Negeri Tak Pernah Malam itu bernama Lapland yang beribukota di Rovaniemi, salah satu provinsi di Finlandia.

Finlandia yang terletak di Eropa Utara ini memang sudah terkenal dengan negeri yang dingin karena mengalami musim dingin yang lebih panjang akibat letak geografisnya yang dekat dengan kutub utara. Namun saat musim panas khususnya pada bulan Juni dan Juli, Lapland terasa hangat walaupun dipenuhi dengan salju karena matahari di Lapland tidak pernah tenggelam.

Pada kedua bulan Juni dan Juli tersebut, matahari mengalami fenomena yang unik, yaitu matahari tetap bersinar hingga malam hari. Fenomena itu disebut Midnight Sun.

Tertarik ke sana, piknikers?

Lapland yang memiliki luas 98.946 km2 ini tidak hanya menawarkan pengalaman melihat matahari yang terus bersinar hingga tengah malam, namun juga menawarkan sensasi menginap di hotel es. Di dalam hotel ini piknikers akan beristirahat diantara beberapa bongkahan es dengan lapisan sprei dari kulit rusa. Semua perabotan yang ada di hotel tersebut terbuat dari bongkahan es seperti meja, kursi serta lilin, dll.

Hotel es tersebut didirikan pada tahun 1989 yang berada di sebuah desa yang kecil yaitu Jukkasjarvi yang dibuat oleh pemahat es yang ada dihotel ini. Air yang digunakan sebagai bahan pembuatan balok-balok es itu diambil dari sungai torne yang letaknya dekat dengan hotel. Salah satu daya tarik yang lain dari Lapland, Negeri Tak Pernah Malam adalah olahraga mendaki gunung Lapland atau bermain golf atau bahkan bermain ski pada malam hari. Tempat olahraga golf yang paling favorit terletak sebelah utara propinsi ini yaitu di Brorkliden GC yang berbatasan dengan danau tornestrask dan pengunungan swedia serta Finlandia.

Resor ski di Riskgransen, yang merupakan resor ski paling utara di wilayah Eropa. Reor ski di Riskgransen berbeda dengan resor ski yang ada di eropa lainnya, yang tidak memiliki suhu yang dingin dan membuat para penggemar olahraga ini tak perlu khawatir akan kedinginan karena matahari yang terus bersinar selama 24 jam.

Sumber 1

Sumber 2