Kuliner khas Bangka

 

Tak afdol rasanya, berwisata tanpa mencicipi kuliner khas daerah wisata setempat dan menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh untuk orang terdekat. Kuliner dan makanan khas Bangka tidak jauh dari hasil olahan ikan dan hasil laut lainnya. Yang pasti piknikers jangan sampai ketinggalan informasi makanan apa saja yang menjadi khas Bangka. Berikut, kuliner dan makanan khas Bangka yang dikemas oleh PiknikAsik.

 

  1. Es Anggrek

Buat piknikers pecinta minuman es, coba deh Es Anggrek. Es Anggres dibuat dengan cara diblender dan disiram oleh sirup buatan sendiri. Rasanya lembut dan segar apalagi ditambah dengan kacang merah yang utuh dan tak terasa lunak. Nikmat, lezat! Apalagi kalau menyantap es ini saat cuaca panas, pas sekali. Es Anggrek ini diambil dari nama restoran tempat es dibuat.

  1. Otak-otak Kon Kim

Bangka terkenal dengan makanannya yang berkomposisi ikan dan hasil laut lainnya. Ikan dan hasil laut diolah yang salah satunya adalah Otak-otak Kon Kim. Kenikmatan dari olahan ikan terasa lebih nyata di lidah karena memang dibuat dengan lebih banyak menggunakan ikan daripada sagu. Rasanya yang mantap tambah lebih lezat dan menggoyang lidah bisa dicocol ke saus kacang atau tauco.  Sluurp! Wajib kamu coba, piknikers.

  1. Getas

Getas atau disebut juga dengan kletek sangat terkenal sebagai jajanan Bangka. Getas ini terbuat dari sagu, ikan, garam, dan bumbu lainnya. Getas ini cocok untuk cemilan. Kebanyakan bentuknya lonjong atau bulat. Piknikers tidak akan kesulitan untuk menemukan makanan Getas ini karena makanan ini termasuk makanan oleh-oleh khas Bangka.

  1. Empek-empek

Ternyata Bangka pun mempunyai penganan Empek-empak. Namun berbeda dengan Empek-empek khas Palembang, Empek-empek khas Bangka terbuat dari ikan parang-parang atau tenggiri. Empek-empek khas Bangka dibentuk bulat memanjang dan bisa dinikmati setelah direbus atau digoreng. Bakal menambah nikmat bila dicocol pakai sambal tauco, sambal biasa, atau sambal terasi. Karena biasanya empek-empek ini dibuat tanpa bahan pengawet, maka jika piknikers ingin menjadikannya oleh-oleh, harus langsung segera dikonsumsi karena mungkin hanya bisa bertahan 1-2 hari.

  1. Kemplang

Kemplang adalah kerupuk berbahan ikan tenggiri atau cumi dengan tambahan sagu dan dibentuk bulat, segi empat dan kotak. Kemplang ini bentuknya tak hanya bulat saja tetapi juga ada yang segi empat dan kotak. Rasa ikannya terasa sekali. Kerupuknya orang bangka ini bisa dinikmati setelah digoreng pakai minyak atau pasir dan dipanggang. Kemplang ini biasa juga jadi makanan oleh-oleh khas Bangka

  1. Kritcu

Bahan pembuatan makanan ringan khas Bangka satu ini adalah menggunakan telur cumi berkualitas. Kerupuk telur cumi berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebesar jemari ini sangat nikmat dijadikan cemilan. Banyak diminati wisatawan yang berkunjung ke Bangka.

Sumber 1