Cinque Terre yang terletak di Provinsi La Spezia, Liguaria, Italia Utara menjadi salah satu warisan dunia yang ditetapkan UNESCO. Cinque Terre sendiri berarti lima desa yaitu Riomaggiore, Manarola, Corniglia, Vernazza dan Monterosso. Dahulu, desa-desa ini sangat terisolasi dan hanya bisa dicapai melalui laut karena bangunan di desa ini berdiri di atas batu karang. Ssetelah dibuka jalur kereta yang membelah gunung, pada tahun 1870-an, desa-desa ini bisa dicapai. Pemandangan deretan rumah warna warni yang terletak di pinggir tebing dengan latar belakang laut biru sungguh menakjubkan. Benar-benar layak disebut sebagai desa terindah.
Desa pertama yang biasanya didatangi adalah desa yang terletak paling utara, yaitu Monterosso. Monterosso memiliki pantai berpasir. Susurilah pinggir pantai dan ketika kaki sudah lelah mampir ke salah satu kedai kopi disana. Jangan lupa mencicipi gelato yang nikmat di desa berikutnya.
Di antara kelima desa di Cinque Terre di Desa Manarola dan Riomaggiore paling menarik bagi pasangan yang berkunjung karena di antara kedua desa terdapat La Via de’ll Amore (lovers pathway), jembatan penghubung dua desa yang di kanan kirinya dipenuhi aneka gembok yang tertulis nama pasangan. Setelah memasang gembok, lemparlah kunci ke laut sebagai tanda keabadian. Konon, La Via de’ll Amore ini dibuat untuk menghubungan para pasangan yang tinggal terpisah di dua desa itu. Ketika jembatan ini selesai dibuat, para pasangan pun berbahagia karena memudahkan mereka untuk saling bertemu.
Untuk menuju Cinque Terre paling mudah dijangkau dari kota Pisa. Dari kota Pisa menuju La Spezia, kota besar sebelum Cinque Terre, berjarak sekitar 80 km, dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kereta api.
Untuk masuk ke area Cinque Terre kita bisa membeli Cinque Terre Card seharga 12 euro, yang dapat dibeli di loket tiket stasiun La Spezia. Tiket terusan ini sudah termasuk tiket untuk semua transportasi dan tiket masuk taman nasional serta museum-museum di Cinque Terre. Ada pula paket 2 hari dengan harga 19 euro. Jika mengambil paket dua hari pastikan sudah mendapat penginapan di sana. Silahkan browsing untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan kantong.
Saat terbaik kunjungan adalah saat musim semi atau permulaan musim panas, yaitu antara bulan April – Juni. Pada musim panas, Juli – Oktober, desa ini penuh oleh wisatawan. Harga akomodasi pun akan lebih mahal dan antri lebih lama jika ingin masuk ke museum atau spot wisata lainnya. Selain itu cuaca juga lebih panas.

Sumber :
http://www.aktual.com/cinque-terre-tempat-wisata-romantis-di-italia/
https://www.femina.co.id/article/warna-warni-cinque-terre