Siapa yang tidak menolak bila diundang makan oleh seseorang? Apalagi diundang makan oleh orang Italia di Italia, siapa yang tidak tergoda untuk mengiyakannya? Terlebih masakan Italia sudah terkenal enaknya, pasti kamu tidak akan menolak. Namun sebelum piknikers memulai makan, piknikers harus tahu adab dan etika makan orang Italia biar ga malu-maluin.

Persoalan menghadiri undangan makan orang Italia apalagi langsung di negara Italia sendiri bukan soal datang, duduk, makan, mengobrol dan pulang seperti kebanyakan orang Indonesia. Nah, jadi penasaran kan apa sik bedanya diundang makan sama orang Italia?

Perbedaannya adalah bahwa ketika diundang makan oleh orang Italia, kamu diwajibkan untuk menerima alias tidak menolak setiap makanan yang disuguhkan dengan alasan apapun termasuk alasan “sudah kenyang”atau “nanti saja” apalagi Cuma mengiyakan saja.

Jangan kaget karena kamu harus menghabiskan beberapa sajian seblum akhirnya kamu bisa mengucapkan terimakasih dan berpamitan pulang kepada tuan rumah.

Makan dimulai dengan makanan pembuka yang terdiri dari roti dan keju ,serta minuman ringan. Usahakan kamu tidak kenyang dan menahan nafsu untuk tidak makan banyak karena bakal ada sajian kedua. Sajian kedua atau main course –nya biasanya disajikan spaghetti dengan saus tomat dan daging giling yang pasti mamamia lezatos. Jangan terburu-buru untuk menjadi kenyang karena masih ada sajian lagi yaitu makanan penutup. Biasanya makanan penutup berupa kue atau makanan ringan dan piknikers diwajibkan untuk menghabiskan demi menghormati si pengundang. Setelah makan penutup datang, piknikers bakal disajikan minuman penutup berupa es krim cokelat alias gelato asli Italia

Apakah perut piknikers belum berasa kenyang? Tenang saja, sajian terakhir dan penutup, piknikers akan disuguhkan Capuccino.

Nah, bagaimana piknikers? Terbayang dong betapa kenyangnya. Hokum etika wajib bila diundang orang Italia adalah piknikers sebisa mungkin untuk tidak menolak dan menghabiskan setiap sajian yang disuguhkan makanya makanya piknikers harus bisa menjaga porsi asupan demi menghormati sang tuan rumah.

Semoga tips ini bisa membantu piknikers mengenal budaya orang Italia.

selamat bersenang-senang!

https://www.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43/hati-hati-bila-diundang-makan-oleh-orang-italia_55bfaa492223bd330cedff92