Koala adalah hewan khas dari benua Ausralia yang lucu dan menggemaskan. Berbeda dengan kangguru yang masih bisa kita temui di luar benua Australia. koala hanya bisa dijumpai di benua asalnya karena ada larangan untuk membawanya keluar benua tersebut. Jika berkunjung ke Sidney jangan lupa untuk melihat hewan-hewan khas benua Australia, karena selain koala dan kangguru masih ada hewan-hewan yang lain seperti dingo, echidna, wallaby, wombat dan lain-lain.

Koala berasal dari bahasa Aborigin yang artinya “tidak minum”. Koala sangat jarang minum air karena makanan mereka yang hanya berupa daun ekaliptus sudah mengandung cukup air sehingga mereka tidak perlu turun dari pohon untuk minum. Koala menghabiskan waktunya hanya untuk tidur, yaitu selama 20 jam. Kita hanya boleh mengelus koala di bagian punggung bawah saja, karena koala merupakan hewan yang perasa, dia bisa marah jika merasa tidak nyaman dan mengeluarkan suara yang keras.

Nah, jika kita berkunjung ke Sidney jangan lewatkan untuk melihat koala di tempat-tempat di bawah ini :

 

  1.   Taronga Zoo

Taronga Zoo adalah kebun binatang kota Sydney, Australia yang pertama kali dibuka pada tanggal 7 Oktober 1916. Kebun binatang ini terdapat di daerah pesisir pantai dari pelabuhan Sydney (Sydney Harbour) di Mosman. Taronga bisa dicapai dengan naik feri sekitar 15 menit dari dermaga Circular Quay.

Luas kebun binatang ini adalah 287 hektare dan memiliki lebih dari 26.000 binatang. Kebun binatang ini dibagi menjadi delapan area dengan bermacam anjungan dalam gedung dan peragaan di luar gedung. Merupakan kebun binatang umum pertama di New South Wales yang dibuka pada tahun 1884 di Billy Goat Swamp di Moore Park.

Tempatnya luas, bersih dan nyaman tetapi kita hanya bisa melihat binatang-binatang khas Australia seperti kanguru, wallaby dan koala dari balik kaca tebal. Untuk bisa berfoto bersama koala, kita harus mengeluarkan biaya lagi. Perlu waktu seharian untuk berkeliling kebun binatang ini dan melihat semua binatang yang ada. Yang tidak boleh dilewatkan adalah pertunjukan anjing laut dan pertunjukan burung di teater yang menghadap ke Opera House.

 

  1. Sidney Wildlife World 

Sidney Wildlife World adalah sebuah kebun binatang yang berlokasi di Darling Harbour, Sydney bersebelahan  dengan Sydney Aquarium. Sydney Wildlife World pertama kali dibuka pada bulan September 2006. Sebagai kebun binatang, Sydney Wildlife World mempunyai desain yang unik. Tempatnya tertutup dan dilengkapi dengan pendingin udara. Pengunjung dapat berjalan di jalanan sepanjang 1 km di dalam gedung seluas 7000 meter persegi ini. Di kanan dan kiri di sepanjang jalanan ini (di dalam kandang kaca) terdapat kurang lebih 6000 binatang asli Australia.

Sydney Wildlife World dibagi menjadi beberapa bagian yang mempertunjukkan habitat-habitat yang berbeda:

  •         Butterflies – Flutter Bys mempertunjukkan kupu-kupu
  •         Invertebrates – Spineless Wonders mempertunjukkan binatang takbertulang belakang
  •         Reptiles – Scales and Tails mempertunjukkan binatang reptil
  •         Flight Canyon – Walking on Air mempertunjukkan burung-burung
  •         Nocturnal After Dark mempertunjukkan binatang malam
  •         Semi-Arid Grasslands – Red Heart mepertunjukkan binatang dari habitat padang rumput gersang
  •         Rainforest – Lush Canopy mempertunjukkan habitat hutan hujan
  •         Wallaby Cliffs – High and Dry mempertunjukkan binatang dari habitat tinggi dan kering
  •         Koala Sanctuary – Gum Tree Gully mempertunjukkan binatang koala

 

  1. Koala Park Sanctuary

Koala Park Sanctuary  terletak di West Penant Hill, sebelah utara Sydney, bisa dicapai sekitar 30 menit naik mobil dari pusat kota.  Jika ingin kesana dengan transportasi umum, naik kereta sampai stasiun Penant Hill, dilanjutkan dengan naik bis Glenorie (sekitar 10 menit) dan turun di depan Sanctuary.

Kebun binatang ini jauh lebih kecil dari Taronga Zoo, binatang koleksinya tidak terlalu banyak dan khusus binatang-binatang khas Australia saja seperti koala, kanguru, dingo, echidna, wombat, emu dan beberapa jenis burung. Binatang di sini, terutama kanguru dibiarkan bebas. Kita bisa berinteraksi langsung dengan kanguru, memberi makan, atau sekedar mengelus-elus atau menepuk-nepuknya, termasuk bisa berfoto bersama Koala.

  1. Featherdale Wildlife

Featherdale Wildlife dapat ditempuh  sekitar 45 menit naik mobil dari pusat kota. Featherdale juga bisa dicapai dengan kendaraan umum, naik kereta sampai stasiun Blacktown, dilanjutkan dengan bis no 725 (sekitar 10 menit) sampai di depan gerbang. Konsep Featherdale mirip dengan Koala Park Sanctuary, tapi mempunyai area yang lebih luas dan koleksi binatang yang lebih lengkap. Di sini kita juga bisa berinteraksi langsung dengan binatang-binatang, memberi makan dan berfoto sepuasnya. Kita akan diberi kartu seperti paspor yang harus distempel dengan cap binatang yang sudah dikunjungi. Koleksi binatang di Featherdale ini di antaranya: koala, kanguru, dingo, emu, wallaby, wombat, penguin, tasmanian devil, buaya, goanna, reptil dan berbagai jenis burung.

 

Jika ingin berinteraksi langsung dengan binatang-binatang lebih baik berkunjung ke Koala Sanctuary atau ke Featherdale Wildlife. Walaupun lokasinya agak jauh dari pusat kota Sidney tapi bisa lebih puas menikmati binatang-binatang yang ada.

Sumber 1