Sekarang moda transportasi Kereta Api  tidak kalah hits dengan moda transportasi yang lain, bahkan jika dibandingkan dengan pesawat udara sekalipun. Lihat saja jika saat weekend atau long weekend, atau saat liburan, tiket kereta api sudah ludes habis tak bersisa. Sehingga kita harus memesan dari jauh-jauh hari jika tidak ingin kehabisan.

Walaupun terkadang memakan waktu yang lebih lama dari pesawat terbang, kereta api tetap jadi pilihan bagi banyak orang karena beberapa alasan. Dalam rangka hari Kereta Api Nasional yang jatuh pada tanggal 28 September, PiknikAsik sengaja mengulas tentang kelebihan jika kita memilih transportasi kereta api.

 

  1. Harga Tiket Kereta Api Murah

Tiket kereta api relatif jauh lebih murah dibanding moda transportasi lainnya. Khususnya kereta keas ekonomi.  Jangan salah, walaupun kereta ekonomi, sekarang semuanya sudah ber AC dan ada colokan listrik untuk ngecharge di setiap bangku.  Selain itu berangkat dan tibanya juga sudah tepat waktu. Dengan naik kereta api Piknikers tidak perlu membayar biaya tambahan seperti saat naik pesawat yang harus membayar biaya airport tax, kelebihan bagasi dan lain-lainnya.

 

  1. Harga Tiket Kereta Api Paling Stabil

Jika diperhatikan harga transportasi umum yang paling stabil harganya ya cuma kereta api.   Jika naik pesawat saat libur hari raya, harga tiket pesawat pasti naik gila-gilaan, kalau kereta api memang naik tapi masih dalam batas wajar.

 

  1. Tidak Ada Penimbangan Barang untuk Bagasi

Kalau hendak berjalan-jalan dalam waktu yang lama tentu butuh membawa perlengkapan  yang banyak. Jika naik kereta api barang bawaan  tidak perlu ditimbang seperti di bandara. Barang akan langsung masuk bagasi dan tidak perlu khawatir dengan berat perlengkapan yang dibawa.  Tinggal dimasukkan saja ke gerbong dan petugas tidak akan meminta tambahan biaya.

 

  1. Bebas Berjalan-jalan  di Dalam Gerbong

Berbeda dengan pesawat dimana kita hanya bisa duduk dengan sabun pengaman, di dalam  kereta kita  bisa bebas bergerak  dan berjalan-jalan antara gerbong. Bahkan kita bisa makan dan minum di gerbong khusus restorasi

.

  1. Bebas Macet

Kereta api adalah pilihan transportasi yang bebas macet. Kereta api memiliki jalur sendiri dan tidak perlu berhenti jika ada lampu merah. Kareta api hanya berhenti di stasiun-stasiun tertentu saja dan saat ini kereta api berhentinya tidak terlalu lama lagi seperti dulu, berkat PT Kereta Api Indonesia yang sudah lebih baik.

 

  1. Menikmati Pemandangan

Dengan naik kereta api yang mempunyai jalur sendiri pemandangan yang indah bisa kita nikmati dengan leluasa.  Sehingga walaupun perjalanan dengan kereta api cukup lama, kita terhibur dengan pemandangan indah yang bisa kita nikmat sepanjang perjalanan.

Dengan berbagai kelebihan itu, kereta api tetap jadi pilihan yang hits bagi kita yang hendak bepergian antar kota khususnya di Pulau Jawa.  Bahkan untuk rombongan, kita bisa booking gerbong  kereta api khusus  dengan harga spesial.

Sumber 1