Sepertinya tiap negara pasti punya kota tua nan bersejarah yang menyimpan cerita menarik juga seru yang bisa menarik perhatian pengunjung, Polandia pun begitu. Negara yang memiliki bendera dengan warna yang sama dengan Indonesia pun memiliki kota tua yang antik namun tetap eksotik untuk dikunjungi. Karkow,nama kota tua tersebut. Karkow ini bisa menjadi destinasi piknikers untuk menikmati negara yang memiliki julukan Elang putih ini.

  1. Main Square Krakow.

Main Square ini memang sudah menjadi sentral pertemuan di Krakow sejak abad ke-13. Selain menjadi sentral tempat orang-orang berkumpul, Main Square ini juga yang menjadi jantung kota karena banyak kegiatan-kegiatan menarik diadakan di Main Square ini seperti festival,acara perpolitikan.

Orang lokal Krakow suka berkumpul di Main Square ini. Kalau piknikers ingin merasakan dan ikut larut dalam kearifan lokal Polandia, piknikers bisa bermain dan sekedar duduk menghabiskan waktu di Main Square ini. Alasan lain kenapa piknikers harus mengunjungi Main Square ini adalah karena banyak bangunan penting yang menarik arsiktekturnya juga ada pertunjukan jalanan serta piknikers bisa sekedar nongkrong-ongkrong cantik di kafe-kafe sekitaran Main Square.

  1. Katedral Wavel

Katedral Wavel yang dikenal pula dengan nama Katedral Basilika Sts. Stanilaw dan Vaclav ini adalah sebuah gereja yang terletak di Bukit Wavel di Karkow. Gereja ini memiliki sejarah sepanjang 1.000 tahun dan tempat penobatan tradisional kerajaan- kerajaan Polandia. Katedral ini adalah katedral dari Uskup Agung Kraków. Paus Yohanes Paulus II mengadakan Misa pertamanya sebagai seorang Uskup Agung di ruang bawah tanah katedral ini pada tanggal 2 November 1946.[1]

  1. Tambang garam Wieliczka

Tambang garam Wieliczka adalah tambang garam yang bukan sekedar tambang garam biasa karena tambang garam ini menjadi salah satu UNESCO World Heritage karena merupakan tambang garam tertua dunia yang masih beroperasi Tambang ini kira-kira sudah beroperasi selama hampir 1000 tahun. Tambang garam Wieliczka memiliki rute wisatawan sepanjang 3,5 km yang mencakup patung-patung dari tokoh-tokoh sejarah dan mistis, yang semuanya diukir oleh para buruh tambang dari batu karang garam. Di sini juga terdapat ruangan-ruangan yang diukir dengan indah, kapel-kapel, sebuah danau bawah tanah, dan pameran yang menggambarkan sejarah penambangan garam. Tambang garam ini dengan tepat disebut sebagai “katedral garam bawah tanah Polandia. Tambang ini terletak 15 km dari Krakow dan bisa dicapai dengan bus umum, taxi, atau minibus khusus dari Krakow.

  1. Kamp konsentrasi Autschwitz

Mungkin memasuki kamp konsentrasi Autschwitz ini saja sudah membawa hawa yang membuat imajinasi dan rasa kemanusiaan kamu tersentuh. Kamp konsentrasi yang terbesar di dunia ini terletak 75 km dari Krakow, jadi untuk ke sana kamu harus naik bus umum atau ikut city tours dari Krakow. Disarankan setidaknya kamu akan menghabiskan waktu setengah hari untuk mengunjunginya

 

Bagaimana, piknikers?

Walaupun kota tua, namun kota Karkow tidak pernah tua untuk mempesona turis yang berkunjung termasuk kalian piknikers.

Untuk mengunjungi Karkow, piknikers bisa ikutan paket tur kota. Ikutan paket tur keliling kota memang cara yang paling mudah supaya tidak pusing-pusing amat memikirkan transport, tiket masuk dan pemandu selama di kota Karkow. Namun piknikers bisa berpetualan sendiri dengan cara naik bus dari stasiun utama Krakow Główny menuju stasiun Oświęcim yang memakan waktu 1,5 jam dengan tiket bus seharga 10 zloty.  Krakow Główny adalah stasiun utama KA maupun bus di Krakow yang letaknya dekat sekali dengan Krakow Old Town; kalau kamu datang ke Krakow naik KA dari Warsawa ya turunnya di stasiun Krakow Główny ini. Namun untuk mengunjungi Kamp Konsentrasi Autschwitz, piknikers disarankan untuk ambil tur city untuk memudahkan mobilisasi piknikers.

Selamat berlibur piknikers!

https://polandesia.wordpress.com/2011/04/14/panduan-lengkap-jalan-jalan-ke-krakow/

https://id.wikipedia.org/wiki/Tambang_garam_Wieliczka