Hakone adalah sebuah area pegunungan di daerah barat kota Tokyo, bagian dari Fuji-Hakone-Izu National Park yang terletak kurang lebih 100 km dari Tokyo. Jika kamu ingin melihat keindahan Gunung Fuji secara dekat, Fuji Hakone merupakan lokasi yang tepat. Di Hakone terdapat banyak sumber mata air panas karena lokasinya berada di lereng pegunungan. Perpaduan suhu gunung yang sejuk dengan panasnya air di pemandian air panas akan memberikan sensasi yang berbeda.

Hakone juga menyimpan kuliner yang piknikers bisa mencoba untuk mencicipi yaitu Kuro Tamago. Kuro Tamago yang berarti Telur Hitam memang benar-benar sebuah telur yang berwarna hitam. Hitamnya telur bukan karena telur tersebut gosong ya piknikers.

Kuro Tamago adalah telur ayam biasa yang direbus ke dalam kolam onsen (tempat pemandian air panas alamiah) dengan sumber air panas dari bawah tanah Gunung Fuji daerah Owakudani sekitar 1.000 meter di atas ketinggian permukaan laut.

Karena kandungan sulfur hidrogen (uap dan asap vulkanik dari sulfur dioksida serta hidrogen sulfida) yang ada di kolam air panas tersebut sangat tinggi, maka terjadilah reaksi kimia antara air panas dengan kalsium karbonat pada kulit yang membuat kulit telur menjadi hitam seperti arang. Namun isi telur putih dan kuning di tengahnya. Berkat proses kimia alam ini rasa telur terutama kuning telur lembut enak seperti krim.

Telur dimasukkan ke kolam air panas onsen tersebut selama satu jam dengan panas 80 derajat Celcius (suhu kolam alamiah panas tersebut di Okuwadani yang 24 jam sama tingkat suhu panasnya). Setelah satu jam, keranjang diangkat, tetapi berada di atas permukaan kolam panas yang beruap kemudian telur digantung seolah-olah dikukus uap air panas, selama 15 menit. Hal ini supaya semakin meresapkan proses penghitaman dan penyesuaian udara luar telur dari panas ke dingin (karena di pegunungan hawa udara dingin) sehingga telur tidak “kaget” dari panas sekali ke dingin sekali, maka dibutuhkan proses penyesuaian udara 15 menit tersebut.

Kuro tamago ini sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu di Jepang. Namun baru populer 70 tahun lalu. Bahkan dipatenkan namanya 65 tahun lalu oleh dua perusahaan Jepang pemegang hak paten dengan nama Kuro Tamago.

Satu perusahaan manju bernama Nagatoya Co.Ltd, dan satu lagi perusahaan Oku Hakone Kanko Co.Ltd yang memegang lisensi khususnya Owakudani Kuro Tamago.

Kuro Tamago Owakudani ini hanya dijual di empat toko saja di Hakone yaitu di Tamago Chaya, Owakudani Kuro Tamagokan, Yu-rando, dan di toko Gokuraku Chaya.

Kontrol penjualan toko hanya empat tersebut untuk menjauhi pemalsuan. Semua toko tersebut (4 toko) menjual dengan harga sama 500 yen per 5 telur.

Tertarik untuk mencoba Kuro Tamago, piknikers?

Cukup mudah untuk pergi Hakone karena piknikers bisa menggunakan One Day Tour ke Hakone dengan menggunakan bus atau kereta yang akan berhenti di stasiun Owakudani.

 

http://www.tribunnews.com/internasional/2016/04/29/benarkah-makan-telur-hitam-khas-owakudani-jepang-bisa-bikin-panjang-umur?page=4