Bulan Desember identik dengan perayaan Natal. Perayaan Natal di Indonesia hampir mirip seperti perayaan Idul Fitri di mana masa-masa liburan natal diisi dengan merayakan kelahiran Yesus juga dihabiskan dengan berbagi momen-momen bersama dengan keluarga. Pada saat Natal tersebut umat Kristen akan merayakannya dengan beribadah ke gereja yang kemudian dilanjutkan dengan tradisi keluarga. Tradisi keluarga yang dilakukan oleh umat Kristen Indonesia berbeda-beda tiap daerah. Setiap daerah pun memiliki panganan khas Natal yang berbeda tiap daerahnya. Namun yang pasti hampir semua daerah di Indonesia akan membuat kue-kue khas Natal. Nah, sama seperti perayaan Idul Fitri, biasanya pada saat liburan Natal, orang-orang akan pulang kampung ke daerah masing-masing. Biasanya ini dilakukan oleh para perantau yang ingin kembali ke kampung halaman untuk merayakan hari Natal bersama keluarga, bercengkrama dengan orang tua dan sanak saudara dan bergereja bersama. Bagaimana dengan perayaan Natal di keluarga dan daerah kamu tinggal, piknikers?

Biasanya juga perayaan Natal pasti beriringan dengan liburan menjelang tahun baru karena tanggalnya berdekatan alias berbeda satu minggu saja. Nah, apa saja rencana piknikers merayakan liburan natal dan tahun baru tahun 2017 ini? Apalagi pada tahun 2017 ini pemerintah menetapkan tanggal 26 Desember sebagai tanggal cuti, berarti makin panjang dong jatah liburan kita ya, piknikers. Pasti sudah banyak merencanakan akhir tahun ya. Ada yang berwisata musim salju ke luar negeri. Iya, karena biasanya pada bulan Desember, salju-salju akan turun dan juga perayaan Natal juga lebih meriah dengan banyaknya pohon-pohon beringin yang dihiasi  ornamen-ornamen natal. Ada juga yang berlibur ke Bali hingga liburan akhir tahun.

Yang belum memiliki rencana untuk berlibur, mungkin bisa mengunjungi tempat wisata lokal di daerah sekitar rumah kamu, atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berkunjung ke rumah saudara-saudara untuk memelihara tali silahturahmi. Untuk piknikers yang ada di Jakarta, jika tidak ingin bermacet ria ke luar daerah, bisa berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan, mengunjungi Monumen Nasional berpiknik bersama dengan tikar sederhana, mengunjungi Snow Bay, mengunjungi mall sekitaran Jakarta ataupun bisa menghabiskan liburan akhir tahun dengan mengunjungi pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Hanya saja biasanya bulan Desember hingga awal tahun gelombang laut agak sulit diprediksi sehingga piknikers harus benar-benar memperhatikan cuaca pada saat itu. Karena pasti tidak mau dong menjadi kecewa dengan liburan karena masalah cuaca. Cuaca sekarang ini harus menjadi perhatian kita di mana pun kita berada. Dengan banyaknya kejadian yang terjadi di bulan Desember semoga meningkatkan kewaspadaaan supaya terhindar dari kejadian yang tidak diharapkan.

Apapun bentuk perayaan dan liburan kamu hendaknya kita semua tetap bisa merelaksasikan diri melepaskan kepenatan.

Kiranya damai Natal menyertai kita semua.

Selamat merayakan hari Natal dan menjelang tahun baru.