Selama tahun 2017 ini, sektor pariwisata bertumbuh semakin pesat. Menurut Kementerian Pariwisata pada periode bulan Januari-September 2017, sektor pariwisata mendatangkan sekitar 10,46 juta wisatawan mancanegara dari target yang ditetapkan 15 juta wisatawan mancanegara di tahun 2017 dan bertumbuh sekitar 25,05 persen.

Di tahun 2017 banyak sekali peristiwa mewarnai dunia pariwisata mulai dari makin banyak promo penerbangan, dibukanya rute baru penerbangan langsung ke London, beragam destinasi wisata baru yang hits hingga peristiwa meletusnya Gunung Agung di Bali yang cukup mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan baik mancanegara dan domestik dengan signifikan.

Nah, apa saja momen-momen pariwisata Indonesia selama tahun 2017, mari disimak dan dibaca sampai akhir ya.

  1. Bandara Juanda Paling Tepat Waktu di dunia. Pada awal tahun 2017,tepatnya 6 januari 2017, pariwisata Indonesia mendapatkan momen menggembirakan. Pasalnya, bandara Juanda memenangkan tercatat sebagai bandara paling tepat waktu di dunia tahun 2016 oleh OAG, lembaga riset perjalanan udara asal Inggris. Pada riset tersebut, Bandara Juanda tercatat sebagai bandara paling tepat waktu pada kategori bandara besar (bandara dengan 10-20 juta penumpang per tahun), dengan tingkat on-time performance (OTP) rata-rata 90,30 persen. Bandara Internasional Juanda memiliki nilai rata-rata 90,30%, mengalahkan bandara besar lain seperti Bandara Honolulu di Amerika Serikat (87,53%), Bandara Salt Lake City di Amerika Serikat (87,2%), Bandara Brasilia di Brazil (87,07%), dan Bandara Brisbane di Australia (86,71%). Wow hebat ya!

 

  1. Patung Yesus Buntu Burake Jadi Hits. Setelah mendapatkan kemenangan dari bandara Juanda, pariwisata Indonesia semakin membangun dirinya dengan membuka satu destinasi wisata lain yaitu, Tana Toraja. Pariwisata Tana Toraja menetapkan Patung Yesus Buntu Burake sebagai ikon baru yang diharapkan mampu menarik kunjungan wisata turis mancanegara. Patung Yesus yang berdiri di Tana Toraja Sulawesi Selatan ini diklaim sebagai yang tertinggi di dunia. Patung ini berada di atas bukit setinggi 1.700 meter di atas permukaan laut dan memiliki tinggi sekitar 45 meter yang terbuat dari coran perunggu.

 

  1. Taman Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara. Dari Tana Toraja, kita beralih ke Purwakarta. Taman air mancur ini sempat ditutup pada bulan Juni 2016 untuk dipercantik hingga Februari 2017. Diresmikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada tanggal 18 Februari 2017, taman air mancur yang diberi nama Air Mancur Taman Sri Baduga ini diharapkan menjadi catatan emas dunia traveling Indonesia yang terjadi tahun 2017. Karena Air Mancur Taman Sri Baduga ini memiliki 2.000 semprotan air mancur yang menari mengikuti irama musik yang dilengkapi dengan patung Prabu Kian Santang yang menawan dan menjadi taman air mancur terbesar di asia tenggara. Wow! Bisa jadi alternatif liburan kamu di tahun 2018, piknikers.

 

  1. Raja Salman Dongkrak Pariwisata Bali Pada Maret 2017, dunia pariwisata ibarat kejatuhan buah durian, pasalnya kunjungan Raja Salman bin Abdulazis Al Saud dari Kerajaan Arab Saudi ke Bali dan itu mampu mendongkrak pammor pariwisata Bali. Bayangkan saja, Raja Salman bin Abdulazis Al Saud dan rombongan menghabiskan ini 25 miliar dalam sehari dan kegiatan liburan sang raja diangkat besar-besaran oleh media.

 

  1. Bali Jadi The Worlds Best Destination. TripAdvisor, sebuah situs online pariwisata menanugerahkan Bali The Worlds Best Destinastion pilihan traveler di seluruh dunia. Luar biasa sekali karena Bali berhasil mengalahkan kota-kota besar tujuan wisata dunia, seperti London, Paris, Roma, New York, Crete, Barcelona, Siem Reap, dan Phuket. Kemenangan ini dianggap sebagai hal penting untuk memperkuat rasa percaya diri bangsa Indonesia dalam mempercepat pembangunan pariwisata sebagai leading sector core economy

 

  1. Patung presiden RI Joko Widodo di Museum Madame Tussauds Hong Kong. Ini juga suatu kebanggaan untuk dunia pariwisata karena tidak mudah menjadi figur yang menghiasi salah satu museum paling terkenal di dunia. Diharapkan dengan terpilihnya dan dipamerkannya patung Presiden Jokowi di Museum Madame Tussauds Hongkong bisa menjadi sarana promosi Indonesia di mata dunia.

 

  1. Tren Kampung Warna-Warni. Setelah gagasan walikota semarang Hendrar Prihadi mengubah rumah-rumah kampung di dukuh Wonosari menjadi “Kampung Pelangi” dengan mural warna-warni dan corak khas jawa, Semarang mencuri perhatian dunia. Terhitung ada 9 media luar negeri yang menulis mengenai  Kampung Pelangi, di antaranya The Independent, Mirror, BuzzFeed, hingga situs konten media sosial seperti BoredPanda yang menulis tentang Kampung Pelangi tersebut. Kampung warna-warni makin hits dan menginspirasi banyak daerah untuk dijadikan destinasi desa wisata. Tren kampung warna-warni menginspirasi Palembang untuk jejak tersebut. Diresmikan pada Mei 2017, kampung warna-warni palembang dibuat untuk menyambut berlangsungnya Asian Games. Pembangunan kampung warna-warni Palembang sendiri dipusatkan di Seberang Ulu, berseberangan langsung dengan Benteng Kuto besak, dekat dengan Jembatan Ampera yang merupakan ikon pariwisata Palembang.

 

  1. Rendang dan Nasi Goreng Juara Dunia Makanan favorit rakyat Indonesia dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia nomer satu dan nomor dua versi CNN. Momen penting dalam dunia pariwisata Indonesia terjadi pada tahun 2017. Pengakuan CNN travel ini menjadi sangat membanggakan, karena pada 2011, masakan asal Sumatera Barat ini juga pernah dinobatkan sebagai masakan terenak dunia, namun tahun ini berbeda karena ditambah nasi goreng di urutan dua yang juga dinobatkan sebagai makanan terenak dunia.

 

  1. Hotel gantung tertinggi di dunia. Pada bulan Oktober 2017, dunia pariwisata kembali mendapatkan kabar gembira dari Purwakarta. Purwakarta resmi memiliki skylodge atau hotel gantung tertinggi di dunia. Hotel gantung bernama Skylodge Padjajaran Anyar Badega Parang berbentuk kapsul yang menggantung di tebing Gunung Parang lengkap dengan panorama hamparan keindahan alam ini dilengkapi dengan fasilitas layaknya hotel berbintang. Hotel ini berada di ketinggian 400 – 900 meter dan mengalahkan hotel gantung pertama di dunia, Skylodge Adventure Suites di Peru, yang berada di ketinggian 122 meter. Sudah pernah mencoba, piknikers?

 

  1. Rute baru Jakarta-London Pada tanggal 31 Oktober 2017, Maskapai nasional Indonesia, Garuda Indonesia, resmi membuka pelayanan rute baru yaitu rute penerbangan Jakarta – London. Hal ini membuat Garuda Indonesia menjadi maskapai pertama yang menghubungkan kedua kota tersebut secara langsung.

 

  1. Wonderful Indonesia Juara Lagi Dive Magazine, majalah wisata bahari yang bermarkas di London pada November 2017 menobatkan Indonesia sebagai juara destinasi wisata bahari dunia. Kemenangan tersebut didapatkan dari hasil polling online yang digelar pada 1-31 Oktober 2017. Indonesia kembali menjadi jawaranya. Indonesia selama dua tahun berturut-turut menjadi juara versi Dive Magazine berdasarkan pilihan ribuan warganet dari berbagai penjuru dunia. Dari polling online tersebut itu, Indonesia mendominasi 10 besar destinasi terbaik mengalahkan Fiilipina, Azires, Meksiko, Maldives, Mesir, Bahama, Thailand, Fiji dan Papua Nugini. Indonesia mengantongi 1.067 suara atau 11,45 persen dari total 9.399 suara. Berikut hasil polling tersebut:

Destinasi Terbaik: 1. Indonesia 2. Philippines 3. Azores

Resort and Spa Terbaik: 1. Siladen, Bunaken 2. Maldives 3. Wakatobi

Liveboards Terbaik:1. Sea Hunter, Costarica 2. Pelagian, Sulawesi 3. Bahamas,            Aggressor

Bukan itu saja, Indonesia juga menorehkan prestasi di ajang TTG Travel Awards 2017, yang merupakan penghargaan bidang industri pariwisata di Asia Pasifik. Pada ajang tersebut Indonesia dinilai menjadi yang terbaik dalam memajukan industri pariwisata. Karena kemenangan tersebut,  Indonesia berhasil mengalahkan negara-negara Asia Pasifik, termasuk Thailand yang dianggap sebagai “rival” pariwisata Indonesia. Kemenangan tersebut juga karena andil piknikers ya! Yuk makin banyak berwisata

  1. Erupsi Gunung Agung Pada bulan Desember ditutup dengan kabar sedih dari dunia pariwisata Bali karena meletusnya Gunung Agung. Memang antara November hingga awal Desember, erupsi Gunung Agung di Karangasem terus terjadi. Pasca erupsi tersebut, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup untuk jangka waktu yang cukup lama, penundaan hingga pembatalan penerbangan terpaksa dilakukan. Bali yang pada Desember berada pada peak season sebagai tujuan wisata dunia, harus menerima kenyataan bahwa selama erupsi Gunung Agung, pariwisata Bali kehilangan devisa senilai Rp 250 miliar. Tapi sekarang Bali sudah aman kok

http://lifestyle.liputan6.com/read/3200562/kaleidoskop-2017-beragam-momen-penting-dunia-travel-tanah-air

https://blog.traveloka.com/infografik/kaleidoskop-versi-traveloka-23-momen-spesial-dunia-travel-di-2017/