Pernah ga sik piknikers mengalami kejadian terpaksa tarik ATM ketika bepergian ke luar negeri? Atau terpaksa mengeluarkan budget berlebih dari yang diperkirakan? Pasti pernah dong ya,piknikers. Keadaan yang tidak mengenakkan itu memang kerap dialami ketika piknikers bepergian baik ke dalam negeri maupun ke luar negeri. Sebenarnya keadaan tersebut bisa sekali untuk dihindari asal piknikers tahu tips dan triknya.

  1. Tetapkan gaya bepergian untuk budget bepergian

Ketika piknikers sudah memilih satu destinasi yang diinginkan, hal pertama yang harus piknikers lakukan adalah tetapkan gaya bepergian. Gaya bepergian bakal mempengaruhi budget yang bakal piknikers keluarin. Apakah mau minimalis ala ransel atau maksimalis eksis ala koper. Gaya bepergian pasti bakal mempengaruhi pilihan moda transportasi, tempat menginap, makanan dan minuman selama bepergian. Gaya bepergian minimalis dengan ransel cenderung simpel, sederhana dan bisa menggunakan moda transportasi umum seperti bus, kereta api dengan harga yang lebih murah ketimbang piknikers yang bergaya maksimalis yang ingin menggunakan taksi atau mobil charteran. Tempat menginap buat minimalis ala ransel atau backpacker pun menginap di hostel atau hotel berbintang 2 atau 3. Semua itu bakal mempengaruhi budget piknikers. Oleh karena itu, ada baiknya menentukan pilihan gaya bepergian sebelum piknikers pergi.

 

  1. Membuat itinieary ( rincian perjalanan )

Setelah piknikers menetapkan gaya bepergian dan budget yang bakal dihabiskan di destinasi tujuan, langkah selanjutnya adalah dengan membuat itineary atau rincian perjalanan. Jangan pernah malas untuk membuat daftar aktivitas yang akan dilakukan selama bepergian, setidaknya piknikers memiliki tujuan dan acuan ke mana saja uang piknikers bakal dihabiskan. Hindari untuk bepergian tanpa tujuan alias pergi dadakan. Bepergian tanpa rencana kemungkinan besar bakal mengeluarkan biaya yang lebih tinggi karena ada kemungkinan hal-hal yang di luar teknis yang tidak bisa diantisipasi dan terbuang waktu yang percuma akibat kebingungan tanpa rencana. Intinya, jangan malas untuk membuat itineary. Sekarang ini ada banyak komunitas wisata yang kerap berbagi pengalaman dan itinieary mereka ketika berkunjung ke tempat-tempat tertentu.

 

  1. Rajin mencari info tentang biaya dan fasilitas tempat wisata

Kalau itineary sudah dibuat, maka rajin-rajinlah mencari info detail ke tempat-tempat wisata yang bakal piknikers tuju. Karena siapa tahu pada saat kedatangan piknikers ke tempat wisata tersebut, ada penawaran diskon tiket masuk atau ada penawaran menarik lainnya yang dapat menghemat budget piknikers tentunya. Untuk tempat-tempat seperti Disneyland biasanya suka memberikan promo diskon pembelian tiket melalui situs khusus atau harga tiket yang lebih miring saat tanggal tertentu. Tentu saja informasi tersebut dapat mempengaruhi itinieary piknikers juga. Misalnya seharusnya piknikers pergi ke Disneyland hari selasa, namun karena Disneyland sedang ada promo untuk hari rabu, maka piknikers bisa memindahkan jadwal dari hari selasa ke hari rabu. Lebih menyenangkan bukan? Untuk itu rajinlah mencari informasi. Jangan lupa follow PiknikAsik untuk mendapatkan info-info baru tentang wisata.

 

  1. Menetapkan skala prioritas

Hal yang paling membuat bingung adalah membuat skala prioritas karena rasanya semuanya terasa penting ketika bepergian. Menentukan skala prioritas juga bakal membantu piknikers untuk menjaga kantong supaya tidak kebobolan sehingga perjalanan berwisata pun bisa menyenangkan. Piknikers wajib menentukan mana yang lebih penting untuk didahulukan, mana yang lebih penting untuk dikunjungi, dibeli dan sebagainya.

 

  1. Kuatkan hati untuk menahan godaan lapar mata

Salah satu godaan yang hampir tidak dapat ditolak oleh kebanyakan orang Indonesia adalah perihal belanja ketika diskon besar-besaran dan membelikan oleh-oleh untuk sanak saudara serta teman-teman yang dicintai. Untuk itulah penting rasanya menyiapkan budget khusus untuk hal-hal ini, walaupun sebenarnya tanpa berbelanja dan membelikan oleh-oleh, traveling masih bisa tetap jalan. Jangan habiskan budget kamu untuk belanja sementara perjalanan baru akan dimulai. Kuatkan hati untuk menahan godaan lapar mata.

Piknikers pasti mampu untuk menjaga tidak boros selama travelling sehingga bsa mengurangi kajadian yang tidak mengenakkan selama bepergian asal bisa menetapkan perencanaan budget, menetapkan skala prioritas, rajin mencari informasi tentang lokasi yang dituju dan kuat menahan godaan lapar mata.

Selamat berlibur, piknikers

https://backpackstory.me/2017/02/27/perihal-mengatur-budget-ketika-traveling/

http://travel.kompas.com/read/2015/05/12/180600727/9.Cara.Menghemat.Budget.Wisata

https://uangteman.com/blog/tips-trik/5-tips-mengelola-budget-travelling/