Jika berwisata ke Sydney, kamu tidak takut ketinggian dan ingin menantang diri sendiri, jangan lewatkan kesempatan untuk naik ke atas Sydney Harbour Bridge.  Jembatan yang dikenal dengan nama lain “Coathanger” atau Gantungan Baju, merupakan  jembatan  besi  terbesar di dunia. Terbentang diatas Port Jackson atau Sydney Harbour sejak tahun 1932, mempunyai panjang 1149 meter dengan panjang rentangan 503 meter dan berat 52800 ton, proyek ini membutuhkan sekitar 6 juta paku besi yang menyatukan bagian-bagiannya dengan tangan dan 1500 pekerja. Jembatan ini membuat pemerintah Australia saat itu mengeluarkan  dana 4 juta poundsterling dan sudah 500 juta kendaraan yang melewatinya hingga saat ini. Pejalan kaki dan pesepeda bisa melewati jembatan ini dengan melalui jalur khusus.

 

BridgeClimb adalah operator yang membuka kesempatan untuk naik ke atas Sydney Harbour Bridge sejak tahun 1988. Pengunjung akan dipandu untuk naik sampai di atas di ketinggian 134 meter. Waktu untuk melakukan aktivitas ini adalah saat siang dan mejelang sore. Bayangkan pemandangan yang kita lihat saat senja menjelang matahari terbenam, pasti sangat indah.

 

Selama proses pemanjantan berlangsung, pengunjung akan didampingi oleh Climb Leaders yang menghibur. Mereka mendampingi sambil menceritakan mengenai sejarah Jembatan Sydney Harbour, mulai dari awal dibangun hingga hari pertama jembatan tersebut dibuka untuk umum. Proses petualangan dengan BridgeClimb Sydney biasanya berlangsung selama 3 jam 30 menit, dilakukan per kelompok yang terdiri dari 14 orang. Ada pilihan yang lebih pendek, yaitu selama 2 jam 15 menit dengan group yang terdiri dari 12 orang. Tidak diperlukan keahlian atau keterampilan memanjat untuk melakukan aktivitas ini dan tidak perlu merasa khawatir karena atraksi ini dilakukan per kelompok bersama dengan pendamping yang profesional.

Beberapa persiapan perlu dilakukan sebelum memanjat Jembatan Sydney Harbour. Sebelum naik kita harus menitipkan seluruh barang bawaan, tidak boleh membawa barang apapun ke atas jembatan, termasuk kamera dan telepon seluler. Jika ingin berfoto pemandu akan memotret para peserta semuanya. Setelah itu, kita harus melepas seluruh pakaian dan memakai BridgeSuit, pakaian yang khusus didesain untuk berjalan selama di atas jembatan. Semua desain BridgeSuit sama, yakni tipe overall dengan warna campuran biru dan abu-abu. Yang paling penting adalah memakai harness atau pengait besi yang merupakan pengaman utama dan harus selalu dikaitkan ke jembatan. Selain itu ada pula test kadar alkohol dan tanda tangan perjanjian. Dibutuhkan waktu satu jam untuk persiapan dan simulasi sebelum kita mulai memanjat.

Setelah pendakian dan kita sampai di atas, pemandangan kota Sidney yang mengagumkan bisa dinikmati sepuasnya. Pemandangan Sydney Opera House, di atas Bennelong Point, kapal-kapal berlalu-lalang diantara pelabuhan Circular Quay dan Port Jackson serta pemandangan Darling Harbour yang cantik.  Pasti menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Alamat Sydney Bridge Climb : 3 Cumberland Street, The Rocks, Sydney, NSW 2000

Sumber