Jika berlibur saat musim dingin di negara Eropa adalah saatnya untuk melihat fenomena alam Aurora Borealis. Kesempatan langka yang harus dialami sekali seumur hidup.
Aurora adalah fenomena alam yang hanya muncul di langit belahan bumi utara. Cahaya utara ini juga dikenal sebagai “Aurora Borealis” atau fajar utara (Dawn of the North). Secara ilmiah, aurora terjadi saat medan magnet bumi bertabrakan dengan udara yang mengalir dari matahari. Gesekan itu menyebabkan perpindahan energi yang menghasilkan belahan bumi utara bersinar, tepatnya di sekitar kutub. Aurora memiliki kombinasi warna kuning, pink, merah, biru, ungu, hijau. Saking uniknya, aurora yang indah sering disebut-sebut di mitologi Yunani sampai dongeng Indian.

Menurut sharingtravelexperiences.com, berikut 3 tempat di Eropa yang merupakan tempat terbaik untuk melihat aurora borealis :

1. Finlandia
Saariselkae yang terletak di Lapland, bagian utara Finlandia adalah tempat yang tak kalah indah untuk menikmati aurora. Negara ini adalah negara dengan angka polusi yang kecil. Dengan keadaan ini, langit utara Finlandia bisa mempesona para turis dengan menyajikan aurora yang luar biasa selama sekitar 200 malam dalam setahun.
Selain menikmati aurora, Anda juga bisa menaiki kereta salju yang ditarik rusa, mengemudikan mobil salju atau menontoni kawanan anjing husky. Bulan-bulan terbaik mengunjungi Saariselkae adalah sekitar November sampai Maret. Khususnya pada saat udara bersahabat dan langit cukup bersih.

2. Norwegia
Norwegia menjadi tempat terbaik diantara tempat lainnya untuk melihat cahaya utara. Ada beberapa kota di Norwegia yang menawarkan pemandangan aurora, namun yang terbaik adalah Tromso.
Tromso menyajikan festival yang ditujukan untuk menghormati dewa fajar. Pada saat fajar pertama menyentuh tanah Tromso, festival cahaya utara dimulai. Festival ini dirayakan di seluruh wilayah Tromso dan diisi dengan musik, makanan dan cemilan.
Tromso terletak di 571 km dari lingkaran Artik. Aurora Borealis bisa dilihat sekitar pukul 18.00 sore sampai pukul 1.00 malam setiap dua kali sehari. Cuaca memiliki peran penting dalam pertunjukan aurora, jadi sering-seringlah melihat perkiraan cuaca.
Januari adalah bulan terbaik untuk berkunjung. Ingat, udara Tromso benar-benar dingin, pastikan Anda membawa persediaan baju dingin yang cukup.

3. Islandia

Islandia menawarkan pemandangan aurora yang spektakuler. Bertempat di dekat Kota Reykjavik, daerah ini menyediakan beberapa tur yang membawa kita ke pinggir kota. Tur ini akan mengajak kita menikmati alam perawan yang belum tersentuh polusi. Sehingga pengalaman melihat aurora menjadi tidak terlupakan. Malam-malam cerah di Islandia terjadi di bulan September sampai Maret.

Sumber :
https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1775031/5-tempat-terbaik-untuk-melihat-aurora