Berlin, sebuah kota metropolitan di jantung Benua Eropa yang merupakan ibu kota Republik Federal Jerman. Berlin terletak di timur laut Jerman dan merupakan pusat dari kawasan Metropolitan Berlin-Bradenburg, di tepi sungai Spree dan Sungai Havel. Selain sebagai ibu kota Jerman, Berlin juga merupakan pusat kegiatan politik Uni Eropa. Selain itu, Berlin juga menjadi pusat dari kegiatan ekonomi, budaya, pendidikan, politik dan sains di Jerman.  Bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur setelah runtuhnya tembok Berlin menjadi salah satu alasan banyak wisatawan berkunjung ke sini.  Berikut obyek wisata di Berlin yang bisa Piknikers kunjungi.

 

  •         Tembok Berlin

Tembok Berlin adalah tembok pembatas dari beton yang dibangun oleh pemerintah Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) dahulu kala untuk memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur. Tembok ini mulai dibangun pada tanggal 13 Agustus 1961 dan bersamaan dengan pembangunan menara penjaga sepanjang sisi tembok yang diisi dengan ranjau. Jerman Timur menyatakan tembok ini dibangun untuk melindungi warganya dari fasis yang bisa memicu gerakan pemberontakan, sehingga pemerintah Jerman Timur bisa membentuk sistem komunis di Jerman Timur. Tembok ini sangat bersejarah karena menjadi saksi bisu banyaknya penduduk Jerman Timur yang tewas saat nekat menyebrangi tembok ini demi lari ke Jerman Barat akibat tak tahan dengan pemerintahan yang kejam. Tembok ini saat ini sudah diruntuhkan dan sisa reruntuhannya menjadi landmark sejarah kota Berlin.

 

  •         Holocaust Memorial

Dibuat untuk mengenang orang-orang Yahudi yang dibunuh di Eropa pada zaman Hitler. Terbuka untuk umum dan terletak di tepi jalan raya dekat Brandenburg Gate. Holocaust Memorial selesai dibangun pada 2004 dan resmi dibuka pada Mei 2005. Monumen ini dibangun di atas tanah seluas 19.000 meter dan di tengahnya ada semacam monumen dengan tinggi +/-50 m dengan kotak-kotak persegi panjang berwarna abu-abu, yang merupakan deretan nisan dengan jumlah 2.771 yang berbaris lurus sejajar. Uniknya, tidak ada satupun batu-batu nisan polos itu yang memiliki tinggi yang sama.

 

  •         Brandenburg Gate

Gerbang yang dalam Bahasa Jerman disebut Brandenburger Tor ini terletak di pusat kota, dekat Pariser Platz. Bradenburgh Gate merupakan simbol kemenangan Jerman dan saat ini digunakan sebagai simbol kota Berlin. Gerbang ini dibangun sebagai lambang perdamaian setelah runtuhnya Tembok Berlin dan berakhirnya pembagian Jerman Barat dan Jerman Timur. Bangunan Bradenburgh Gate memiliki ikon kereta di bagian atas. Dulunya, kereta itu sempat diboyong ke Prancis saat masa pemerintahan Napoleon Bonaparte. Namun, kereta itu dibawa kembali ke Jerman setelah Prancis kalah dalam peperangan melawan Jerman. Kereta ini istimewa bagi rakyat Jerman karena mereka percaya bahwa sosok patung dewi yang mengendarari kereta ini, Victoria, representasi dewi kemenangan. Saat ini, patung dewi Victoria yang mengendarai kereta ini telah dirombak bagian kepalanya sehingga menghadap ke arah Kedutaan Prancis sebagai lambang kemenangan atas Prancis.

 

  •         Berliner Dome

Berliner Dome atau Berlin Katedral terletak di Pulau Museum yang terdapat di Sungai Spree di daerah Mitted dan merupakan karya besar arsitek Kaiserzeit. Merupakan gereja Kristen Protestan terbesar di Berlin. Bangunan katedral ini mulai dibangun pada taun 1465 dan baru selesai dikerjakan 440 tahun kemudian pada tahun 1905. Katedral ini sangat megah, besar dan anggun dengan tipikal bangunan bergaya Renaisans kuno yang klasik. Saat perang dunia kedua terjadi, katedral ini sempat mengalami kerusakan parah. Namun, di tahun 1993 katedral ini kembali diperbaiki dan menjadi salah satu bangunan bersejarah paling ikonik di Jerman.

 

  •         Berlin TV Tower (Der Fernsehturm)

Terletak di tengah kota, dekat Alexanderplatz. Dengan tinggi 368 m, menara ini merupakan struktur tertinggi di Berlin, urutan ke-4 di Eropa. Bila kita mendekati Alexanderplatz, menaranya sudah kelihatan. Menara ini masih berfungsi sebagai satelit dan pemancar, dan dibuka untuk umum. Pada ketinggian 203 m (batas ketinggian yang dibuka untuk umum) turis bisa menyaksikan pemandangan Berlin. Di bundaran menara terdapat Restoran Sphere yang bisa berputar setiap 30 menit.

 

  •         Checkpoint Charlie

Checkpoint Charlie di Friedrichstadt merupakan salah satu di antara 7 pintu masuk perbatasan Jerman Timur dan Barat yang dibatasi Tembok Berlin. Yang membuat Checkpoint Charlie istimewa karena berbatasan langsung dengan sektor Amerika. Saat ini Checkpoint Charlie hanya sebuah gardu yang dijaga tentara. Banyak restoran dan pertokoan, juga banyak warga dan turis lalu-lalang di sekitarnya. Sisa reruntuhan Tembok Berlin masih berdiri di dekat sini dan menjadi salah satu atraksi turis. Nama Charlie diambil dari nama kode tentara Amerika saat PD II yaitu C atau Charlie

 

  •         World Time Clock (Welzeituhr)

Berlokasi di dekat pertokoan Alexanderplatz. Jam dunia ini berbentuk silinder dengan berat 16 ton, tinggi 10 m dan berwarna-warni. Warnanya bisa berubah-ubah seiring dengan pergantian waktu. Beberapa zona waktu kota-kota besar dunia termasuk Jakarta tertera di World Time Clock. Ikon yang satu ini juga merupakan salah satu meeting point yang mudah dikenali.

 

  •         Alexanderplatz

Terletak di sebelah Berlin TV Tower, merupakan salah satu sudut tersibuk di Berlin. Jaman dahulu daerah yang bernama Ochsenmarkt ini menjadi markas utama Jerman Timur. Namanya diganti menjadi Alexanderplatz sejak kedatangan seorang tentara Rusia bernama Tzar Alexander tahun 1805.  Sejak Jerman bersatu lapangan ini direnovasi dan ditambahkan beberapa bangunan diantaranya Fountain of Friendship between people.

 

Sumber 1

Sumber 2

Sumber 3