Milan adalah salah satu kota favorit di Italia. Milan atau Milano dalam bahasa Italia, berasal dari bahasa Latin, Mediolanum (yang berarti `di tengah hamparan`) adalah kota utama di sebelah utara Italia. Dengan penduduk sekitar 1,5 juta orang, Milan merupakan salah satu pusat mode dunia.

 

Salah satu kota terbesar di Negeri Sisilia ini memang selalu menjadi tujuan utama para wisatawan karena menawarkan keindahan, eksotisme bangunan, sejarah, makanan yang penuh citarasa, sampai gelaran merek-merek fashion kelas dunia.

Wisatawan yang gemar berburu barang bermerk Giorgio Armani, Via Manzoni adalah tempat yang harus anda tuju untuk berbelanja jika anda berkunjung ke Milan. Tempat berbelanja dengan konsep multi-store ini dilengkapi dengan show-room Armani, cafe tempat anda menikmati asyiknya minum kopi dan snack, dan juga terdapat restoran Jepang dengan nama Restaurant Nobu.

 

Lokasi belanja lain yang wajib dikunjungi  adalah Galleria Vittorio Emanuelle. Galleria Vittorio Emanuelle adalah pusat perbelanjaan terbesar di Milan. Rasanya seluruh butik barang bermerek ada di sini. Menempati bangunan gedung lama, area belanja terbagi atas 2 lantai, lantai 1 ditempati butik, toko buku dan cafe, sementara lantai 2 diperuntukkan bagi satu department store.

 

Ada yang menarik perhatian di Galleria ini. Tepat di tengah-tengah area lantai satu, terdapat ornamen marmer bergambar dua anak kecil yang sedang menyusui induk anjing dan di bawahnya tertulis huruf S.P.Q.R.  Di tengah lukisan itu ada cekungan kecil di mana orang dapat memijakkan kakinya dan bergerak memutar 360 derajat. Konon,  bagi siapapun yang pernah melakukan hal ini, suatu saat kelak bisa kembali ke Milan.

 

Jika hanya ingin berbelanja di outlet-outlet, di kota Milan pun banyak tersedia. Harg-harga barang yang dijual di outlet biasanya jauh lebih murah jika dibanding dengan harga barang yang di jual di butik-butik ternama. Beberapa tempat untuk berbelanja dengan harga yang relatif murah di antaranya : Corso Vittorio Emanuele, Corso Buenos Aires, Via Torino and Corso di Porta Ticinese.

 

Jika anda lelah berbelanja dan jalan-jalan, beristirahatlah di taman depan Galleria. Ada patung pelukis dan ilmuwan Leonardo da Vinci, Kabarnya pelukis itu memang dimakamkan di kota Milan. Di taman ini anda bisa berfoto sepuasnya sambil melepas lelah setelah berjalan-jalan.

 

Setelah puas wisata belanja, kunjungi pula objek wisata di Milan, seperti :

 

Katedral Milan, merupakan katedral Gothic terbesar di dunia, dibangun sejak tahun 1386, namun penyelesaian bangunan ini memakan waktu hingga 500 tahun lamanya. Memiliki 135 menara dan 3.200 patung yang menghiasi atap klatedral. Selain memiliki desain yang unik, Katedral Milan juga menawarkan pemandangan bawah Kota Milan yang dapat dilihat dari atap katedral.

Piazza del Duomo, merupakan alun-alun di mana katedral adalah pusat dari pusat bersejarah kota Milan. Di alun-alun ini juga terdapat  patung Vittorio Emanuele dan perumahan Palazzo Reale, Museum Duomo dan Museum of Contemporary Art.

 

Opera House dan Museum La Scala, merupakan museum yang memiliki koleksi alat musik, gambar, patung, dan musisi. Panggung Opera ini sendiri dibuka setiap hari mulai pukul 9.00 hingga 17.30 waktu setempat. Jika ingin mengunjungi Opera House dan Museum La Scala, harus memesan tiket lebih awal karena umumnya tiket untuk opera La Scala cepat terjual habis

 

Sforza Castle,  menyajikan wisata sejarah, melihat artefak istana dan detail arsitektur seni patung terakhir Michelangelo, koleksi alat musik, dan lainnya.

Sumber 1