manhattan dengan Brooklyn yang terpisah oleh East River.

 

Jembatan ini memiliki 6 jalur khusus kendaraan bermotor serta 1 jalur terpisah bagi pejalan kaki dan pesepeda. Mengacu pada tinggi jembatan yang mencapai 3,4 m, berat 2.700 kg, maka bus dan transportasi publik dilarang untuk melalui Brooklyn Bridge. Banyak sekali film-film Hollywood yang mengambil lokasi di Brooklyn Bridge, seperti Independence Day, I am Legend, The Avengers, The Dark Knight Rises, Deep Impact, Godzilla dan lain-lain.

 

Jembatan Brooklyn juga memiliki taman yaitu sebuah tanah lapang yang terdapat di sisi Furman Street, Brooklyn, tepat di pinggir East River. Pada pagi hari, banyak yang mengunjungi Brooklyn Bridge Park untuk sekedar melihat lalu lintas kapal di East River atau menikmati indahnya malam dengan nyala lampu yang terpantul oleh permukaan sungai. Di taman ini terdapat Jane’s Carousel sebuah komedi putar yang sudah ada sejak tahun 1920-an. Terdapat pula wine bar dan beberapa tempat makan yang menjual beragam makanan mulai dari lobster rolls dan sandwich.

 

Lokasi Brooklyn Bridge Park yang berbatasan langsung dengan East River membuat lokasi ini ramai digunakan untuk berkayak. Pada tahun 2012, pihak pengelola taman menetapkan lokasi penyewaan kayak di dermaga 1 dan 2. Dari tempat  ini pula pengunjung dapat melihat Patung Liberty. Biasanya pada akhir pekan, tempat penyewaan kayak sangat ramai dikunjungi orang. Untuk pengunjung yang ingin memancing, disediakan tempat khusus di dermaga 5 dan 6. Yang ingin bersepeda di sini juga terdapat tempat sewa sepeda.

 

Ada 3 pilihan untuk mengunjungi Brooklin Bridge dengan transportasi umum yaitu :  subway, bus dan kapal feri.

–       Subway. Naik Subway A atau C,  turun di High Street dermaga 1 lalu menuju jalur pejalan kaki jembatan Brooklyn.

–       Bus. Naik Bus B25 turun di Fulton Ferry Landing lalu menuju dermaga 1 Empire Fulton dan Main Street. Dapat juga dengan naik bus B63 turun di dermaga 6, selatan Brooklyn Bridge Park.

– Kapal feri. Naik NY Waterway’s East River Ferry – https://www.ferry.nyc/routes-and-schedules/ Harga tiketnya $4 untuk perjalanan biasa dan $12 bagi wisatawan yang ingin memiliki tiket terusan (hop-on-hop-off).

 

Setelah berkunjung ke Brooklin Bridge, jangan lupa mampir ke Dumbo, sebuah area di sektor Brooklyn, New York City. Lokasi Dumbo berada di antara Manhattan dan Brooklyn Bridge, yaitu East River. Dumbo menjadi destinasi wisata yang tepat jika Anda ingin berfoto dengan latar belakang Brooklyn Bridge atau Manhattan Bridge. Di area ini terdapat taman dan beberapa bangunan tua yang biasa digunakan untuk bersantai, berjalan-jalan atau sekadar mengambil foto. Cicipi Brooklyn Ice Cream Factory (BICF), salah satu kedai es krim paling populer di New York. BICF juga disebut-sebut sebagai es krim paling enak di New York oleh New York City for Dummies, Sunday Times juga Frommer’s New York City. Selain Ice Cream, ada pula Grimaldi’s Pizza, Juliana’s Pie dan River Café. Jika ingin ngopi, Brooklyn Roasting Company adalah pilihan yang tepat.

Sumber 1

Sumber 2