Jika Indonesia memiliki Jogjakarta sebagai kota pelajar, maka Dunedin adalah kota pelajar dan budaya di Selandia, pasalnya di kota Dunedin berdirilah universitas tertua dan terbaik di Selandia baru, yaitu University of Otago. Universitas of Otago adalah universitas tertua di Selandia Baru, dan juga institusi terbesar di South Island.  University of Otago, universitas penelitian terbaik di Selandia Baru menawarkan kualifikasi masuk universitas yang diakui oleh semua universitas Selandia Baru. Foundation Year mempersiapkan pelajar untuk semua gelar sarjana yang ditawarkan oleh University of Otago melalui empat divisi akademis – Bisnis, Ilmu Kesehatan, Sastra dan Sains. University of Otago juga memberikan kesempatan pertukaran pelajar, ke 90 mitra institusi pendidikan yang tersebar di 31 negara.

Namun bukan itu saja hal yang menarik dari kota budaya dan pelajar ini. kota ke-5 terbesar di dunia, yang juga menawarkan banyak hiburan dan wisata. Pemandangannya yang menakjubkan membuat Mark Twain, seorang penulis terkenal dari Amerika menggambarkan Dunedin seperti ini:  “The people here are Scots. They stopped here on their way to heaven, thinking they had arrived.”

Dunedin memiliki latar belakang Skotlandia yang kuat, sehingga kota Dunedin ini pernah dinamakan New Edinburgh, dan setelah itu diubah namanya, menjadi Dunedin yang diambil dari bahasa Celtic – Dun Edin (yang berarti Edin on the Hill) . Dunedin juga merupakan kota pertama selain Amerika yang memiliki sistem tram sendiri. Saat ini, Dunedin adalah kota kedua terbesar di Selandia Baru.

Dunedin adalah kota yang menyimpan fakta yang menarik seperti Dunedin City Square yang merupakan jantung kota tidak berbentuk ‘square’ (segi empat), tetapi berbentuk octagon (segi delapan). Dunedin juga memiliki stasiun kereta yang malah menjadi spot foto paling popular di Selandia baru, Dunedin Railway Station namanya. Dunedin juga memiliki kastil yang merupakan satu-satunya kastil di Selandia Baru, yaitu Larnach Castle. Kastil Larnach bergaya Victoria ini sekarang dibuka sebagai tempat wisata. Piknikers bisa mengunjungi dan memandangi keindahan kastil ini dengan tiket masuk $28.00 NZD. Kastil ini tidak jauh dari kota, hanya 20 menit dari Dunedin Railway Station.

Dunedin memiliki margasatwa unik seperti burung Royal Albatross, pinguin bermata kuning, singa laut paling langka di dunia, dan pinguin biru kecil. Ada banyak cara untuk mengamati margasatwa tersebut. Bisa dengan berjalan-jalan di hutan, di pantai, atau naik Harbour Cruise yang banyak tersedia di Dunedin. Piknikers bahkan bisa melihat lumba-lumba berenang dari dekat.

Tertarik ke sana?

Jika piknikers tertarik bahkan untuk menetap di sana,biaya hidup di Selandia Baru adalah sekitar $200-300 NZD per minggu. Mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja 20 jam per minggu (selama memenuhi persyaratan dan ketentuan, bisa dikonsultasikan dengan pihak universitas). Penghasilan rata-rata per minggu adalah $250 NZD (belum termasuk pajak). Akan tetapi sewaktu libur, mahasiswa internasional bisa bekerja selama 40 jam per minggu.

Menarik bukan?

Buruan pesan tiket kalian ke Selandia baru. Untuk pemegang kartu kredit ANZ, piknikers bisa mendapatkan promo penerbangan ke Selandia Baru dengan harga yang menarik.

Nah, tunggu apalagi, piknikers?

Yuk capcuz ke Selandia Baru

Sumber:

Dunedin Quirky Facts

Fast Facts about Dunedin

https://www.hotcourses.co.id/study-in-new-zealand/destination-guides/dunedin-kota-budaya-kota-pelajar-selandia-baru/