Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Sydney tetapi tidak berbelanja di Paddy’s Market. Pasar yang terletak di lantai dasar gedung Market City di kawasan China Town di antara Hay Street dan Thomas Street, ini dikenal sebagai surga belanja oleh-oleh suvenir khas Australia berharga murah.

Paddy’s Market letaknya sangat strategis, hanya 10 menit jalan kaki dari stasiun Central atau 10 menit jalan kaki dari Darling Harbour. Dari Haymarket, pasar ini hanya ditempuh 5 menit jalan kaki. Dari kota, bisa naik kendaraan umum ke sini yaitu bus kota gratis warna hijau (free shuttle bus), monorail dan lightrail (trem), semuanya punya halte yang berhenti di Paddy’s Market.

Market City, Mal yang berada di atas Paddy’s buka setiap hari. Sementara Paddy’s Market buka mulai Rabu sampai Minggu, jam 9 pagi sampai 5 sore. Senin dan Selasa tutup, kecuali kalau ada libur nasional. Di akhir pekan, biasanya pasar ini ramai sekali. Kalau ingin berbelanja sewaktu pasar sedang agak sepi, datanglah hari Rabu atau berbelanjalah pagi-pagi.

Paddy’s cukup nyaman, bersih dan rapi. Jarak antar lapak cukup lebar sehingga enak untuk jalan dan melihat-lihat. Pasar ini terbagi menjadi dua bagian: pasar basah tempat menjual sayur/buah dan lapak-lapak yang menjual suvenir, kaos dan jaket, aksesoris seperti gantungan kunci, magnet, topi, tas kecil, tempat pensil, boomerang dengan hiasan khas Australia, toko mainan dari bahan kayu dan lain-lain.

Harga barang-barang di Paddy’s rata-rata sama dan harganya pas. Harga masih bisa ditawar tetapi rata-rata penjual hanya mau memberikan potongan lagi kalau kita belanja lumayan banyak. Biasanya barang-barang dijual bukan dengan harga satuan, tapi dengan paket. Jangan salah, kalau kita mendengar harga “3 for 5” yr. aitu 3 barang untuk 5 dollar.

Kalau ingin sekalian belanja sayur dan buah segar, lebih baik belanja sore hari. Menjelang pasar tutup jam 5 sore, harga barang-barang segar banyak yang diobral dengan harga satu dollar.

Jangan lupa mampir ke lantai atas dari pasar ini yaitu Market City, semacam mall berisi factory outlet beragam merek terkenal, baik asli Australia maupun internasional, yaitu Cotton On, Giordano, Esprit, Platypus, hingga Bonds, yang menjual produk out of season dengan harga miring. Ada juga food court dan cinema di sini.

Website Paddy’s Market bisa dibuka di sini

Sumber 1

Baca juga artikel lain nya tentang “Melihat Koala Dari Negeri Asalnya