Berbeda dengan kota-kota modern, Barcelona tak punya ‎gedung pencakar langit. Rata-rata tinggi gedung di kota terpadat nomor dua di Spanyol ini kira-kira tak lebih dari 15 lantai dan kebanyakan merupakan bangunan tua yang berasitektur kuno. Hal itulah yang membuat Sagrada menjadi bangunan yang menarik perharian. Bangunan gereja Katolik ini memiliki tinggi 170 meter.
Antoni Gaudi mewariskan sebuah masterpiece yang tak terselesaikan bagi para penerusnya. La Sagrada Familia, salah satu landmark yang paling populer di Barcelona. Pembangunannya yang belum selesai justru semakin menjadi misteri bagi wisatawan yang berkunjung kesana.

Sejak kecelakaan tragis yang merenggut nyawa sang kreator, Antoni Gaudi, di tahun 1926 tercatat sudah ada 9 arsitek yang meneruskan pembangunan Basilica La Sagrada Familia. Mereka semua masih menerka-nerka apa sebenarnya yang ada dalam pikiran Gaudi saat membangun gereja raksasa tersebut. Sebelum kematiannya, Gaudi baru mampu menyelesaikan tampak muka bangunan berupa relif yang menceritakan kelahiran Yesus, satu menara, ruang bawah tanah, dan apsis (bagian bangunan yang berbentuk setengah kubah). Selama membangun katedral raksasa ini sejak tahun 1882, Gaudi terkenal suka merubah-rubah desain mahakaryanya itu. Gambar-gambar ide konstruksi La Sagrada Familia yang dibuat Gaudi pun hancur terbakar saat perang saudara Spanyol berlangsung.

Hingga saat ini La Sagrada Familia masih dalam tahap pembangunan dan diperkirakan baru akan selesai pada tahun 2026. Meskipun begitu, Basilica raksasa ini sudah ramai dikunjungi turis. Tak jarang pula mengundang decak kagum atas setiap detail yang tersaji. La Sagrada Familia mampu menampung hingga 13.000 orang dan setelah selesai nantinya akan memiliki 18 menara yang masing-masing ketinggiannya mencapai 90 – 120 meter. Piknikers dapat melihat bagian tengah gereja yang ditopang pilar-pilar raksasa, platform menara yang super tinggi, serta ruang bawah tanah di mana Gaudi disemayamkan.

La Sagrada Familia terletak di Calle Mallorca 401, yang dapat dicapai dengan naik subway L5 line biru dan L2 line ungu menuju Sagrada Familia. Gereja dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 09.00 – 20.00 pada bulan April – September. Sedangkan mulai Oktober – Maret, waktu operasional hanya sampai pukul 18.00 dan pada hari-hari besar keagamaan hanya buka hingga pukul 14.00. Harga tiket masuk pintu utama La Sagrada Familia sebesar € 14,80 tetapi jika Anda juga ingin menaiki menaranya maka harga tiket menjadi € 19,30. Untuk menghindari antrian panjang, kita dapat booking tiket via online.

Sumber 1