Bulan Desember adalah saatnya liburan akhir tahun yang bersamaan waktunya dengan liburan akhir semester. Saatnya liburan keluarga pastinya. Bagi Piknikers yang mempunyai anak yang sudah beranjak remaja, mengajak liburan anak ABG tentnya berbeda dengan saat mereka masih anak-anak. Masa remaja adalah saatnya mencari jati diri dan ingin menyuarakan kebebasannya. Perlu beberapa tips agar liburan bersama mereka menjadi asyik dan menyenangkan.
1. Diskusi Mengenai Waktu dan Tujuan Wisata
Ajak si remaja berdiskusi untuk menentukan tujuan wisata supaya anak merasa dilibatkan dan dapat menikmati liburan tersebut. Jika anak senang aktivitas di air tujuan liburan bisa ke pantai atau berenang atau yang menyukai petualangan bisa liburan ke pegunungan, seperti kemping.

2. Beri Tugas kepada Anak
Anak-anak remaja sudah terbiasa terhubung dengan internet dan bisa mengumpulkan informasi mengenai lokasi yang dituju, seperti tempat-tempat bersejarah, taman hiburan, museum, dan sebagainya. Beri ia kepercayaan untuk melaksanakan tugas saat liburan. Jika si anak suka memotret beri tugas untuk memotret pemandangan dan aktivitas liburan, pastikan anak juga ikut berLain lagi bila si anak yang suka kuliner. Beri ia tugas meriset makanan-oto bersama ya. Jika suka kuliner bisa membantu mengumpulkan info tempat makan enak yang direkomendasikan.

3. Beri sedikit kebebasan
Ada kalanya anak ingin mempunyai waktu bebas untuk dirinya sendiri. Diskusikan dengan anak mengenai hal ini dan tetap berkomunikasi dengannya. Mungkin dia ingin berbelanja di toko lain, atau mencoba hal lain yang berbeda dengan anggota keluarga pastikan hal tersebut tidak menganggu aktivitas liburan dan tetap aman.

Aktivitas-aktivitas yang menyenangkan pasti akan membuat semua anggota keluarga menikmati liburan. Ajak anggota keluarga lain yang sebaya dengan si remaja supaya liburan lebih berkesan.
Selamat berlibur, Piknikers. Jangan lupa share pengalaman liburan kalian ya..

Sumber :

http://travel.kompas.com/read/2012/01/06/19312912/Tips.Wisata.Bersama.Anak.yang.Sudah.Remaja
http://www.beritasatu.com/tips/65822-tips-berwisata-bersama-anak-remaja.html