Portugal tidak hanya memiliki Kastil Marvao, tetapi ternyata juga memiliki kastil lain yang menarik untuk dikunjungi, namanya Guimarães Castle. Dinamai Guimaraes sesuai dengan nama kota Kastil itu berada. Kota Guimarães berada di sebelah utara Portugal.

Seperti kastil Marvao yang memberikan ketenangan jiwa, kastil ini juga bakal mampu membawa diri piknikers melayang jauh ke negeri masa abad pertengahan. Tentu saja ini dikarenakan memang Guimarães Castle dibangun pada abad pertengahan lebih tepatnya pada abad ke-10 atas perintah Mumadona Dias.

Guimarães Castle ini memiliki cerita yang menarik, perpaduan dari legenda, uisi dan kepahlawanan yang mengelilingi awal sejarah bangsa Portugis.

Pada sekitar tahun 968, Mumadona Dias, seorang perempuan bangsawan Galicia, memerintahkan untuk membangung sebuah benteng di Guimarães sehingga penduduk bisa berlindung dari serangan yang dilancarkan oleh gerombolan Viking melalui laut dari utara Eropa dan orang-orang Muslim, yang melakukan penyerangan dari wilayah yang mereka tempati di selatan. Sampai akhir abad ke-14, banyak pertempuran heroik terjadi di Guimarães Castle untuk mempertahankan integritas kerajaan Portugal yang baru dibentuk, kemerdekaannya terancam oleh serangkaian perselisihan dinasti dengan Kastilia. Dengan kemunculan bentuk artileri baru, benteng Guimarães, seperti banyak orang lainnya pada saat itu, menyaksikan awal akhir masa kejayaannya. Kemudian Guimarães Castle mulai ditinggalkan dan mengalami kerusakan akibat waktu dan diabaikan, namun pada awal pertengahan abad ke-20, kastil ini direvitalisasi keagungan dan keindahan aslinya.

Guimarães Castle ini memang terbilang cukup terisolasi dengan berada di sebuah bukit kecil yang tercipta secara alami dari batu granit serta taman hutan kecil yang mengelilinginya. Namun, piknikers tidak perlu kuatir  karena ada sejumlah jalur pejalan kaki yang bisa ditempuh demi mengakses lokasi ini.

Menarik kan, piknikers?

Guimarães Castle dibuka dari hari Selasa hingga Minggu dengan jam operasional mulai dari 10 pagi sampai 6 sore waktu setempat. Guimarães Castle biasanya tutup di hari Senin dan hari-hari libur tertentu lainnya, seperti pada Hari Paskah Minggu, 1 Januari, 1 Mei, dan 25 Desember. Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk bisa masuk ke dalam Guimarães Castle ini.

Keterangan lebih lengkap, piknikers bisa menghubungi pengelola melalui E-mail: pduques@culturanorte.pt atau kunjungi Website http://pduques.culturanorte.pt/pt-PT/castelo/ContentDetail.aspx

 

https://www.visitportugal.com/en/NR/exeres/475E34EC-E4AD-4BE1-A8F6-58F55B138A0D