Halo Piknikers,
Tamu PiknikAsik kali ini adalah Ira Lathief, beliau adalah Pemandu Wisata/ Pemimpin Perjalanan (Tourist Guide/ Tour Leader), Penggerak Pariwisata & Budaya, juga aktif sebagai Penulis, Pengusaha Kuliner (pemilik D’Marco Martabak) serta Pendidik (Dosen Freelance/ Dosen Tamu/ juga Trainer di berbagai institusi). Setahun belakangan aktif sebagai Food and Travel Blogger, www.creativetraveler.id

Sebagai pendiri Jakarta Food Traveler, pada akhir minggu Ira selalu mempunyai tamu yang dipandunya mengikuti rute-rute wisata yang menarik seputar kota Jakarta. Jakarta Food Traveler didirikan pada awal tahun ini, dengan tujuan untuk lebih mengenalkan kota Jakarta (sejarah, budaya, dan lain-lain), melalui makanan, jadi mengenalkan kuliner Indonesia kepada dunia melalui wisatawan-wisatawan asing yang datang ke Jakarta. Pada akhirnya setelah berjalan peminat food tour ini banyak sekali dan dari berbagai kalangan.

Food Tour yang dipandu Ira dikemas dengan wisata kuliner sambil berjalan kaki di setiap kawasan yang telah ditetapkan dalam jadwal. Selain mengenal makanan khas di rute tersebut juga untuk mengenalkan sejarah dan akulturasi budaya berbagai bangsa, contohnya rute kawasan Glodok (Old Chinese Town), Kota Tua (Old Batavia ), Pasar Baru (Little India), Cikini (Little Arab), Kampung Tugu (Portuguese Village), dan sebagainya. Contohnya saat di rute Kota Tua itu kental sekali pengaruh Belanda, di Glodok kental pengaruh budaya Tionghoa, dan di Kampung Tugu- Jkt Utara, sangat kental pengaruh budaya Portugis.

Menjadi Tour Guide pastinya membawa Ira kerap kali traveling ke luar negeri dan berusaha menerapkan pengalaman yang diperolehnya di Indonesia. Salah satunya program Food Tour ini dimana konsep “Food Tour” itu adalah hal yang umum dijumpai di kota kota besar dunia seperti di Paris, Italia dan lain-lain, untuk mengenalkan budaya suatu bangsa kepada wisatawan asing yang datang. Bahkan di Italia, ada Food Tour yang spesifik dan dikemas secara tematik seperti Pizza Tour, Pasta Tour atau Gelatto Tour.

Berikut petikan wawancara PiknikAsik dengan Ira Lathief :
Apa saja website traveling favorit dalam dan luar negeri favorit mbak Ira dan alasannya?.
Website traveling favorit saya adalah TripAdvisor.com karena lengkap banget referensinya dari mulai hotel,resto, attraction sampai activity. Sedangkan website traveling favorit dalam negeri favorit adalah Traveloka. Dimana kita bisa mendapatkan info mengenai tiket dan hotel serta paket dengan banyak pilihan harga.

• Dimana saja tempat traveling favorit mbak Ira di dalam dan luar negeri beserta alasannya?
Tempat traveling favorit di luar negri Korea dan Jepang, sudah beberapa kali kesana dan tidak pernah bosan untuk eksplor lagi dan lagi. Alasannya, pertama : karena banyak spot atau atraksi bagus, ditambah adanya gabungan budaya modern dan tradisional yang masih kental plus makanannya yang enak-enak.
Kalau tempat traveling favorit di dalam negeri pastinya pulau Bali, gak pernah bosen berkali –kali kesana dan eksplor banyak tempat.

• Kemana tujuan traveling mbak Ira berikutnya?
Tujuan traveling berikutnya , untuk dalam negri saya akan ke Belitung atau Palembang . Karena sekarang wisata kota Palembang sedang naik daun terlebih menjelang persiapan Asian Games.

• Tips traveling untuk pembaca PiknikAsik
1. Persiapan matang termasuk referensi dari orang-orang saat planning traveling seperti hotel, tempat-tempat yang layak dikunjungi dan lain-lain. Tapi lebih seru juga kalau spontan, tidak perlu tau banyak tentang tempat yang dituju. Jadi datang kesana benar-benar untuk feel new experience yang kadang-kadang malah mengejutkan ,,(atau tdk memuaskan).
2. Saat traveling bagusnya benar-benar merasakan ‘in the moments” menikmati waktu disana, termasuk ngobrol dengan orang-orang yang baru ditemui saat di perjalanan atau di tempat yang dikunjungi . Karena banyak pengalaman yang saya temui saat traveling para traveler terlalu sibuk dengan gadget nya masing-masing.