Belakangan ini tren travelling meningkat cukup tajam di kalangan kaum milenial ditandainya dengan makin maraknya pameran wisata yang menawarkan promo-promo. Tempat wisata yang keren ditambah dengan foto-foto yang apik mampu menambah kepercayaan diri kamu tampil di media sosial, namun tidak selamanya perjalanan itu menyenangkan, kamu perlu siasat untuk tetap menjaga mood selama perjalanan

  1.    Jadilah fleksibel.

Bepergian tidak selalu berjalan mulus, seringkali ada masalah yang merintangi. Entah karena ketinggalan pesawat, bangun kesiangan, ketinggalan barang bahkan pesawat yang tertunda keberangkatannya alias penerbangan delay. Untuk itu jadilah fleksibel, piknikers harus mempersiapkan hal yang terburuk sekalipun dan kunci dari semua itu adalah kesabaran untuk menjadi fleksibel.

  1.   Membuat daftar

Buat piknikers yang memiliki penyakit pikunisitis alias pikunan dan pelupa,ada baiknya membuat daftar barang bawaan. Memang agak merepotkan namun ini cukup efektif untuk mengecek ulang apakah barang lupa untuk membawa sesuatu atau tertinggal di hotel ataupun di rumah.

  1.   Siapkan fotokopi dari dokumen penting

Ketidakberuntungan mungkin terjadi dalam segala hal dalam hidup termasuk saat bepergian terlebih bepergian ke luar negeri. Jangan lupa siapkan fotokopi dari dokumen penting seperti paspor untuk mencegah dan mengantipasi kehilangan paspor. Karena dengan kehilangan paspor, bisa terancam tidak pulang ke tanah air, piknikers bahkan bisa dicap sebagai imigran gelap. Ih ngeri kan?

  1.   Tanyakan biaya sebelum naik transportasi umum

Memastikan biaya terlebih dahulu itu penting baik saat bepergian ke dalam negeri terlebih saat ke luar negeri, hal tersebut itu mencegah adanya scam yang sering melanda turis-turis. Tidak hanya menanyakan, piknikers perlu juga menuliskan harganya pada sebuah kertas untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahpahaman untuk mencegah hal-hal yang bisa membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan.

  1.   Tanya penduduk lokal

Selain membaca reviu-reviu dan blog-blog orang-orang yang pernah pergi ke tempat wisata yang kamu tuju, ada baiknya kamu juga menanyakan kepada penduduk lokal tentang resto terbaik, spot paling oke untuk melihat matahari terbenam. Karena penduduk pasti lebih baik tentang daerah setempat.

  1.   Hati-hati dengan wifi gratisan

Wifi gratisan selalu diincar saat di mana saja tidak hanya bepergian. Namun piknikers perlu berhati-hati saat menggunakan wifi gratisan ini terlebih di tempat publik. Disarankan untuk tidak “log in” ke akun bank di internet banking dan memasukkan password saat menggunakan wi-fi gratis di tempat terbuka seperti bandara.

  1.   Banyak ambil foto

Jangan takut dicap sebagai orang narsis karena saat bepergian adalah hukum wajibnya untuk mengambil foto. Ambillah foto sebanyak mungkin karena kamu mungkin tidak tahu untuk memilih mana foto dengan angle terbaik. Tangkaplah setiap momen dan kesempatan. Tidak ada salahnya untuk menangkap momen sebanyak-banyaknya.

  1. Ingat bahwa kamu seorang turis

Terkadang peraturan di sebuah negara terdengar tidak lazim atau ribetnya sistem imigrasi di negara tersebut. Ingatlah bahwa kamu adalah seorang turis yang mengunjungi negara tersebut. Tetap menghormati setiap aturan dan peraturan yang berlaku supaya perjalanan piknikers tetap menyenangkan.

  1.   Pisahkan barang pribadi dan dompet

Biasakan untuk memisahkan barang pribadi dan uang di dua tempat yang berbeda maksudnya adalah tidak menggabungkan semua barang pribadimu di satu tas yang sama,begitu pula dengan dompet menyimpan uang. Khusus untuk tempat menyimpan uang, ada baiknya untuk menaruh uang pas harian di dompet yang lain dengan persediaan uang kamu siapkan untuk seluruh perjalanan. Hal ini mengantisipasi adanya kehilangan akibat kecopetan dan ketinggalan dompet saat bepergian.

  1.  Asuransi perjalanan dan P3K

Mungkin beberapa dari kita malas untuk membeli asuransi perjalanan, namun jika piknikers hendak bepergian solo ke beberapa negara dengan tujuan agak ekstrim, amerika serikat, eropa dan beberapa negara lainnya, adalah wajib untuk membeli asuransi perjalanan. Biasanya para backpackers membeli asuransi perjalanan tersebut dari World Nomads. Dan jangan lupa untuk menyediakan P3K seperti obat batuk, pilek, penurun panas, obat diare, obat luka untuk mengantisipasi sakit akibat tidak cocok dengan kuliner negara setempat, cuaca setempat dan kecelakaan minor.

Demikian piknikers 10 hal yang perlu kamu lakukan supaya perjalanan kamu tetap menyenangkan.

Happy piknik!

Sumber 1