Kebanyakan orang tidak ingin mengingat masa lalunya apalagi masa lalu cinta yang menyakitkan hati. Eits, jangan salah, masa lalu yang ini bakal bikin kamu penasaran dan berdecak kagum. Namanya Stonehenge, berlokasi di Inggris, lebih tepatnya Wiltshire.

Stonehenge adalah situs terkenal di Inggris yang terdiri dari kumpulan batu-batu besar dan tinggi yang tegak berdiri membentuk lingkaran. Bangunan batu tersebut diduga dibangun pada zaman perunggu dan neolitikum. Berdasarkan penanggalan radiokarbon didapat bahwa batu pertama didirikan antara 2400 SM hingga 2200 SM, ada pula yang berpendapat Stonehenge berdiri pada tahun 3000 SM hingga 2000 SM.

 

Karena misteri dan masa lalunya, UNESCO menetapkan Stonehenge sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1986.

Bayangkan saja, piknikers, Stonehenge terdiri dari batu besar di mana salah satunya setinggi 9 meter dengan berat 6 ton, manusia raksasa kah yang memindahkan dan membangun sekumpulan batu tersebut?

Dari beberapa teori yang beredar tentang misteri tersebut, diantaranya bahwa ada legenda dan mitos yang berkembang dari bagian Stonehenge yaitu Batu Tumit (The Heel Stone), yang oleh masyarakat setempat dikenal pula dengan nama Friar’s Heel. Menurut ceritanya adalah bahwa batu tersebut tercipta karena Iblis melemparkan batu ke arah pendeta namun batu tersebut hanya terkena tumit sang pendeta. Selain itu ada cerita lain yang mengatakan bahwa Stonehenge terkait dengan legenda Raja Arthur. Geoffrey dari Monmouth berkata bahwa tukang sihir Merlin telah mengurus pemindahan Stonehenge dari Irlandia, di mana ia telah dibangun di Gunung Killaraus oleh raksasa yang membawa batu-batu tersebut dari Afrika. Setelah dia mendirikan batu tersebut berdekatan Amesbury, Geoffrey menceritakan dengan lebih lanjut bagaimana Uther Pendragon, kemudian Konstantinus III, dikebumikan di dalam lingkaran batu tersebut. Dalam karangannya, Historia Regum Britanniae, Geoffrey mencampurkan legenda Inggris dan khayalannya pada banyak tempat. Di buku tersebut juga dia mengaitkan Ambrosius Aurelianus dengan monumen prasejarah ini, berdasarkan bukti nama yang mirip antara Ambrosius dengan Amesbury.

Bakal lebih bikin penasaran kalau piknikers ke situs Stonehenge langsung.

 

Perjalanan menuju dan dari Stonehenge biasanya diatur dalam tur. Piknikers akan mudah untuk dapatkan informasi tur tersebut di London karena memang banyak agen tur di London yang menawarkan paket Stonehenge tersebut. Stonehenge merupakan situs dan destinasi wajib Inggris dan London.

Yuk buruan ke sana dijamin gak bakal menyesal dan bisa tambah keeksisan piknikers di dunia media social. Untuk urusan tiket, piknikers bisa percayakan ke Golden Rama, karena agen perjalanan Golden Rama bakal atur perjalanan piknikers menuju dan dari Inggris terlebih sekarang ini Golden Rama sedang ada promo loh. Promo ini bekerjasama dengan kartu kredit ANZ. Keterangan lebih lanjut kamu bisa kunjungi situs ANZ.