Swedia merupakan sebuah negara yang berbatasan tepat dengan Finlandia di timur laut dan Norwegia di sebelah barat. Menjadi sebuah negara yang berada pada peringkat ke-3 di Uni Eropa. Keunikan yang dimiliki oleh kota Stockholm, sebagai ibukota Swedia, adalah sudah tertata dengan baik sejak awal pembangunannya. Sejarah Stockholm bermula dari benteng yang dibangun oleh penguasa Kerajaan Swedia, Birger Jarl pada abad ke-13. Pada masa itu Stockholm belum menjadi wilayah penting di wilayah perdagangan Eropa Utara. Kota Stockholm baru berkembang menjadi kota pelabuhan penting di kawasan Skandinavia sejak Raja Gustav Adolphus menjadikan Stockholm sebagai ibukota Swedia pada abad ke-17. Sejak saat itu Stockholm berkembang sebagai kota modern dengan tidak melupakan ciri khas masa lalunya. Kota berusia 382 tahun ini terdiri dari 14 pulau dan hanya sedikit tanah daratan sempit di sekitar Laut Baltik.

Piknikasik merekomendasikan tempat-tempat berikut untuk jika Piknikers berkunjung kesana :

1. Gamla Stan
Gamla Stan merupakan sebuah Old Town Stockholm. Disini kita dapat melihat bangunan-bangunan tua, kafe-kafe yang sangat indah. Di area ini juga berada Istana Kerajaan dan juga Gedung Parlemen Swedia. Kawasan ini berdiri sejak tahun 1252. Sampai tahun 1980, nama kawasan ini adalah Staden mellan broarna (Kota diantara jembatan). Gamla Stan mencakup Pulau Stadsholmen dan pulau-pulau kecil disekitarnya seperti Riddarholmen, Helgeandsholmen, dan Strömsborg. Di Gamla Stan kita dapat melihat : Mårten Trotzigs Gränd yang merupakan jalan/gang tersempit di kota ini. Lebarnya hanya 90 cm serta Stortorget yaitu alun-alun besar di pusat Gamla Stan. Di sini terdapat juga Bursa Saham Stockholm.

2. Kaknas Tower
Kaknas Tower merupakan sebuah menara dengan tinggi 170 meter (sudah termasuk antena). Sebelumnya menara ini adalah menara pemancar radio dan TV dan bahkan sempat menjadi menara tertinggi yang bisa ditemukan di Skandinavia. Saat ini, para wisatawan bisa mengunjungi menara ini karena telah dibuka bagi umum sehingga para pengunjung akan mendapatkan pemandangan kota Stockholm secara 360 derajat. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan tersebut dari pelataran yang letaknya ada di ketinggian kurang lebih 150 meter. Wisawatan bisa membeli oleh-oleh atau suvenir di kawasan ini karena ada sejumlah toko suvenir. Lokasi ini sangat mudah dijangkau, bus untuk umum pun tersedia dan bisa berhenti tepat di bawah menara.

3. Stockholm Palace
Royal Palace di Swedia yang berlokasi di kawasan kota tua Gamla Stan ini sangat wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Karena memiliki 5 buah museum dan juga memang dibuka untuk umum dan merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan Swedia serta difungsikan sebagai Royal Court dan kantor pemerintahan.
Bangunan yang memiliki gaya Italian Baroque satu ini memang sudah sangat tua karena dibangun sejak dari abad ke-18. Prosesi pergantian penjaga istana yang menjadi daya tarik wisata ini akan berlangsung selama 40 menit. Jika datang ke Royal Palace pas di hari ulang tahun raja, ada parade tentara berkuda yang bisa disaksikan juga. Stockholm Palace buka dari hari Selasa sampai Sabtu dari jam 10 pagi sampai dengan 4 sore. Untuk menonton prosesi pergantian penjaga istana, acara ini akan dilaksanakan di jam-jam tertentu, yaitu dari jam 12.15 atau 13.15 pada siang hari. Namun, hari dan bulannya tidaklah pasti.

4. Queen Street atau Drottninggatan
Jangan lupa singgah ke Drottninggatan atau Queen Street. Terbentang dari jembatan Riksbron hingga mencapai Observatorielunden, jalan ini memang hanya boleh digunakan oleh pejalan kaki sehingga tidak akan ramai kendaraan. Di sinilah tempat yang pas untuk berbelanja apa saja dan mencicipi segala jenis makanan sebab terdapat banyak restoran, kafe dan gerai lainnya di sepanjang jalan ini. Kita juga dapat melihat sejumlah bangunan kuno nan megah dari tahun 1640-an yang dipelihara dengan sangat baik.

5. Millesgarden
Millesgarden adalah sebuah museum seni dan patung taman yang bisa dikunjungi di Pulau Lidingo, Stockholm. Museum ini berlokasi di lantai dasar kediaman pematung Carl Milles dan istrinya. Keduanya dikenal sebagai seniman asli Swedia dan dimakamkan di rumahnya sendiri. Millesgarden merupakan sebuah setting dari adegan pembuka dalam novel fiksi ilmiah karya Tau Zero.

SUMBER 1
SUMBER 2