Heboh tentang Catalonia yang ingin memerdekakan diri, tidak bisa dilepaskan dari cantiknya wilayah Catalonia dengan obyek wisatanya yang beragam. Catalonia merupakan sebuah wilayah di bagian timur Spanyol yang terdiri dari empat provinsi yaitu Barcelona, Girona, Lleida, dan Tarragona. Catalonia menyumbang hampir seperlima dari ekonomi Spanyol, dan memimpin semua wilayah dan menghasilkan 25% barang ekspor negara tersebut. Ini memberikan kontribusi lebih banyak pada pajak sebesar 21% dari total pendapatan negara. Sehingga Catalonia adalah ujung tombak pariwisata Spanyol dan pasti menimbulkan masalah yang sangat besar jika nantinya merdeka dan menjadi negara sendiri.

Catalonia berada di wilayah pesisir yang memiliki deretan pantai eksotis. Pantai-pantai di Catalonia pun didominasi oleh pantai berpasir putih, serta lautan biru jernih. Sebut saja Costa Dorada, Costa Barcelona dan Costa Brava yang mempunyai fasilitas wisata lengkap ditambah deretan resor ternama. Ada Salou, Sitges, Tossa de Mar, Cadaques dan Lloret de Mar and Roses.

Selain pantai, deretan pegunungan di Catalonia begitu indah dipandang. Datang saja ke Lleida, untuk hiking di musim panas dan bermain salju saat akhir tahun tiba. Jangan lupakan Barcelona. Ibukota dari wilayah Catalonia ini sudah menjadi destinasi liburan favorit para turis. Yang mana per tahunnya, kota Barcelona dikunjungi sekitar 7 juta turis.

‘The capital of Modernism’ begitu julukan yang disematkan pada Barcelona. Lihatlah karya-karya seni di sudut-sudut kotanya seperti Katedral Sagrada Familia, Auditorium Palau de la Musica Catalana, hingga Park Guell. Khusus Katedral Sagrada Familia dan Park Guell, merupakan hasil karya seniman kelas wahid Spanyol, Antoni Gaudi. Bentuk arsitekturnya yang bergaya gothik, membuat turis yang melihatnya pasti jatuh hati.

Kota Barcelona juga memiliki klub sepakbola yang sesuai namanya, FC Barcelona. Salah satu klub terbesar di Eropa dengan pemain jempolan seperti Lionel Messi dan Luis Suarez. Stadionnya, Camp Nou punya tur keliling stadion yang siap memanjakan turis.

Sumber 1