Hamburg merupakan kota terbesar kedua di Jerman dan kota terbesar ke-8 di Uni Eropa. Selain itu Hamburg juga menduduki posisi penting dalam bidang keuangan selama beberapa abad. Bank tertua kedua di dunia ada di sini yaitu Bank Berenberg. Berdasarkan survei kualitas hidup yang diselenggarakan oleh The Economist di tahun 2016, Hamburg merupakan salah satu dari 10 kota ternyaman di dunia untuk dijadikan tempat tinggal.

Tentunya Piknikers harus memasukkan Hamburg sebagai salah satu kota tujuan wisata jika berkunjung ke Jerman, selain karena penasaran seperti apa kota yang termasuk ternyaman di dunia, banyak obyek wisata menarik yang patut dikunjungi.

1. Pelabuhan Hamburg.
Pelabuhan Hamburg yang berusia lebih dari 800 tahun merupakan salah satu pelabuhan yang terbesar di dunia karena Hamburg merupakan salah satu pintu ekonomi bagi Eropa Utara. Pelabuhan Hamburg yang menduduki posisi ketiga terbesar di Eropa, setelah Rotterdam di Belanda dan Antwerp di Belgia.
Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini yaitu berkeliling dngan kapal, berjalan-jalan sepanjang tepi pantai, dan makan malam seafood yang enak di Restoran Rive yang menawarkan pemandangan pelabuhan.

2. Gereja St Michaelis.

Gereja St Michaelis adalah salah satu simbol Kota Hamburg, Jerman. Dibangun sekitar abad ke-17, bangunan tua ini telah menjadi simbol kebanggaan warga kota yang digunakan untuk kepentingan gereja atau konser. Dari menara setinggi 82 meter, Anda bisa melihat sebagian besar pelabuhan dan danau Alster.

3. Danau Alster.

Danau seluas 160 haektar in berlokasi di tengah kota sehingga mudah dikunjungi oleh wisatawan. Menjadi tujuan utama bagi penduduk untuk bersantai dan melakukan aneka aktivitas seperti kano berkeliling danau dengan menggunakan boat.

4. Miniatur Wonderland.
Miniatur Wonderland merupakan miniatur mainan yang terbesar di Jerman, bahkan di dunia. Miniatur ini dibagi menjadi lima bagian yaitu Jerman Selatan, Hamburg dan pantainya, Amerika, negara-negara Skandinavia, dan Swiss. Miniatur ini berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter persegi. Mainannya sendiri memiliki luas 1.500 meter persegi sehingga dinobatkan sebagai miniatur terbesar di dunia.

5. Museum Seni Hamburg.
Untuk penyuka seni, silahkan mampir ke Museum Seni Hamburg yang mempunyai koleksi lukisan dari abad ke-19 dengan karya-karya dari Max Liebermann, Lovis Corinth, Philipp Otto Runge, Caspar David Friedrich, dan Adolf Menzel. Sedangkan The Gallerie der Gegenwart dikhususkan untuk seni modern dari awal abad ke-20 seperti Pablo Picasso, Paul Klee, dan Max Beckmann.

6. Blankenese.
Blankenese adalah tempat wisata di Hamburg yang indah di tepi utara Sungai Elbe. Sekali waktu tempat ini menjadi sebuah desa nelayan yang disukai oleh kapten kapal pensiunan. Tempat ini sangat populer di kalangan masyarakat setempat sebagai lokasi liburan akhir pekan dan beberapa orang terkaya di Hamburg tinggal di sini. Desa ini memiliki sejumlah kafe, bioskop, restoran, tokotoko, dan pasar mingguan yang menjual buah-buahan serta sayuran segar.

Untuk transportasi di Hamburg bisa menggunakan Hamburg Card. Dengan Hamburg Card kita bisa naik transportasi publik di Hamburg secara gratis seperti bus, kereta (subway dan komuter), shuttle bus dan ferry. Mendapatkan diskon sebesar 29 % untuk ikut tur pelabuhan, tur sungai Elbe, dan tur dalam kota. Makan di restoran, membeli suvenir di tempat-tempat yang bekerja sama dengan Hamburg Card akan diberi 20% diskon. Diskon 25% diberikan untuk pertunjukan musik dan teater, bahkan diskon yang diberikan bisa hingga 50% terutama untuk objek-objek wisata seperti museum. Hamburg Card bisa didapatkan di Pusat Info Pariwisata Hamburg (Tourist Information Center), Hotel, atau via online. Kartu wisata ini tersedia dalam dua variasi, yaitu single ticket dan group ticket. Single ticket berlaku untuk satu orang (dapat juga digunakan untuk 1 orang dewasa dan 3 anak-anak dibawah 15 tahun), sedangkan group ticket berlaku hingga 5 orang dewasa. Kedua jenis kartu tersebut memiliki pilihan jangka waktu 1 hari, 3 hari, dan 5 hari. Harga kartu mulai € 8,90 untuk 1 hari single ticket dan € 14,90 untuk 1 hari group ticket. Valid time berlaku sejak dibeli hingga pukul 06.00 keesokan harinya untuk masa berlaku 1 hari. Tiket 3 hari dan 5 hari maka berlaku hingga pukul 06.00 2 hari dan 4 hari berikutnya.

Sumber :

Sumber 1

Sumber 2