Destinasi pantai sedang naik daun sebagai destinasi wisata favorit generasi sekarang. Bangka belitung bisa menjadi pilihan kamu, piknikers. Bangka Belitung bukan hanya soal pulau Lengkuas dan Museum Kata yang terkenal itu, tetapi ternyata masih banyak pantai dan pulau yang harus kamu kunjungi selagi di Bangka. Berikut adalah rekomendasi yang dirangkum oleh PiknikAsik :

  1. Pulau Lampu adalah pulau kecil di Bangka yang masih alami dan tidak berpenghuni. Pulau ini termasuk pulau kecil, ukurannya hampir sama dengan pulau Lengkuas dan memiliki mercusuar pula. Oleh masyarakat setempat, pulau Lampu disebut pulau Pelepas karena biasanya menjadi tempat nelayan melepas lelah sehabis mencari ikan. Airnya jernih dan bersih. Segar sekali jika piknikers berenang di pantai pulau Lampu. Kalau ingin ke sana, piknikers menyewa perahu dan untuk harga sewanya tergantung dari kesepakatan piknikers dan pemilik perahu. Oh, ya, jangan lupa bawa perbekalan yang cukup. Karena jarang ditemukan tempat makan di sini. Lokasi pulau Lampu berada di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.
  2. Pantai Matras termasuk salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke Bangka Belitung. Pantai yang terletak di desa Sinar baru, kecamatan Sungailiat ini sangat cantik hingga dijuluki pantai surga. Hamparan pasir putih membentang sepanjang 3 km dengan lebar antara 20-30 meter. Hijaunya Pantai Matras yang dihasilkan oleh kumpulan pohon kelapa di sekitarnya serta aliran sungai jernih yang ada di pantai ini menambah keindahan pantai Matras ini. Tiket masuknya antara Rp 2000,- sampai dengan Rp 5000,- per orang. Jalanan menuju pantai Matras ini sudah beraspal jadi bakal nyaman berkendara ke sana. Jangan lupa untuk mengunjungi pantai Matras ini ketika piknikers berkunjung ke Bangka ya.Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat.
  3. Pantai Tikus. Walaupun namanya pantai Tikus tetapi aslinya di pantai ini tidak tikus, yang ada malahan pemandangan pantai yang indah dan masih alami, apalagi pemandangan pantai ketika matahari terbenam. Wuih, cantik sekali! Pasir putih bersih pantai disertai batuan granit dan berdampingan dengan sebuah bukit yang dikenal dengan Bukit Rebo. Pantai ini berlokasi di Desa Rebo, Sungailiat, Bangka. Wajib dikunjungi ketika piknikers berkunjung ke Bangka.
  4. Pantai Teluk Uber, karena Bangka memang dikelilingi oleh perairan maka masih ada lagi rekomendasi pantai yang piknikers harus kunjungi selagi berada di Bangka. Ada lagi pantai Teluk Uber mempunyai pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai lain di Bangka. Pantai yang berukuran kurang lebih 25 hektar dengan pepohonan yang ada di sekitarnya dan perahu-perahu nelayan di area pantai memberikan kecantikan tersendiri apalagi ketika piknikers menyaksikan matahari terbit dan terbenam di pantai Teluk Uber. Cantik dan instagrammable!

Berbeda dengan pantai yang lain, pantai ini menyediakan penginapan, tetapi hanya 10 kamar saja.

  1. Pantai Tanjung Bunga berjarak 2,5 km dari pantai Pasir padi yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun sewaan. Pantai ini tergolong dalam pantai landai dihiasi dengan bebatuan menambah cantik pantai ini apalagi dengan perbukitan di sekitarnya. Piknikers pun bisa melihat kapal barang dan kapal penumpang yang lalu lalang di laut lepas Pantai Tanjung Bunga menuju ke pelabuhan Pangkal Balam.

Karena Bangka Belitung merupakan daerah yang dikelilingi oleh lautan dan pantai-pantai, masih banyak lagi pantai cantik yang bisa piknikers kunjungi. Dan yang pasti piknikers tidak akan bosan selama berlibur bersama keluarga dan orang terkasih di Bangka Belitung. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Bangka Belitung.

Happy PiknikAsik Piknikers!

Image Source

Sumber 1