Jepang yang terkenal dengan sebutan negeri sakura belakangan ini menjadi salah satu destinasi liburan favorit, mulai dari kalangan artis hingga parabackpack traveler. Pandangan bahwa liburan ke Jepang itu mahal kini sudah terpatahkan karena sebenarnya semuanya tergantung pada bagaimana cara kita menganggarkan dana. Selain memiliki budaya yang unik, banyak sekali daya tarik yang membuat liburan ke Jepang menjadi pengalaman yang tak terlupakan.Riuhnya kota, pemandangan anak muda yang berpakaian unik hingga kuil-kuil tradisional dan segudang tempat-tempat menarik yang patut dikunjungi bisa dinikmati di Tokyo, ibukota Jepang. Dengan beberapa ide jalan-jalan hemat di Tokyo di bawah ini kamu bisa menjelajahi seisi kota tanpa khawatir dompet jebol!

• Cari tiket promo
Kunci supaya dapat tiket murah ke Jepang atau destinasi lainnya yaitu dengan cara rajin mengecek situs maskapai pilihan supaya dapat harga promo. Kalau perlu daftarkan alamat e-mail yang aktif untuk berlangganan newsletter supaya selalu tahu penawaran-penawaran terbaru. Tiket murah untuk tujuan ke Tokyo dari Jakarta biasanya bisa di dapat dengan harga sekitar Rp 4.000.000 untuk pulang-pergi dari maskapai Japan Airlines, Philippines Airlines atau ANA. Jika ingin lebih hemat lagi, Air Asia sering menawarkan promo tiket pulang-pergi sekitar Rp. 2.000.000 dan sudah termasuk bagasi! Berhasil mendapatkan tiket murah ke Tokyo akan menjadi awal dari ide jalan-jalan di Tokyo!

• Menginap di hostel
Salah satu ide jalan-jalan hemat adalah memilih penginapan yang murah. Jika ingin menginap gratis bisa menggunakan aplikasi Coachsurfing yang dapat membantu menemukan tumpangan di daerah tujuan selama kita berkunjung. Menginap di hostel bisa menjadi pilihan lain. Dengan kisaran harga ¥ 1.800 sampai dengan ¥ 2.500 atau sekitar Rp 200.000 hingga Rp. 290.000 kamu bisa tidur nyenyak di hostel kapsul atau tempat tidur tingkat di kamar dorm. Dengan menginap di hostel kamu bisa berkenalan dengan traveler lain dan berbagi informasi liburan hingga bertukar cerita. Hostel-hostel di Tokyo memiliki banyak fasilitas yang tidak kalah dengan hotel lho, seperti free breakfast, memiliki dapur umum, coin laundry dan banyak lainnya. Cari hostel yang dekat dengan stasiun subway atau halte bus ya, supaya mudah kemana-mana.

• Cermat memilih transportasi
Untuk berkeliling, ada tiga jenis transportasi umum dalam kota yang biasa digunakan oleh masyarakat Tokyo yaitu, subway, bus dan taksi. Dalam artikel ide jalan-jalan hemat kali ini akan membahas subway dan bus saja karena tarif taksi di Tokyo sangat mahal. Bagi turis yang berlibur di Tokyo tersedia tiket subway yang bisa dipakai unlimited kemana saja tergantung masa berlaku masing-masing, ada yang hanya berlaku 24 jam (¥ 800), 48 jam (¥1.200) dan 72 jam (¥ 1.500). Tiket ini bisa di beli di bandara-bandara (Narita, Haneda dan Yonago), beberapa agensi travel pilihan dan hotel-hotel tertentu. Keterangan dan informasi lengkap bisa dilihat di website www.tokyometro.jp. Selain itu ada Suica Card dengan beragam variasi harga yang bisa digunakan untuk transportasi bus dan beberapa stasiun yang dinaungi oleh Japan Railway Company. Untuk lebih lengkapnya bisa cek di www.jreast.co.jp
Menggunakan kereta subway di Tokyo sangat nyaman dengan jadwal tiba dan berangkat yang super tepat waktu. Rute subway di Tokyo adalah rute terumit dan paling kompleks di dunia. Jangan panik dulu, informasi-informasi mengenai rute tersebut bisa diakses di website bahkan ada aplikasinya yang bisa digunakan secara offline alias tanpa perlu menggunakan internet.

• Datangi obyek wisata yang gratis
Di Tokyo kamu tetap bisa menikmati liburan tanpa mengeluarkan anggaran untuk membayar tiket masuk ke suatu tempat wisata. Kota Tokyo cocok dijadikan ide jalan-jalan hemat karena memiliki banyak sekali obyek-obyek menarik yang tidak dipungut biaya. Coba saja ke pasar Tsukiji, tempat pelelangan ikan tuna yang terkenal itu. Di pasar yang ramai turis tersebut kamu bisa mencicipi sushi di kedai-kedai dengan bahan ikan mentah segar atau makan ramen sambil berdiri karena kedainya memang tidak menyediakan tempat duduk. Ingin melihat kota Tokyo dari lantai 45 dan bonus pemandangan gunung Fuji? Kamu bisa datang langsung ke Tokyo Metropolitan Government Building Observatory yang ada di Shinjuku. Jangan lupa mampir ke Takeshita Street di Harajuku, tempat dimana anak-anak gaul Tokyo dengan gaya pakaiannya yang unik berkumpul. Selain itu ada lagi pilihan tempat-tempat gratis yang wajib dikunjungi seperti Senso-ji Temple, Shibuya Crossing, Imperial Palace East Garden dan banyak lainnya.

• Bawa makanan kering
Untuk menghemat biaya makan, bawa makan-makanan yang bisa di masak di dapur hostel seperti mi instan, bubur instan atau abon. Bawa juga susu kemasan sachet yang bisa di minum pagi hari sebelum memulai menjelajahi kota Tokyo untuk mengganjal perut. Jika kamu niat, bisa juga membawa beras secukupnya. Lumayan kan tidak perlu membuat anggaran untuk sarapan. Hal ini menjadi ide jalan-jalan hemat yang cukup mempengaruhi pengeluaran, mengingat biaya makan di Tokyo cukup mahal. Rata-rata dapur hostel memiliki perlengkapan lengkap seperti kompor, panci, magic jar, gelas, mangkok, sendok, dan lain-lain. Tapi alangkah lebih baik jika memastikan duluperlengkapan apa saja yang ada di hostel tempat kamu akan menginap.

• Beli makanan siap saji di convenient store
Perlu diingat bahwa tidak ada makanan yang tidak enak di Tokyo. Hati-hati biaya makan dan jajan bisa membengkak karena di Tokyo banyak tempat-tempat makan yang menggoda iman, belum lagi snacks yang bermacam-macam jenis dengan kemasannya yang kawaii. Dengan diimbangi dengan membeli makanan di convenient store seperti 7-eleven atau Family Mart, ide jalan-jalan hemat di Tokyo akan bisa berjalan lancar tanpa ada anggaran yang membengkak tiba-tiba. Makanan siap saji yang ada di convenient storememilik banyak sekali pilihan dengan harga berkisar dari ¥ 100 sampai dengan ¥ 600 atau setara dengan Rp 11.500 sampai dengan Rp 69.000, rasanya pun enak. Sedangkan jika makan di restoran bisa mencapai ¥ 2.000 atau Rp 230.000 dalam sekali makan.

Semoga tips-tips ide jalan-jalan hemat di atas bisa menyemangati untuk menabung supaya berlibur ke Tokyo tidak hanya impian semata. Selain tips di atas, jangan lupa untuk mempelajari Bahasa Jepang sehari-sehari dan etikanya ya, sebagai turis harus tetap menjaga kesopanan dan menghargai perbedaan budaya. Bagi yang ingin bepergian ke Tokyo sendirian atau solo traveling tidak perlu takut karena tingkat kriminalitas di Tokyo sangat rendah. Banyak pos-pos polisi yang siaga menjaga keamanan, mereka juga sangat ramah jika kita datang meminta bantuan. Sama seperti warga lokal Jepang, mereka begitu ramah dan sopan. Jika kita bertanya arah jalan, warga Jepang pasti akan berusaha membantu kita meski sebagian besar punya keterbatasan berbahasa Inggris. Tidak jarang bahkan ada yang rela mengantarkan sampai ke tempat tujuan yang dicari!