Setelah piknikers menentukan kapan waktu pergi ke benua eropa, ada beberapa hal penting yang perlu piknikers perhatikan untuk dibawa. Untuk itu, ulasan tersebut PiknikAsik rangkum dalam “Serba Serbi Berlibur ke Eropa” yang bisa piknikers simak dan catat sehingga perjalanan liburan piknikers bakal lebih menyenangkan.

Nah, selain koper dan tas apa aja yang kalian perlukan selama berlibur ke eropa?

Penentuan musim apa piknikers berlibur ke eropa amat sangat menentukan berat, macam dan biaya yang akan dikeluarkan selama perjalanan tersebut. Jika piknikers memutuskan untuk berlibur saat musim dingin maka piknikers tidak perlu membawa banyak baju ganti karena musim dingin tidak menyebabkan keringat berlebihan sehingga baju ganti bisa dipakai untuk beberapa hari. Namun begitu, berat yang akan dibawa akan lumayan banyak mengingat pakaian musim dingin tidak ringan beratnya. Lain hal lagi jika musim panas yang mengharuskan banyak baju ganti namun baju ganti yang bobotnya ringan. Selain itu apalagi yang harus dipersiapkan ?

  1.       Alas kaki

Alas kaki yang nyaman dan kuat mutlak dibutuhkan. Terlebih di Eropa, moda transportasi yang ideal adalah kereta dan menuju ke stasiun kereta pastilah membutuhkan perjalanan yang lumayan jauh, untuk itu alas kaki harus menjadi perhatian piknikers. Untuk itu, pakailah sepatu yang senyaman mungkin dan kuat untuk digunakan lama berjalan kaki. Karena tidak hanya untuk mencapai stasiun dan moda transportasi lainnya, berjalan kaki adalah salah satu cara menikmati perjalanan selama berlibur di eropa. Karena jalanan di eropa itu rapai dan terdapat jalur untuk pejalan kaki. Dan dengan berjalan kaki selain menyehatkan bisa pula untuk menghemat biaya perjalanan.

  1.      Kamera

Momen terbaik terkadang datang tidak terduga jadi selalu sediakan kamera dan beberapa baterai cadangan mengantisipasi habisnya daya dan tidak ditemukan colokan untuk mengisi ulang daya.

  1.      Adapter universal

Adapter universal ini juga hal yang perlu diperhatikan selama berlibur ke eropa karena perlu diantisipasi berikutnya adalah bentuk colokan di negara mana piknikers akan berkunjung. Tiap negara di eropa memiliki bentuk colokan yang berbeda. Misalnya di Jerman, Jerman memakai Schuko plug ( hampir sama dengan yang digunakan di Indonesia ) dan memiliki spesifikasi kelistrikan 220V AC, 50Hz.

Schuko plug and socket (Jerman)

Socket di Perancis (perhatikan ada sedikit perbedaan dengan socket di Jerman, pin untuk ground ada di socket, sedangkan colokannya yang berlubang)

Soket di Perancis

Colokan di Perancis (perhatikan lubang untuk ground connection). Umumnya charger untuk mobile phone memakai dua pin bulat saja, jadi tak ada masalah.

Dan adapter universal yang paling bisa mengakomodir perbedaan bentuk soket colokan tersebut.

Adapter universal

  1.      Anak kecil

Jika piknikers hendak bepergian membawa anak kecil, hal juga harus diperhatikan adalah bagaimana menjaga agar anak tetap nyaman dan aman selama bepergian. Untuk itu bawalah kereta dorong. Hal ini amat membantu ketika si anak lelah setelah berjalan atau bermain. Mereka bisa beristirahat di kereta dorongnya dan piknikers pun tetap bisa melanjutkan perjalanan.

  1.      Obat-obatan

Obat-obatan tidak kalah penting untuk masuk ke dalam apa yang perlu piknikers bawa selama liburan ke eropa. Baik yang memiliki anak ataupun tidak, sebaiknya membawa obat-obatan seperti obat batuk, obat pilek, obat diare,obat maag, mengantisipasi tubuh yang belum terbiasa dengan kuliner eropa.

Nah, gimana piknikers? Apakah lima hal yang telah diulas sudah masuk ke dalam daftar barang bawaan piknikers?

Jangan lupa selalu berdoa dan mawas diri selama liburan ke eropa.

Happy travelling!