Jika kita berwisata ke luar negeri , walking tour adalah salah satu aktivitas yang paling diminati wisatawan. Kita bisa mengunjungi obyek-obyek wisata di suatu kota dan mengetahui sejarahnya karena ada pemandu yang memberikan informasi. Walking tour ini tidak semuanya gratis, ada pula yang berbayar dan jikapun berjudul free tapi tidak serta merta free, melainkan ada tips sukarela yang diberikan kepada pemandu ketika tour telah selesai. Informasi mengenai free walking tour di suatu kota bisa dengan mudah dicari di laman google.

Conpenhagen juga menawarkan free walking tour dengan meeting point di City Hall. http://www.neweuropetours.eu/copenhagen/en/home?&Tour=646&date=26/10/2017
Ada beberapa rute yang berbeda dengan jam yang berbeda pula. Salah satu diantaranya adalah Grand Tour of Copenhagen yang berlangsung selama 3 jam, dimulai jam 10 pagi. Orang yang akan memandu kita akan membawa payung warna hijau bertuliskan Copenhagen Free Walking Tour, sehingga dapat dengan mudah dikenali. Untuk satu rute terdapat beberapa group tour.

Tour ini melewati tempat menarik dan bersejarah di Copenhagen. Sang tour guide tidak hanya meceritakan sejarah obyek wisata yang kita datangi, tetapi juga mengajarkan bahasa Denmark sehari-hari , memberikan tips-tips menarik untuk berhemat selama di Copenhagen, letak toilet gratis, money changer yang tidak mengenakan komisi, lokasi sewa sepeda yang murah, dan tempat makan enak dan lain-lain. Walking Tour ini sangat direkomendasikan untuk memulai perjalanan wisata di Copenhagen.

Setelah melewati jalan dan gedung-gedung bersejarah, tour menuju ke Nyhavn, pelabuhan yang menjadi icon Copenhagen dan sangat terkenal. Pada jaman dulu area ini terkenal sebagai red light district area di Copenhagen. Tapi sekarang menjadi pusat turis dan banyak sekali café serta restoran. Ada juga kapal pesiar maupun kapal terbuka yang membawa turis berkeliling. Di dekat Nyhavn terdapat rumah HC Andersen. Tour ini juga melewati jembatan yang menuju ke arah Papiroen.

Tujuan akhir free walking tour adalah Amalienborg Palace, Istana yang menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan Denmark. Istana ini terdiri dari empat bangunan megah dan artistik yang tersusun secara oktagonal. Sebuah patung monumen equestrian King Frederik V berdiri tepat di tengah Amalienborg Palace. Pada pukul 12.00 siang waktu Denmark ada prosesi pergantian pengawal istana. Jika tour selesai pada pukul 12 kita bisa menyaksikan prosesi tersebut.

Sumber