Makanan adalah salah satu yang paling pokok dalam kehidupan, dimana  makan enak yang khas  di indonesia sangatlah beragam dan dapat dinikmati kelezatannya karenan memiliki kekhasan yang berbeda. Di kehidupan sehari – hari manusia tidak lepas dari makanan, di negara kita ini yaitu indonesia ada berbagai macam makanan yang mempunyai cita rasa yang enak dan khas atau uni. Karena rasanya yang enak dan khas maka makanan tersebut biasa disebut makanan khas di indonesia yang sangat enak. Banyak orang yang menyukai makanan indonesia, bahkan banyak orang luar yang sangat menyukai makanan di indonesia.Oleh karena itu, di kesempatan kali ini kami akan membahas tentang makanan yang khas di Indonesia, dimana makanan khas indonesia sangat bermacam – macam dan dapat membuat anda ketagihan. Makanan khas yang membuat ketagihan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Nasi uduk

Makan enak yang khas di indonesia memanglah sangat beragam, salah satunya yaitu makanan khas yang berasal dari betawi dan biasa disebut dengan nasi uduk. Meskipun nasi uduk berasal dari betawi namun nasi uduk telah menjadi makanan khas yang ada di setiap tempat atau daerah. Karena memiliki rasa yang enak dan khas itulah membuat nasi uduk sangat di gemari oleh masyarakat indonesia. Hal tersebut dikarenakan nasi uduk di buat dengan cara di tanak dan diracik dengan bumbu yang khas. Dan makanan ini nuga menjadi favorit masyarkat Indonesia dan dapat dimakan dengan lauk pauk. Selain di indonesia nasi uduk juga sangat terkenal di malaysia namun dimalaysia nasi uduk disebut dengan nasi lemak. Dan sekarang ini banyak yang membuat nasi uduk dan digunakan untuk usaha, namun nasi uduk biasanya dijual dengan harga yang sangat murah.

  • Nasi goreng

Nasi goreng adalah salah satu makan enak  yang  khas di indonesia. Nasi goreng sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Nasi goreng merupakan slah satu makanan khas yang terbuat dari rempah dan bumbu lainnya khas indonesia. Karena bumbu dan rempah tersebutlah nasi goreng yang berbahan dasar nasi putih tersebut memiliki ciri khas yang tidak kalah digemarinya dengan makanan lain. Meskipun telah umum dijumpai namun banyak sekali restoran ataupun warung yang banyak menggunakan nasi goreng sebagai menu utamanya. Makanan ini juga sangat mudah dibuat untuk makanan sehari – hari dan dapat dilakukan sangat cepat. Makanan ini lebih nikmat apabila dimakan dengan menggunakan lalapan. Biasanya lalapan yang digunakan yaitu kol, kemangi, dan mentimun.

  • Opor ayam

Salah satu makan enak di indonesia selain kedua makanan diatas yaitu opor ayam. Aroma dari makanan ini sangat khas bahkan mampu menggugah selera, aroma yang sedap tersebut berasal dari bumbu yang berbahan dasar bumbu, rempah-rempah, dan santan. Dalam makanan ini terdapat ayam yang di masak sangat empuk sehingga menambah kelezatan dari makanan ini. Bahkan makanan ini mampu membuat kita rindu dengan kelezatannya apabila telah lama tidak mencicipinya. Makanan ini biasanya banyak dijumpai dalam acara atau waktu lebaran.

  • Pempek

Makan enak di indonesia selanjutnya yaitu pempek. Makanan khas ini berasal dari palembang, makanan ini memiliki rasa yang khas dan sangat enak. Makanan khas ini berbahan dasar ikan yang dicampur dengan tepung. Makanan ini memiliki bentuk yang menarik dan dilengkapi dengan kuah yang diracik dengan bumbu sehingga menambah kelezatan dari makanan ini. Apabila anda telah mencicipi makanan khas indonesia yanmg satu ini, kemungkinan anda akan ketagihan dengan rasa enak dan khas dari makanan ini. Makanan ini juga memiliki rasa yang gurih yang berasal dari ikan yang telah dicampur dengan tepung. Sehingga anda perlu mencicipi kelezatan dari makanan ini dan sekarang ini makanan ini juga tersebar di indonesia tidak hanya ada di palembang.

  • Gado – gado

Makan enak di indonesia yang kelima yaitu gado – gado. Makanan yang disebut gado- gado tersebut tersaji sangat unik dan memiliki rasa yang juga enak. Makanan ini disajikan dengan kombinasi sayuran yang diantaranya adalah kentang, wortel, tomat, taoge, dan sayuran yang lainnya. Bagi anda yang suka dengan pedas bumbu atau sambal untuk pelengkap  untuk makanan ini dapat disesuaikan, jadi bisa dibuat dengan rasa yang sangat pedas. Begitu juga sebaliknya, bagi anda yang tidak suka dengan pedas dapat meracik bumbu sesuai selera anda. Makanan ini baik disajikan pedas ataupun tidak tetap memiliki cita rasa yang enak. Makanan ini biasanya juga dilengkapi dengan krupuk.

  • Soto

Makan enak di indonesia yang khas selanjutnya yaitu soto. Makanan ini tidak kalah enaknya dengan makanan – makanan diatas. Makanan ini memiliki cita rasa yang khas perpaduan kuah yang berwarna kuning kental bersantan dengan bawang goreng dan daging. Daging yang digunakan biasanya bermacam – macam, bisa daging ayam, daging, kambing, ataupun daging sapi. Makanan ini di lengkapi juga dengan krupuk dan juga sedikit sari jeruk nipis yang menambah cita rasa dari soto tersebut. selain itu, makanan ini juga sangat lezat apabila disajikan dalam keadaan yang masih anget. Makanan ini buasanya juga sangat sering disajikan secara prasmanan didalam acara pernikahan. banyak masyarakat indonesia yang juga menyukai makanan ini. Makanan ini juga memiliki aroma yang khas dan mampu menggugah selera. Makanan ini biasanya dijual diwarung – warung dengan harga yang lumayan murah dan anda dapat menikmati kelezatan dari cita rasa soto.

  • Nasi kuning

Nasi kuning merupakan salah satu makan enak di indonesia yang khas. Makanan ini dibuat dengan bahan snatan, nasi, kunyit, dan beberapa bumbu rempah yang khas indonesia. Kunyit dalam makanan ini berfungsi sebagai pewarna kuning dan menambah cita rasa dari nasi kinung. Bahan – bahan tersebut mampu menciptakan rasa gurih pada nasi kuning. Sehingga apabila anda memakan nasi kuning tanpa adanya lauk, anda akan tetap merasakan kelezatan dari nasi tersebut. Nasi ini juga sangat digemari masyarakat seluruh indonesia, selain itu nasi ini juga sering digunakan untuk ajang perlombaan yaitu disebut perlombaan menghias tumpeng. Menghias nasi tumpeng yang dimaksut juga menghias nasi kuning dengan makanan yang lain seperti perkedel, telut goreng yang dipotong kecil – kecil, atau dengan tempe, bisa juga dengan mie goreng. Makanan ini biasanya juga dijual dengan harga yang murah, sehingga bagi anda yang ingin mencicipi cita rasa dari makanan ini anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Ketujuh makanan tersebut merupakan makanan khas indonesia yang memiliki cita rasa yang berbeda – beda namun sangat khas dan memiliki keunikan yang berbeda – beda. Demikian makanan yang dapat kami rekomendasikan kepada anda, semoga bermanfaat.