Mungkin Piknikers tidak menyadari bahwa tanggal 24 Oktober adalah hari lahirnya Perserikatan Bangsa-Bangsa dan tahun ini menginjak usia 72 tahun. Gedung PBB terletak di New York dan merupakan salah satu daribangunan-bangunan di New York yang dapat dikunjungi wisatawan. Yuk kita intip sejarahnya.

United Nation Headquarter atau kantor pusat PBB adalah sebuah kompleks bangunan yang berfungsi sebagai kantor pusat badan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB yang terletak di tepi selat East River, di kawasan Turtle Bay, Manhattan, New York. Meskipun berada di kota New York, area yang ditempati oleh kantor pusat merupakan wilayah teritori independen dibawah administrasi PBB dan secara resmi tidak termasuk wilayah New York atau Amerika serikat. Selain kantor pusat di New York, PBB memiliki 3 kantor pusat cabang atau regional lainnya yang masing-masing terletak Jenewa/Geneva (Swiss), Vienna (Austria) dan Nairobi (Kenya).

Kompleks kantor pusat PBB di New York menempati area seluas 69.000 m2 yang berada di tepi selat East River. Lahan ini dibeli dengan harga 8,5 juta dollar Amerika Serikat dari dana yang disumbangkan oleh John D Rockefeller Jr salah satu orang dan keluarga terkaya di AS. Kompleks ini terdiri dari 4 bangunan utama, yaitu gedung Sekretariat, Majelis Umum (General Assembly), Konferensi dan Dag Hammarskjold Library (DHL). Bangunan-bangunan ini dibangun secara bertahap antara tahun 1948-1952, dengan mengandalkan sejumlah sejumlah arsitek terbaik dari berbagai negera untuk mendesainnya. Salah satu bangunan yang paling menonjol dari 4 bangunan ini adalah gedung Sekretariat yang terlihat berwarna biru dengan bentuknya yang tinggi melebar dan tipis seperti papan balok. Bangunan inilah yang menjadi ikon kantor PBB. Ciri lain dari kantor PBB ini adalah adanya deretan tiang bendera dari 193 negara anggota PBB dan bendera PBB sendiri. Bendera-bendera ini diurutkan berdasarkan alfabet nama negara dalam bahasa Inggris dimulai dari Afganistan sampai Zimbabwe. Deretan bendera ini dilihat di tepi pagar kompleks UN Headquarter di sepanjang 1st Avenue antara 48th street dan 42nd street.

Komples UN Headquarter ini juga terkenal dengan tamannya yang terletak di tepi East River. Taman ini dihiasi dengan patung-patung keren yang berupa sumbangan dari berbagai negara. Gedung UN ini banyak muncul di film-film seperti The Intepreter, Batman, Live and Let Die dan lain-lain. Malah the Intepreter mengambil lokasi syuting di dalam gedung PBB.
Wisatawan yang berkunjung ke gedung PBB ini dapat mengikuti tur keliling dengan dipandu oleh pemandu khusus yang berlangsung selama satu jam. Jika Piknikers berkunjung ke sini, jangan lupa mampir membeli souvenir khas UN di toko souvenir di Visitor Centre di gedung Dag Hammarskjold Library.

Sumber 1