Berwisata ke luar negeri ataupun dalam negeri pada masa sekarang ini menjadi pilihan masyarakat untuk menghilangkan kepenatan dan stress dari rutinitas pekerjaan dan sekolah. Makin banyak pilihan destinasi dan promo-promo dari maskapai dan moda transportasi mendukung makin tinggi animo masyarakat untuk mengeksplorasi atau sekedar menghabiskan waktu liburan pada destinasi-destinasi favorit. Yang perlu disadari dalam berlibur adalah pilihan moda transportasi yang akan digunakan, tak jarang wisatawan dan mungkin piknikers pernah mengalami pengalaman dan keadaan dimana mau tidak mau harus menyewa kendaraan. Terlebih jika destinasi pilihan piknikers hanya bisa dijangkau dengan kendaraan atau piknikers berlibur dengan keluarga dimana piknikers harus bepergian dengan banyak orang.

Sulit-sulit mudah untuk menentukan kendaraan yang mana yang bakal dipilih karena kalau piknikers tidak cermat dan teliti, bukannya perjalanan yang menyenangkan didapt malahan bisa jadi perjalanan yang tidak menyenangkan akibat salah sewa kendaraan untuk berlibur.

  1. Harga. Salah satu faktor yang penting dalam memilih kendaraan sewaan adalah harga. Jangan terbuai dengan harga murah yang ditawarkan oleh perusahaan penyewa. Sebelumnya, piknikers lebih baik mencari beberapa referensi harga untuk membandingkan harga dan kualitas dari beberapa perusahaan penyewa mobil tersebut. Jika beruntung, piknikers malah bisa mendapatkan promo-promo saat menyewa dan itu bisa menjadi nilai plus karena bisa mengurangi pengeluaran liburan kamu.Saat menawar harga sewa,jangan terlihat sekali kamu masih awam dan usahakan jangan menyewa pada saat hari H piknikers berwisata untuk menghindari kemungkinan stok mobil yang diinginkan kosong atau malahan mendapatkan tariff sewa yang mahal.
  1. Cari rental mobil terpercaya. Jika piknikers merasa kesulitan untuk memilih perusahaan sewa mobil tersebut setelah membanding-bandingkan, maka saran yang bisa jadi masukan adalah pilih rental mobil yang terpercaya. Karena tak sedikit kasus dimana penyewa terkena tipu saat menyewa mobil seperti kerusakan di badan mobil yang tidak kita sadar dan meminta kita untuk menggantinya padahal kita sudah menggunakan mobil itu dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, cari dulu rental mobil yang terpercaya dan terbukti jujur. Informasinya tentang kredibilitas perusahaan tersebut bisa piknikers cari di internet atau informasi rekomendasi dari teman atau kerabat Anda yang tinggal di kota bersangkutan.
  1. Lama penyewaan. Lama penyewaan berbeda-beda untuk tiap kota, ada yang bisa disewa harian, ada juga yang bisa disewa 10-12 jam. Jadi piknikers harus mengingat dan memperhatikan aturan lama penyewaan untuk menghindari denda ganti rugi keterlambatan. Tanyakan apakah berapa biaya tambahan untuk memperpanjang waktu penyewaan untuk menghindari membengkaknya pengeluaran akibat sewa kendaraan.
  2. Supir bawaan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah apakah adanya fasilitas supir bawan atau yang dikenal dengan lepas kunci. Beberapa perusahaan rental mobil menyediakan supir bawaan yang termasuk ke dalam biaya penyewaan mobil tersebut. Hal itu sebenarnya sangat menguntungkan karena dengan menyewa mobil sekaligus supirnya akan banyak memudahkan liburan kalian. Hal yang menguntungkan lainnya adalah kalau ada supir bawaan adalah piknikers tidak akan kuatir tersesat karena supir biasanya pasti sudah mengetahu seluk beluk jalan menuju destinasi wisata daerah tersebut.
  1. Tanggung jawab dan bijak Hal terakhir dan juga teramat penting adalah bertanggungjawab atas mobil yang dipinjam. Penuhilah persyaratan-persyaratan yang ditetapkan perusahaan penyewa. Berhati-hatilah selama perjalanan, karena yang terpenting bukan saja mobil yang Anda sewa, namun juga keselamatan diri Anda selama perjalanan. Jangan membawa mobil pinjaman tersebut dengan ugal-ugalan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

 Disarankan untuk memeriksa kembali kondisi yang sudah piknikers pilih. Jangan sungkan untuk bertanya detail kepada perusahaan penyewa jika piknikers memiliki keraguan dengan mobil tersebut. Perusahaan penyewa mobil yang baik akan dengan senang hati membantu pelanggannya untuk merasa nyaman dalam memilih mobil sewaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Mudah-mudahan artikel dapat membantu piknikers untuk memilih kendaraan sewa supaya perjalanan tetap menyenangkan.

Happy travelling!

 

https://www.kompasiana.com/areaseoku/59fd04991774da3b212c5432/5-tips-mudah-memilih-rental-mobil-ketika-liburan

http://travel.kompas.com/read/2016/07/03/120700027/Sewa.Mobil.untuk.Liburan.Simak.Dulu.Tips.Ini.