Helsinki adalah ibukota Negara Finlandia yang terletak di bagian selatan serta merupaka kota terbesar di Finlandia. Dalam sejarah, Finlandia pernah dijajah oleh Uni Soviet dimana pada masa itu ibukota Finlandia dipindahkan dari Turku ke Helsinki. Sisa-sisa peninggalan kependudukan Uni Soviet masih terlihat di kota ini, dimana banyak terdapat bangunan bersejarah yang menggunakan bentuk desain dan arsitektur yang menyerupai bangunan di Rusia.

Obyek wisata di Helsinki yang harus Piknikers kunjungi adalah :

1. Suomenlinna
Benteng laut yang dibangun di atas 6 pulau kecil di wilayah Helsinki. Benteng yang dibangun pada abad ke 18 ini dahulu bernama Sveaborg yang berarti benteng Svea (swedia). Setelah Finlandia merdeka, benteng ini kemudian diubah namanya menjadi Soumenlinna yang artinya Benteng Finlandia. Ada 6 pulau kecil yang membentuk kompleks benteng ini yaitu Kustaanmiekka, Susisaari, Iso-Mustasaari, Pikku-Mustasaari, Lansi-Mustasaari dan Langoren. Pada tahun 1991, Soumenlinna dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site tipe Cultural. Untuk mencapai obyek wisata ini terdapat fery yang dioperasikan oleh HSL setiap hari.

2. Market Square
Market Square disebut juga Kauppatori, lapangan sekaligus pasar terbuka yang terletak di dekat pusat kota Helsinki. Lapangan ini terletak tepat di ujung timur Esplanadi, dibatasi laut Baltik di sebelah selatan dan Katajanokka di sebelah Timur. Seperti pasar terbuka pada umumnya, setiap hari Market Square selalu penuh dengan para pedagang makanan, sayur, buah dan souvenir. Di area ini juga terdapat kafe dan restaurant yang menjual makanan khas Finlandia, Lihapiirakka. Dari area ini terdapat pelabuhan ferry yang dapat mengantar wisatawan menuju ke Soumenlinna.

3. Helsinki Central Railway Station (Helsingin Paarautatieasema)
Stasiun kereta yang terletak di Kluvvi, wilayah sentral Helsinki yang memiliki arsitektur bangunan yang unik. Mulai beroperasi tahun 1862 stasiun ini dibangun dengan struktur batuan granit Finlandia yang berwarna pink kemerahan dan dilengkapi dengan sebuah Menara serta dua buah patung manusia yang memegang lampu di bagian pintu gerbang. Pada malam hari kedua bola lampu yang berbentuk bola tersebut akan dinyalakan. Stasiun ini memiliki kode HEC dan merupakan pusat transit utama di wilayah Greater Helsinki. Pada tahun 2013 stasiun kereta ini dianugerahi predikat sebagai stasiun kereta tercantik di dunia oleh BBC.

4. Seurasaari
Pulau kecil yang terletak di Helsinki. Terdapat Seurasaari Open-Air Museum, museum terbuka yang menampilkan berbagai macam rumah dan bangunan kayu tradisional dari berbagai area di Finlandia. Untuk mencapai obyek wisata ini adalah menggunakan bis no 24 dari pusat kota Helsinki menuju pelabuhan Hernesaari lalu menyewa kapal menuju ke pulau ini.

5. Kaivopuisto
Taman dan area terbuka yang terletak di wilayah tengah Helsinki. Taman ini sering disebut Kaivari. Taman ini tersusun atas tebing dan bebatuan, termasuk sebuah benteng yang dibangun pada abad ke 18.

 

SUMBER