Rovaniemi, Lapland, Finlandia, dikenal sebagai tempat wisata Desa Santa Klaus ini memang tidak usah diragukan lagi suhu udaranya yang dingin dan menusuk tulang itu. Bisa dibayangkan saja di bulan Desember saja, suhu bisa mencapai -20 derajat celcius yang bisa disamakan dengan suhu refrigerator atau lemari pendingin ya, piknikers. Namun suhu yang super dingin tidak boleh menjadi penghalang kamu untuk berlibur ke Finlandia. Berikut adalah tips-tips yang telah dirangkum PiknikAsik untuk tetap hangat yang dilansir dari komunitas Backpacker Internasional yang mungkin bisa membantu piknikers untuk tetap hangat di tengah dinginnya Rovaniemi.

1. Perhatian pada pakaian base-layer

Walaupun mungkin piknikers memiliki daya tahan tubuh kuat terhadap dingin, namun piknikers harus benar-benar menaruh perhatian terhadap pakaian. Untuk base-layer atau pakaian dasarnya, piknikers gunakan long john dan thermal clothes dengan kualitas baik dan terbaik. Long john dan thermal clothes ini adalah pakaian dalam dan wajib untuk menghalau dingin masuk ke dalam tubuh. Piknikers bisa dapatkan di toko-toko perlengkapan musim dingin. Untuk suhu seperti Rovaniemi, belilah pakaian base-layer dengan harga dan kualitas terbaik, jangan perhitungan terhadap kesehatan ya, piknikers.

2. Gunakan jaket berbulu angsa

Suhu yang dingin dan salju yang tebal bisa membuat gerak kamu menjadi lambat dan berat, maka disarankan untuk menggunakan jaket berbahan dasar bulu angsa. Jaket berbahan bulu angsa memiliki bobot lebih ringan dan tidak mudah menyerap air ketimbang wol yang bisa menjadi berat karena menyerap air. Saat ini jaket berbulu angsa lebih disukai karena selain ringan, jaket ini mampu menahan dingin di bawah 0 derajat celcius.

3. Gunakan sepatu khusus musim dingin dan kaos kaki thermal

Perlengkapan sepatu ini merupakan bagian penting untuk kamu persiapkan untuk berlibur di Rovaniemi. Sepatu berbahan bulu angsa yang memiliki bobot ringan sudah terbilang ampuh menghalau dingin tanpa harus memberatkan langkah kaki. Jangan lupa untuk memilih ukuran yang pas karena sepatu khusus musim dingin biasanya lebih tebal sehingga ukuran kaki kamu mungkin bertambah beberapa sentimeter dari yang seharusnya. Gunakan pula kaos kaki thermal yang hangat. Untuk memastikan kamu tidak akan kedinginan, gunakan juga legging extra warm yang bisa piknikers dapatkan di toko perlengkapan musim dingin.

4. Siapkan penutup telinga dan masker hidung

Udara yang dingin dapat menusuk hidung dan membuat pendengaran kamu menjadi sakit akibat tekanan udara yang begitu tinggi. Maka jangan lupa siapkan penutup telinga dan masker hidung. Tekanan udara yang tinggi bisa menyebabkan hidung berdarah dan tubuh menjadi dingin akibat udara yang masuk melalui telinga.

5. Sediakan perlengkapan obat-obatan

Sebagai orang Indonesia, salju dan suhu yang ekstrim dingin bukanlah makanan sehari-hari. Tubuh yang terbiasa dengan suhu tropis yang hangat dan panas juga lembab pasti bakal butuh waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan dengan suhu tubuh yang baru sehingga perlengkapan obat-obatan sungguh dibutuhkan. Piknikers bisa membawa Vitamin C, pelembab bibir bahkan koyo untuk menghangatkan tubuh.

 

Demikian tips-tips yang mungkin bisa membantu piknikers untuk menjadi tetap hangat selama berlibur di Rovaniemi yang super dingin.

Tetap baca artikel PiknikAsik untuk referensi liburan kamu, piknikers.

Selamat berlibur!

Piknik kamu bakal asik, kalau kamu baca PiknikAsik

 

image : flickr/flightlog